Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Jenis tanaman rambat cepat tumbuh dan mudah perawatannya

Berbagai jenis tanaman rambat biasa digunakan untuk menjadikan rumah agar terlihat lebih asri, sejuk, dan segar. Tak hanya di daerah perkotaan, daerah pedesaan juga biasanya membutuhkan tanaman rambat pagar rumah menjadi lebih nyaman dan indah.

tanaman rambat, tanaman hias,

Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa digunakan untuk membuat rumah agar lebih nyaman, asri, hijau, dan segar. Salah satu tanaman yang banyak digunakan untuk menghias dan memperindah suasana rumah yaitu tanaman rambat. Namun tanaman rambat itu sendiri juga memiliki beragam jenis yang dapat teman-teman gunakan. 

Dengan banyaknya varian tanaman rambat yang bisa digunakan untuk membuat rumah menjadi lebih indah dan nyaman. Hal ini akan memberikan teman-teman banyak keuntungan dalam memilih tanaman rambat untuk dijadikan tanaman hias di rumah. Sehingga teman-teman tidak perlu bingung karena ada berbagai pilihan yang bisa teman-teman gunakan.

Macam-macam tanaman rambat memiliki ciri tertentu daya tarik tersendiri bagi setiap orang yang melihatnya. Terutama ketika tanaman ini diletakkan di rumah untuk membuat rumah menjadi lebih indah dan nyaman untuk ditinggali.

Berikut telah diulas beberapa jenis tanaman rambat yang bisa menjadi pilihan teman-teman untuk dijadikan sebagai tanaman hias di rumah.

Petrea volubilis.

Salah satu jenis tanaman rambat yang bisa teman-teman pelihara untuk menghias rumah yaitu petrea volubilis. Dimana tanaman petrea volubilis ini termasuk jenis tanaman rambat yang mudah untuk dipelihara. Sehingga cocok untuk digunakan oleh seorang pemula dalam memelihara tanaman hias.

Tanaman petrea volubilis ini memiliki bentuk yang unik. Dimana bentuk petrea volubilis ini menyerupai dengan bunga lavender. Bunga dari petrea volubilis ini dapat membentuk suatu gugusan yang panjangnya bisa mencapai 1 meter. Setelah bunga dari petrea volubilis mekar dalam beberapa hari akan layu dan warnanya berubah menjadi di ungu agak keabu-abuan.

Biasanya tanaman petrea volubilis ini dapat hidup dan bertahan dalam kondisi udara dan tanah yang lembab. Bahkan kondisi yang sedikit kering pun tanaman ini juga bisa bertahan. Untuk paparan sinar matahari, tanaman ini bisa bertahan dalam kondisi yang teduh sekalipun.

Clematis.

Jenis tanaman rambat berikutnya yang bisa teman-teman pelihara yaitu tanaman clematis. Dimana tanaman clematis ini biasanya bisa dijumpai di daerah yang sejuk dan lembab, terutama di daerah pegunungan atau dataran tinggi.

Tanaman clematis ini memiliki bentuk bunga yang cukup menarik yaitu hampir menyerupai dengan bunga melati. Namun warnanya juga beraneka ragam mulai dari putih, kuning, merah seperti mawar, merah muda, ungu, hingga biru.

Salah satu daya tarik dari tanaman clematis ini yaitu dapat berbunga selama sepanjang tahun dan jumlah bunganya juga sangat banyak. Sehingga dapat menjadikan rumah teman-teman menjadi lebih indah dan nyaman.

Sirih merah

Tanaman sirih merah biasanya digunakan sebagai herbal untuk mengatasi berbagai masalah penyakit. Namun tanaman sirih merah juga dapat digunakan sebagai tanaman rambat untuk menghias atau mempercantik suasana rumah.

Secara umum tanaman sirih merah ini menyerupai tanaman sirih hijau dengan daun yang menyerupai bentuk hati. Namun kalau sirih merah warnanya cenderung ungu kemerahan.

Biasanya tanaman sirih merah ini akan tumbuh merambat dan menyebar ke area tempat dimana tanaman ini tumbuh. Selain itu tanaman sirih merah juga tidak memerlukan perawatan khusus. Mungkin hanya perlu disirami ketika masa awal penanaman saja. Kemudian jika sudah mulai tumbuh dengan baik tanaman ini tidak memerlukan penyiraman, karena akarnya sudah masuk ke dalam tanah.

Flame of irian

Tanaman rambat untuk menghias rumah berikutnya yaitu frame of irian. Seperti namanya bahwa flame of irian ini berasal dari tanah papua. 

Tanaman flame of irian termasuk salah satu jenis tanaman rambat yang mampu bertahan dalam cuaca yang panas dan kering sekalipun. Sehingga menjadikan tanaman flame of irian ini menjadi tanaman yang banyak dicari orang, karena tidak memerlukan perawatan khusus ketika memeliharanya.

Tanaman flame of irian memiliki bentuk dan tumbuh secara menjuntai. Sehingga tanaman film of irian ini banyak digunakan sebagai tanaman rambat untuk diletakkan di teras rumah, untuk membuat rumah menjadi lebih indah asri dan nyaman untuk ditempati.

Alamanda.

