Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebelum Berbahaya! Lakukan 4 Cara Mengatasi SoftLens Kering Ini

Soft lens kering harus segera diatasi sebelum berbahaya. Alih-alih ingin memiliki penglihatan yang bagus, menggunakan soflens malah bisa berbahaya untuk mata. Maka dari itu penting untuk mengetahui apa saja yang harus Teman-teman lakukan agar soflens tersebut tidak sampai kering.

softlens, soft lens, lens, kontak lens, lensa, mata, pengelihatan,

Bahaya Menggunakan Softlens Kering

Menggunakan soflens yang kering sangat berbahaya karena berpotensi akan menggores lapisan mata. Apalagi jika soflens tersebut kotor dan tetap Teman-teman pakai, dampaknya malah bisa semakin parah. Menggunakan tetes mata untuk soflens pun juga bukan merupakan cara yang efektif. Cara ini malah akan mengakibatkan rusaknya cairan soflens. 

Maka dari itu sebelum Teman-teman memutuskan memakai soflens, ada beberapa hal yang harus Teman-teman tahu. Jangan sampai karena mengikuti teman atau tren untuk memakai soflens, Teman-teman hanya ikut-ikutan. Padahal Teman-teman tidak tahu bagaimana cara menjaga agar soflens tidak sampai kotor dan kering.

1. Sebelum Memegang Softlens, Cuci Tangan Dulu

Salah satu cara mudah untuk membuat soflens tidak kotor dan kering adalah membiasakan diri untuk cuci tangan sebelum memegang dan memakai soflens. Saya menyarankan agar Teman-teman mencuci tangan menggunakan sabun kemudian bilas sampai bersih. 

Jika Teman-teman langsung memegang soflens tanpa mencuci tangan, dikhawatirkan malah ada patogen yang menjadi sebab infeksi. Maka dari itu mencuci tangan harus benar-benar Teman-teman lakukan.

2. Melepas Softlens Sebelum Tidur dan Mandi

Cara yang kedua adalah Teman-teman harus ingat kapan Teman-teman perlu melepas soflens. Jangan sampai terus-menerus menggunakan soflens tanpa berpikir kapan Teman-teman harus melepasnya. Usahakan untuk melepas soflens sebelum tidur maupun mandi. Selain itu, soflens  juga harus Teman-teman lepaskan ketika Teman-teman melakukan kegiatan lain yang membuat mata kemasukan air.

Tujuannya adalah agar kuman maupun senyawa kimia seperti klorin tidak sampai menempel ke soflens. Jika sampai hal ini terjadi, mata akan mengalami beberapa gejala seperti gatal dan bahkan sampai sakit. Ketika Teman-teman lupa melepas soflens sementara Teman-teman sedang mandi, kondisi ini bisa mengakibatkan konjungtivitis akibat dari infeksi bakteri. Sebuah hal yang sangat sederhana ini memberikan manfaat yang besar dan mampu menghindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Gunakan Cairan Khusus untuk Membersihkan Softlens

Soflens yang Teman-teman gunakan sekarang rentan terhadap bakteri. Jadi, ketika Teman-teman ingin membersihkannya maka Teman-teman harus menggunakan cairan khusus. Mencuci soflens dengan air sembarangan hanya akan membuat soflens tersebut kering atau mengalami masalah lainnya. Adapun cairan yang memang pas untuk membersihkan soflens misalnya multipurpose solution.

4. Jangan Pakai Softlens Terlalu Lama

Cara yang tidak kalah penting adalah Teman-teman harus memperhatikan waktu penggunaan soflens. Jangan sampai menggunakan soflens terlalu lama karena Teman-teman merasa lebih keren atau merasa lebih praktis karena tidak perlu kacamata. Oleh karena itu Teman-teman perlu melepas soflens dan mengistirahatkannya dalam jangka waktu tertentu.

Untuk lensa kontak, terutama yang berjenis lunak menghasilkan suhu hangat serta lembap yang menjadi tempat hidup bagi mikroorganisme seperti kuman, bakteri, jamur, serta parasit agar bisa berkembang biak. Dampaknya adalah soflens yang Teman-teman pakai tersebut malah akan menjadi sarang kuman serta kualitasnya pun akan menurun.

Maka dari itu, pastikan Teman-teman memberikan ruang yang cukup lama untuk mata dan soflensmu. Artinya, Teman-teman harus melepasnya dan jangan terus-menerus menggunakan soflens.

Demikian beberapa cara sederhana untuk mengatasi soflens kering. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk " Sebelum Berbahaya! Lakukan 4 Cara Mengatasi SoftLens Kering Ini "