Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi Rayap Pada Kusen Kayu, Pasti Ampuh!

Cara mengatasi rayap pada kusen kayu berikut bisa membantu teman-teman yang kayu kusennya dimakan rayap. Kusen pintu akan terlihat tidak menarik lagi ketika sudah dimakan rayap. Jangan biarkan kondisi ini terjadi karena rayap tersebut akan terus memakannya. 

kusen, kayu, rayap,

Lalu apa yang harus Teman-teman lakukan untuk mengatasi rayap tersebut? Di bawah ini kami akan kami berikan solusinya.

Solusi Mengatasi Rayap yang Memakan Kusen Kayu

Ada beberapa cara yang bisa Teman-teman pilih sesuai dengan kebutuhan. Cara-cara di bawah ini mudah Teman-teman terapkan karena menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar. 

1. Minyak Tanah

Sudah bukan rahasia lagi jika minyak tanah efektif untuk membasmi serangga, termasuk rayap. Penggunaannya sangat sederhana di mana Teman-teman hanya perlu menyemprotkan atau menyiramkan minyak tanah tersebut ke tempat di mana rayap sedang memakan kusen pintu. Minyak tanah akan dengan cepat membasmi semua rayap yang ada sampai tidak tersisa.

Akan tetapi, mungkin Teman-teman juga tahu bahwa menggunakan minyak tanah akan mengeluarkan bau yang menyengat. Beberapa orang merasa terganggu dari bau yang berasal dari minyak tanah meskipun ada juga yang tidak terganggu. Bukan itu saja, minyak tanah juga bisa menyebabkan korosi jadi Teman-teman perlu berhati-hati.

2. Air Cucian Beras

Jika cara pertama dirasa kurang aman dan nyaman, Teman-teman bisa mencoba cara yang kedua ini. Di sini Teman-teman memanfaatkan air bekas cucian beras. Setelah Teman-teman selesai mencuci beras, jangan langsung membuang airnya melainkan Teman-teman harus menyimpannya. Cara penggunaannya pun juga sama ketika Teman-teman memakai cara pertama.

Air cucian beras tersebut bisa Teman-teman semprotkan atau langsung Teman-teman tuangkan ke rayap. Bahan yang sangat sederhana ini ternyata efektif membasmi rayap. Pastikan semua rayap tersebut tidak ada yang tersia.

3. Larutan Air Garam

Selain kedua cara yang sudah kami sebutkan, masih ada beberapa cara lain yang juga tidak kalah efektif untuk membasmi rayap di kusen kayu. Salah satunya adalah dengan menggunakan larutan air garam. Membuatnya pun tentu sangat mudah dan tidak perlu menyiapkan bahan, dana yang besar. Bahkan proses pembuatannya sangat cepat.

Teman-teman cukup melarutkan garam ke air secukupnya. Kemudian langsung gunakan untuk menyemprot maupun menyiram ke tempat rayap berada. Larutan ini akan dengan cepat membunuh rayap.

4. Air Kapur Sirih

Bahan lainnya yang juga bisa Teman-teman manfaatkan untuk mengatasi rayap adalah kapur sirih. Di sini Teman-teman tinggal menyiapkan air kapur sirih. Selanjutnya Teman-teman langsung semprotkan ke tempat rayap berada. Bisa juga dengan menyiramkannya. Tentu saja hasilnya sangat efektif. Teman-teman bisa mencobanya sendiri.

5. Tembakau

Ternyata campuran air dan tembakau juga menjadi salah satu cara alami yang efektif mengatasi rayap. Cara penggunaannya sama dengan ketika Teman-teman menggunakan semua cara yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Yang terpenting adalah pastikan semua rayap tersebut mati sehingga tidak ada lagi yang memakan kusen kayu.

6. Tesmisida

Jika Teman-teman mencari apa obat yang ampuh untuk membunuh rayap, maka jawabannya adalah tesmisida. Obat yang satu ini sudah banyak digunakan untuk membasmi hama maupun serangga. Tentu saja rayap akan langsung mati ketika Teman-teman semprotkan insektisida ini. Teman-teman bisa mencoba sendiri di rumah.

Demikian beberapa cara yang terbukti ampuh untuk membasmi rayap pada kusen kayu. Sekarang Teman-teman tinggal memilih ingin menggunakan cara yang mana. 

Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "6 Cara Mengatasi Rayap Pada Kusen Kayu, Pasti Ampuh!"