Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengatasi Regulator Gas LPG Kendor Yang Berbahaya

Ketika regulator gas kendor, pastinya membuat orang awam merasa panik. Apalagi jika sampai terdengar suara atau bunyi desis yang tidak kunjung berhenti. Selain itu, kompor yang tidak mau menyala juga merupakan salah satu masalah yang kerap dialami ketika penggantian tabung gas.

LPG, gas, regulator gas,

Bahkan kita juga pernah melihat berita di mana ada kebakaran atau ledakan yang berasal dari tabung gas. Secara umum, penyebab utama terjadinya kebakaran maupun ledakan pada tabung gas adalah karena adanya kebocoran. Kebocoran ini berhubungan dengan bagaimana cara memasang regulator. 

Mungkin pada waktu itu pemasangan regulator yang Teman-teman lakukan kurang tepat yang menyebabkan regulator kendor. Kemudian terdengar suara desis maupun tercium bau gas. Jika Teman-teman mendapatkan salah satu atau bahkan kedau masalah ini, kemungkinan besar terjadi kebocoran tabung gas. 

Solusi Mengatasi Regulator Gas Kendor

Jika Teman-teman menemukan pemasangan regulator yang kurang tepat sehingga membuatnya kendor, Teman-teman bisa melakukan beberapa cara seperti yang akan Saya jelaskan di bawah ini.

1. Lepas dan Pasang Kembali Regulator

Cara pertama untuk mengatasi regulator gas yang kendor adalah dengan melepas dan memasang regulator kembali. Mungkin pada waktu pemasangan regulator, Teman-teman kurang hati-hati jadi ketika dipasang menjadi kurang presisi. Akibatnya, terdengar suara desis maupun tercium bau gas.

Ketika ini terjadi, jangan langsung menyalakan kompor melainkan lepaskan kembali regulator tersebut. Kemudian Teman-teman pasang regulator kembali dengan hati-hati. Pastikan Teman-teman memasangnya sudah benar. Ketika memasangnya, posisi regulator harus lurus dan jangan sampai miring.

2. Ganti Karet Pengaman

Jika cara di atas masih belum memberikan hasil, cobalah Teman-teman gunakan cara kedua yaitu mengganti karet pengaman. Kemungkinan regulator yang tidak terpasang dengan tepat disebabkan karena karet pengaman yang memang harus diganti. Bagi yang belum tahu, ketika tabung gas di rumah habis dan sudah waktunya ganti tabung baru, jangan lupa lepas karet pengaman.  Jangan biasakan mengganti tabung gas sementara karet pengaman yang Teman-teman gunakan belum Teman-teman lepas.

Kebiasaan yang sederhana ini ternyata memberikan manfaat yang cukup besar. Pertama, Teman-teman dapat memiliki beberapa karet pengaman maka ketika ada satu karet pengaman yang bermasalah Teman-teman bisa langsung menggantinya dengan karet pengaman yang lain. Kedua, tabung gas yang Teman-teman tukarkan tanpa karet pengaman akan mendapatkan karet pengaman lain.

3. Menambahkan Karet Gelang

Cara mengatasi regulator gas yang kendor juga bisa Teman-teman lakukan dengan menambahkan karet gelang. Sebenarnya cara ini juga sangat sederhana namun terkadang beberapa orang mengabaikannya. Mungkin Teman-teman pernah melihat ada tabung gas yang dipasang karet gelang di bagian kepala tabung. Fungsinya adalah membantu agar pemasangan regulator tepat sehingga tidak sampai terjadi kebocoran.

Sekarang Teman-teman tinggal mengecek. Jika pada tabung gas yang Teman-teman gunakan tidak ada karet gelang, maka coba tambahkan karet gelang pada kepala tabung. Teman-teman tinggal melilitkan secukupnya ke kepala tabung.

4. Ganti Regulator

Jika semua cara sudah Teman-teman lakukan namun pemasangan regulator masih kendor, mungkin masalah yang sebenarnya berasal dari regulator itu sendiri. Di sini Teman-teman tinggal mengganti regulator yang Teman-teman gunakan sekarang dengan regulator yang baru. Pastikan Teman-teman membeli regulator berkualitas dan berstandar SNI. Jangan sampai tergiur dengan tawaran regulator harga murah.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi regulator gas kendor yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi terkait dengan hal ini, bisa dibagikan juga di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang mengatasi regulator gas LPG yang kendor bisa memeberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "4 Cara Mengatasi Regulator Gas LPG Kendor Yang Berbahaya"