Salah satu jenis tanaman hias yang bisa menjadi referensi teman-teman yaitu alamanda. Dimana tanaman alamanda ini termasuk salah satu jenis tanaman hias yang tumbuh merambat dengan memiliki bunga yang warnanya cukup menarik. Wara bunga alamanda yaitu kuning serta merah muda. 

Tanaman alamanda ini banyak digunakan oleh orang-orang sebagai tanaman hias untuk membuat rumah menjadi lebih indah menarik dan juga segar.

Tak hanya warna bunganya saja yang menarik, tanaman alamanda ini juga memiliki daun yang yang lebat serta ukurannya juga termasuk cukup besar.

Air mata pengantin.

Tidak seperti namanya yang menyedihkan, tanaman air mata pengantin ini sebenarnya memiliki bentuk dan juga daya tarik tersendiri untuk dijadikan sebagai tanaman hias di rumah. Tanaman air mata pengantin ini bentuknya cukup unik yaitu memberikan suasana yang menyejukkan dan dan sangat cantik ketika dilihat.

Perlu teman-teman ketahui bahwa tanaman air mata pengantin ini termasuk salah satu jenis gulma. Sehingga tidak memerlukan perawatan khusus karena dibiarkan saja tanaman ini bisa tumbuh dengan baik. Yang perlu teman-teman lakukan yaitu memangkas tanaman air mata pengantin ini agar tidak tumbuh liar di rumah. Sehingga dapat menyebabkan kondisi rumah menjadi tidak terawat.

Mandevilla.

Salah satu jenis tanaman hias rambat yang bisa teman-teman gunakan yaitu mandevilla. Dimana tanaman mandevilla ini termasuk tanaman hias yang banyak digunakan untuk pagar rumah. Tanaman mandevilla ini akan tumbuh merambat dan menyebar ke sekitar tempat tumbuhnya. 

Hal yang menarik dari tanaman mandevilla yaitu bunganya yang cukup unik, dengan warna bunga yaitu mulai dari merah, merah muda, hingga putih. 

Namun yang perlu teman-teman perhatikan yaitu batang dari tanaman mandevilla ini termasuk lemas. Sehingga agar dapat tumbuh ke arah yang teman-teman inginkan teman-teman harus mengikatnya menggunakan kawat untuk menguatkan. 

Untuk perawatan tanaman mandevilla ini teman-teman juga tidak perlu kerepotan. Karena tanaman ini termasuk jenis tanaman yang kuat dan bertahan dalam kondisi diserang hama sekalipun. 

Morning glory

Tanaman morning glory juga termasuk salah satu jenis tanaman rambat, yang bisa digunakan sebagai tanaman hias untuk membuat rumah menjadi lebih indah dan juga nyaman.

Bagi teman-teman yang pemula dalam memelihara tanaman hias, teman-teman bisa menggunakan tanaman morning glory ini. Karena tanaman ini cukup kuat ketika bertahan dalam kondisi yang panas dan kering sekalipun. Sehingga ketika teman-teman kelupaan dalam menyiramnya, maka teman-teman tidak khawatir tanaman ini kering. 

Uniknya juga tanaman ini tidak hanya bisa bertahan dalam cuaca panas, dalam kondisi yang dingin sekali pun tanaman morning glory juga dapat bertahan,

Salah satu yang membuat tanaman morning glory ini menjadi tanaman yang menarik bagi pecinta tanaman hias. Yaitu tanaman morning glory memiliki bunga yang berwarna ungu ketika dalam kondisi udara atau cuaca yang panas. Kemudian ketika dalam kondisi atau cuaca yang dingin warna bunga dari tanaman morning glory yaitu biru,

Bougenville.

Salah satu tanaman rambat yang bisa teman-teman gunakan di rumah yaitu bunga bougenville. Tanaman bugenvil ini termasuk tanaman yang tidak asing lagi bagi orang indonesia. Karena sejak lama tanaman bougenville in sering dijumpai sebagai tanaman hias di indonesia.

Hal yang menarik dari tanaman bugenvil ini yaitu memiliki warna bunga yang akan memanjakan mata. Diantaranya adalah warna ungu, warna kuning, hingga warna merah muda. Warna bunganya yang cerah dari tanaman bugenvil ini membuat seseorang tertarik untuk memeliharanya sebagai tanaman rambat di rumah.

Tanaman dollar

Tanaman dolar ini hanyalah sebagai penamaan saja namun secara nama ilmiah tanaman dolar ini yaitu ficus pumila.

Alamat ular ini memiliki corak warna yang menarik yaitu warna dasar hijau yang mencolok, mengkilap, dan cerah. Sehingga membuat tanaman dolar ini menjadi salah satu jenis tanaman hias merambat yang dapat membuat rumah menjadi lebih segar dan indah.

Selain itu tanaman dolar juga memiliki akar yang akan mencengkeram tanah atau tempat tanaman ini merambat. Biasanya tanaman dolar ini ini ditanam dan dirambatkan ke area tembok atau juga pagar rumah.

Tak hanya itu tanaman dolar ini juga sangat mudah dalam perawatannya. Sehingga cocok digunakan untuk seseorang yang baru belajar menanam tanaman rambat dirumah.

Demikian informasi tentang tanaman hias merambat yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi yang lebih lengkap tentang tanaman hias merambat yang lainnya bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang tanaman hias merambat yang saya tulis ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "10 Jenis tanaman rambat cepat tumbuh dan mudah perawatannya"