Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Social Media Marketing? - Sosial Media Marketing Strategi

Social media marketing adalah cara untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu menggunakan platform social media dan website. Mayoritas platform social media memiliki fitur analitik data yang terintegerasi. Hal ini memungkinkan perusahaan atau seseorang untuk memantau (tracking) pencapaian marketing mereka, melalui iklan online.

digital marketing, digital advertising, online marketing, social media marketing, facebook, instagram, twitter, youtube, linkedin,

Apa itu social media?


Social media sendiri merupakan istilah yang banyak digunakan orang untuk situs atau aplikasi yang bisa memberikan interaksi atau tindakan, khususnya di internet.

Contohnya instagram yang memungkinkan orang untuk membagikan gambar dan video secara online, semua orang bisa berinteraksi melalui komentar, like, dan pesan pribadi (Direct Message). Kemudian ada twitter yang desain awalnya situs / aplikasi berbagi pesan singkat dan “update status” dengan orang lain.

Yang paling besar saat ini yaitu facebook, yang memiliki fitur interaksi terlengkap dibandingkan dengan situs atau aplikasi yang selainnya, seperti update status, membagikan foto / video, berinteraksi dengan grup, telepon, video call, live streaming, toko online, dan sebagainya.

Berapa biaya untuk pemasaran media sosial?


Menciptakan strategi yang komprehensif untuk social media marketing dan outsourcing semua pekerjaan untuk semua saluran (dengan minimal dua jaringan sosial) biaya di mana saja dari $ 3.000 - $ 20.000 per bulan, dengan rata-rata industri menetap antara $ 4.000 - $ 7.000 per bulan.
Untuk mencapai kesuksesan strategi social media marketing untuk semua platform social media (paling tidak untuk 2 platform social media) dibutuhkan biaya $ 1.000 - $ 20.000 (Rp 14.370.000  – Rp 287.400.000) per bulan. (source : www.contentfac.com)

Sebenarnya masing-masing platform social media memberikan kebebasan bagi semua orang untuk memasang iklan di situs / aplikasi mereka. Tidak harus mengeluarkan anggaran puluhan hingga ratusan juta agar bisa beriklan di social media. Contohnya facebook dan instagram, mereka memberikan harga paling murah yaitu sekitar 1 USD (Rp 13.000) per hari agar iklan bisa tayang.

Jika beriklan di facebook atau instagram selama 1 bulan, maka anggaran terendah tersebut tinggal dikalikan 30 hari. Sehingga dalam 1 bulan anggaran minimal yang harus dikeluarga untuk iklan di facebook / instagram yaitu Rp 390.000 (Kurs Rupiah terhadap US Dollar anggap saja R 13.000).

Apa saja jenis social media yang bisa digunakan untuk pemasaran?


Ada banyak social media yang bisa digunakan untuk social media marketing. Biasanya mereka memberikan layanan gratis dan iklan berbayar untuk kepentingan marketing. Berikut ini adalah social media berdasarkan kelompoknya.

  • Jejaring sosial (Facebook, LinkedIn, Google+).
  • Microblogging (Twitter, Tumblr).
  • Berbagi foto (Instagram, Snapchat, Pinterest).
  • Berbagi video (YouTube, Facebook Live, Periscope, Vimeo).

Bagaimana hubungan social media dan mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dll?


Perlu diketahui bahwa mesin pencari seperti google, bing, yahoo, yandex dan sebagainya bukan termasuk situs social media. Namun antara situs mesin pencari dan situs social media sangat berkaitan erat. Bagaimana pengaruh social media pada mesin pencari?

Bahwa social media akan memberikan feedback (umpan balik) pada konten baru pada suatu situs, seperti berita terbaru atau juga artikel baru pada suatu artikel.

Dampaknya yaitu ketika seseorang membagikan tautan (link) artikel/berita dari website pada social media, akan membantu tingkat pencarian di mesin pencari. Jadi sekali lagi saya tekankan, bahwa cara ini membantu meningkatkan posisi suatu artikel / berita suatu situs di mesin pencari, dengan istilah umumnya yaitu SEO (Search Engine Optimzation).

Di sisi lain, social media juga memiliki sistem pencarian internal yang memungkinkan penggunanya untuk mencari konten yang ada di dalam social media tersebut. Nah, hubungan mesin pencari social media ini juga akan mempengaruhi pada relevansi (kesesuaian) pada pencarian di mesin pencari seperti google, yahoo, atau bing.

Post a Comment for "Apa Itu Social Media Marketing? - Sosial Media Marketing Strategi"