Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Jenis tanaman indoor yang mudah perawatannya

Berbagai jenis tanaman indoor dapat digunakan untuk mempercantik rumah, sehingga rumah akan lebih nyaman untuk ditempati. Apalagi jika rumah teman-teman adalah jenis rumah yang minimalis, dengan menggunakan tanaman indoor ini akan membuat rumah teman-teman menjadi lebih indah dan nyaman. 

tanaman hias, tanaman indoor,

Biasanya tanaman indoor ini diletakkan di beberapa sudut rumah. Baik itu di jendela atau digantung di beberapa ruangan, agar membuat suasana ruangan menjadi lebih segar dan nyaman.

Sebelum teman-teman menghias rumah menggunakan tanaman hias indoor, teman-teman perlu memilih beberapa tanaman hias yang bisa digunakan di dalam ruangan. Selain itu teman-teman harus memastikan bahwa tanaman yang teman-teman pilih ini dapat bertahan lama di ruangan dan mudah dalam perawatannya.

Berikut telah diulas beberapa jenis tanaman yang bisa di letakkan di dalam ruangan, yang akan membuat suasana ruangan rumah teman-teman menjadi lebih nyaman, indah, dan menyegarkan.

Bunga anthurium.

Salah satu jenis tanaman yang bisa di diletakkan di dalam ruangan adalah anthurium. Anthurium adalah jenis bunga yang biasa dijadikan sebagai tanaman hias untuk diletakkan di dalam ruangan rumah, sehingga ruangan akan menjadi lebih indah dan nyaman untuk ditempati.

Bunga anthurium memiliki warna bunga yang yang cukup bervariasi diantaranya warna kuning, hingga perpaduan warna putih merah. Dimana warna-warna dari bunga anthurium ini bisa memberikan suasana ruangan menjadi lebih indah dan berbeda dari biasanya. Sehingga pemilik rumah akan betah dan nyaman ketika berada di ruangan tersebut.

Biasanya bunga anthurium ini di tanam di dalam pot kecil, kemudian diletakkan di sudut ruangan. Hal ini untuk memberikan suasana ruangan yang lebih nyaman dan menarik, karena warna bunga  anthurium yang mencolok dan menyegarkan.

Lidah buaya.

Mungkin teman-teman tidak asing lagi dengan tanaman lidah buaya. Namun tanaman lidah buaya ini ternyata bisa dipelihara di ruangan dalam rumah. Tanaman lidah buaya ini juga termasuk salah satu jenis tanaman hias yang dapat membuat ruangan teman-teman menjadi lebih indah dan nyaman untuk ditempati.

Tanaman lidah buaya ini memiliki daun yang memanjang dan padat dengan warna dominan hijau, yang akan membuat ruangan tampak lebih indah. Biasanya tanaman lidah buaya yang diletakkan di dalam ruangan. Ini bukan lidah buaya dengan ukuran besar, melainkan lidah buaya dengan ukuran kecil yang bisa ditanam di dalam pot.

Jadi selain dapat membuat ruangan menjadi indah dan nyaman, tanaman lidah buaya juga bisa digunakan untuk hal yang selainnya. Teman-teman bisa menggunakan tanaman lidah buaya untuk perawatan rambut, atau untuk masker wajah.

Peace lily.

Salah satu jenis tanaman yang bisa dirawat dalam ruangan dalam rumah adalah peace lily. Tanaman hias peace lily ini memiliki daun yang berwarna dominan hijau yang dilengkapi dengan bunga yang berwarna putih. Dimana perpaduan daun dan bunganya ini dapat membuat ruangan menjadi lebih indah dan menarik.

Biasanya tanaman peace lily ini kita letakkan di sudut ruangan. Sehingga dapat menjadikan ruangan menjadi lebih indah dan menyegarkan. 

Jika peace lily ini dapat diletakkan di dalam ruangan, teman-teman juga harus sesekali mengeluarkan agar mendapatkan paparan sinar matahari. Sehingga tanaman ini dapat tumbuh dengan baik, termasuk melakukan proses fotosintesis.

Aglaonema.

Salah satu jenis tanaman hias yang cukup menarik untuk diletakkan dalam ruangan adalah aglonema. Meskipun aglonema ini termasuk salah satu jenis tanaman hias yang memiliki harga yang cukup mahal. Namun banyak orang yang mencari tanaman aglaonema untuk dijadikan sebagai tanaman hias dalam ruangan di rumah.

Aglaonema memiliki ukuran yang kecil, di mana dengan ukuran kecil ini saja sudah memiliki harga mencapai rp 100.000. 

Warna dari tanaman aglaonema ini tergantung dari jenisnya, mulai dari warna hijau hingga kemerahan. Dimana dengan merawat tanaman aglaonema dalam ruangan ini bisa membuat ruangan menjadi lebih indah dan menarik. Sehingga orang yang berada di dalam ruangan tersebut akan menjadi lebih nyaman.

Meskipun dapat bertahan di dalam ruangan, teman-teman bisa meletakkan aglonema ini sesekali di luar ruangan agar mendapatkan cahaya sinar matahari. Ini termasuk salah satu perawatan tanaman aglaonema agar dapat bertahan lama dan tumbuh dengan baik.

Kaktus.

Kaktus termasuk salah satu jenis tanaman hias yang tidak membutuhkan banyak air untuk pertumbuhannya. Bahkan kasus ini biasanya dapat bertahan di cuaca yang panas.

