Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Slot SIM Card Tidak Bisa Dibuka, Wajib Dicoba

Saat ini posisi SIM CARD pada smartphone terbaru berbeda dengan HP keluaran sekitar sepuluh tahun yang lalu. Dulu, posisi slot SIM ada di dalam dan menjadi satu dengan tempat baterai. Ada juga posisi slot SIM di belakang hp dan kartunya tinggal Teman-teman masukkan. Namun untuk memasang kartu SIM, Teman-teman harus mematikan hp terlebih dahulu.

sim card, simcard, smartphone, hp, provider seluler,

Seiring berjalannya waktu, berbagai inovasi hadir pada ponsel. Termasuk juga posisi dari slot SIM. Hp keluaran sekarang posisi slot SIM sudah berada di samping hp. Untuk membuka dan memasang kartu pun sangat mudah. Bahkan sudah disediakan SIM ejector dan Teman-teman tinggal mencolokkannya ke lubang slot SIM yang tersedia.

Kemudian otomatis kartu SIM akan keluar. Selain itu, car aini juga tidak membuat harus mematikan smartphone. Sangat cocok karena tidak memerlukan waktu yang lama. Meskipun begitu, tentu ada saja permasalahan yang dialami. Beberapa masalah tersebut antara lain:

  • SIM ejector patah
  • SIM ejector patah dan tersangkut di bagian dalam slot SIM
  • Slot SIM tidak mau keluar alias macet

Untuk masalah kedua dan ketiga adalah masalah yang akan membuat siapa pun pusing. Jadi harus segera diatasi dengan solusi yang akan Saya berikan di bawah ini.

Solusi Slot SIM Card Tidak Bisa Dibuka dan Macet

1. Cara Membuka Slot SIM Card dengan Silet

Cara pertama yang akan kita bahas adalah dengan menggunakan silter. Mungkin Teman-teman bertanya apakah memang bisa membuka slot SIM menggunakan silet sementara silet merupakan benda tajam. Untuk lebih jelasnya, Teman-teman bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

  • Silakan menyiapkan silet dan juga SIM ejector. Bisa juga ganti dengan jarum
  • Silakan masukkan silet pada sela-sela SIM tray yang ada di bagian atas (posisinya dekat dengan layar)
  • Setelah silet sudah berhasil masuk, langkah selanjutnya adalah Teman-teman masukkan SIM ejector pada lubang yang biasa digunakan untuk mengeluarkan kartu. Jika tidak ada SIM ejector, Teman-teman bisa menggantinya dengan jarum. Namun lakukan dengan pelan-pelan karena ujung jarum yang tajam dikhawtirkan malah merusak lubang tersebut
  • Silakan menekan SIM ejector secara perlahan sampai kartu SIM keluar 


2. Cara Membuka Slot SIM yang Susah untuk Dibuka

Masih ada cara kedua yang juga bisa Teman-teman gunakan untuk membuat slot SIM yang susah Teman-teman buka. Untuk tutorialnya yaitu:

  • Silakan menyiapkan plastik mika (yang biasanya digunakan untuk sampul jilid). Namun Teman-teman juga bisa menggantinya dengan gelas air mineral
  • Silakan gunting sebesar slot SIM (panjangnya melebihi slot SIM serta lebarnya sama)
  • Silakan bentuk bagian salah satu ujung mika sehingga bentuknya lonjong
  • Langkah selanjutnya, silakan Teman-teman masukkan ujung plastik mika tersebut ke slot SIM
  • Jika dirasa sudah mentok, Teman-teman bisa menarik secara perlahan-lahan slot SIM dan goyang sedikit-sedikit bersamaan dengan keluarnya plastik mika

Demikian beberapa cara untuk mengatasi slot SIM card yang tidak bisa dibuka. Namun terkadang ada kendala lain yang dialami beberapa orang. Bagaimana jika ternyata SIM ejector-nya patah di dalam? Solusinya adalah Teman-teman harus membuka casing hpmu. Namun tentu saja cara ini berisiko jika Teman-teman belum pernah membongkar hp. Solusinya adalah silakan Teman-teman bawa smartphone ke tempat servis terpercaya di rumahmu. Pastikan Teman-teman mengunjungi tempat terpercaya dan jika perlu servis resmi atau server center sesuai merek ponselmu.

Dengan begitu, perbaikan benar-benar dilakukan secara profesional. Masalah akan teratasi tanpa harus mengulangi kerugian sedikit pun.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Slot SIM Card Tidak Bisa Dibuka, Wajib Dicoba"