Namun kaktus juga dapat dijadikan sebagai salah satu tanaman hias, untuk diletakkan dalam ruangan di rumah.

Meski termasuk salah satu tanaman hias yang tidak membutuhkan banyak air dan biasa hidup di tempat panas. Kaktus ini juga bisa bertahan di dalam ruangan yang sedikit cahaya dan suhu ruangan yang tidak panas.

Biasanya tanaman kaktus ini diletakkan di atas meja, di jendela, atau juga di beberapa titik dalam ruangan. Sehingga ruangan akan menjadi lebih indah nyaman dan segar.

Kuping gajah.

Teman-teman juga bisa menggunakan tanaman kuping gajah untuk dijadikan sebagai tanaman indoor. Tanaman kuping gajah akan membuat ruangan menjadi lebih indah dan nyaman untuk ditempati. Biasanya tanaman kucing gajah ini diletakkan di depan pintu ruangan.

Bagi penggemar tanaman hias, kuping gajah ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu daunnya yang berwarna hijau dengan ukuran yang lebar. Selain itu tanaman kucing gajah ini tidak memerlukan tempat yang luas ketika diletakkan di dalam ruangan.

Tanaman kuping gajah ini ini biasanya diletakkan di dalam ruangan untuk memberikan sensasi hijau,  yang akan membuat ruangan menjadi lebih segar dan nyaman untuk ditempati. 

Bahkan beberapa rumah makan banyak yang menggunakan tanaman kuping gajah ini sebagai tanaman hias di ruang makannya, untuk memberikan suasana yang lebih segar dan nyaman bagi pengunjung rumah makan tersebut.

Bambu rejeki.

Seperti namanya tanaman bambu rejeki ini dianggap sebagai salah satu jenis tanaman hias yang dapat memberikan keberuntungan bagi seseorang yang merawat tanaman ini. Biasanya tanaman bambu rejeki ini ditaruh di dalam ruangan untuk memberikan keberuntungan bagi si pemilik.

Tanaman bambu rejeki ini memiliki bentuk dan ukuran yang menarik. Tidak seperti bambu pada umumnya bambu rejeki ini memiliki ukuran yang lebih kecil dengan batang yang berwarna hijau.

Biasanya tanaman bambu rejeki ini membutuhkan banyak air, untuk mempertahankan agar tetap segar. Biasanya tanaman ini pada bagian dasarnya di diberikan air, sehingga tanaman ini akan tetap terjaga kesegarannya.

Biasanya tanaman bambu rejeki ini ditaruh di sudut ruangan untuk memberikan warna hijau dan menyegarkan. Sehingga ruangan akan menjadi lebih indah dan nyaman untuk ditempati.

Lidah mertua.

Salah satu jenis tanaman hias yang dapat dirawat di dalam ruangan yaitu tanaman lidah mertua. Dimana tanaman lidah mertua ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu memiliki daun yang berwarna hijau memanjang tahun ini tumbuh ke arah atas.

Teman-teman bisa menggunakan tanaman lidah mertua ini untuk membuat ruangan menjadi lebih indah dan menarik. Selain itu tanaman lidah mertua ini juga tidak membutuhkan banyak ruangan ketika teman-teman merawatnya.

Hal menarik lainnya dari tanaman lidah mertua ini yaitu tanaman lidah mertua bisa membersihkan udara yang kotor dalam ruangan. Sehingga udara yang ada pada ruangan tersebut akan terjaga kebersihannya dan membuat orang yang berada di ruangan tersebut menjadi lebih nyaman.

Lavender.

Tanaman lavender bukan tanaman yang asing bagi orang indonesia saat ini. Karena tanaman lavender ini banyak digunakan baik di luar serta di dalam ruangan. Biasanya tanaman lavender ini digunakan untuk mengusir nyamuk.

Tak hanya itu, aroma dari tanaman lavender ini juga bisa memberikan ketenangan bagi seseorang. Sehingga ketika tanaman lavender ini diletakkan di dalam ruangan maka ruangan tersebut akan lebih nyaman dan membuat seseorang yang berada di dalamnya lebih tenang. 

Yang menjadi daya tarik selainnya, warna bunga lavender yang ungu ini akan memberikan sensasi ruangan menjadi lebih indah.

Rosemary.

Tanaman hias indoor terakhir yang diulas dalam artikel ini adalah rosemary. Dimana rosemary termasuk salah satu jenis tanaman yang bisa teman-teman gunakan untuk memperindah ruangan dalam rumah dan memberikan kenyamanan di dalam ruangan.

Perlu teman-teman ketahui, bahwa selain bisa digunakan sebagai tanaman hias dalam ruangan ternyata rosemary ini sebenarnya adalah tanaman herbal, yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Daun rosemary ini biasanya digunakan untuk membuat sensasi aroma sedap pada makanan.

Tak hanya memberikan aroma sedap pada makanan, daun rosemary ketika diletakkan di dalam ruangan juga akan memberikan suasana harum pada ruangan teman-teman. Sehingga ruangan akan menjadi lebih nyaman ketika ditempati.

Demikian informasi tentang tanaman hias yang bisa di diletakkan dalam ruangan yang bisa dibagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi lebih lengkap tentang tanaman hias indoor yang lainnya bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang tanaman hias indoor yang saya tulis bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "10 Jenis tanaman indoor yang mudah perawatannya"