Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis tanaman aquascape yang mudah perawatannya

Ada berbagai jenis tanaman  aquascape yang biasanya digunakan, sehingga membuat tampilannya akan menjadi lebih menarik. Tanaman aquascape ini sebenarnya adalah tanaman biasa yang dapat hidup di dalam air yang berfungsi untuk membuat aquascape menjadi lebih menarik dan terlihat lebih hidup. 

aquascape, aquarium, tanaman aquascape,

Selain itu, tanaman aquascape ini memiliki fungsi sebagai habitat bagi hewan terutama ikan yang dipelihara di dalam aquascape. Jadi fungsi tanaman pada aquascape ini tidak hanya sebagai estetika saja. 

Perlu teman-teman ketahui meskipun tanaman aquascape ini hidup di dalam air, namun juga memerlukan proses fotosintesis. Dimana ketika melakukan fotosintesis ini tanaman aquascape juga membutuhkan karbondioksida dan sinar matahari.

Biasanya untuk membuat tanaman aquascape bisa melakukan fotosintesis, ini perlu ditambahkan tabung karbondioksida di di dalam akuarium. Namun ada juga beberapa tanaman aquascape yang bisa hidup tanpa adanya karbondioksida.

Salah satu cara untuk merawat tanaman aquascape agar dapat bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama, yaitu itu cukup dengan mengganti air sekitar 30% dari total air, selama sekitar seminggu sekali. Selain itu aquascape juga perlu diletakkan di di ruangan yang memiliki suhu dibawah 30 derajat celcius. 

Perawatan ini merupakan cara umum yang dilakukan oleh penggemar aquascape, untuk membuat tanaman yang ada di dalamnya bisa tumbuh dengan baik dan hidup dalam jangka waktu yang yang lama.

Bagi teman-teman yang ingin membuat aquascape, berikut adalah beberapa ulasan tentang jenis tanaman aquascape yang bisa menjadi referensi teman-teman. Tanaman tanaman aquascape yang diulas di bawah ini adalah jenis tanaman aquascape yang banyak digunakan oleh penggemar aquascape di indonesia bahkan di luar negeri.

Lilaeopsis brasiliensis.

Salah satu jenis tanaman yang bisa digunakan untuk aquascape yaitu lilaeopsis brasiliensis. Di mana tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang memiliki bentuk seperti karpet. Sehingga bisa digunakan untuk dasar dari aquascape agar tampak lebih hijau dan segar.

Tanaman lilaeopsis brasiliensis ini ini biasanya akan tumbuh menyebar ke arah samping. Sehingga ketika tanaman ini sudah mulai merata ke seluruh dasar aquascape, maka akan terlihat seperti taman hijau yang sangat indah.

Jenis tanaman aquascape ini memiliki tinggi hingga mencapai sekitar 5 cm. Kemudian akan menyebar secara cepat ke seluruh dasar aquascape. 

Salah satu tips jika teman-teman mengkombinasikan tanaman ini dengan jenis tanaman yang lainnya, yaitu teman-teman harus sering melakukan pemotongan pada tanaman ini agar tanaman yang lainnya bisa tumbuh dengan baik.

Java moss.

Java moss adalah salah satu jenis tanaman aquascape yang paling banyak digunakan oleh penggemar aquascape di indonesia. Dimana java moss ini termasuk keluarga tanaman hypnaceae yang merupakan tanaman yang berasal dari daerah asia tenggara, termasuk juga indonesia.

Untuk merawat tanaman java moss ini teman-teman tidak memerlukan usaha ekstra. Ini karena javamost termasuk salah satu jenis tanaman yang mudah dalam perawatannya. Tanaman java moss ini juga tidak memerlukan intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi, serta asupan karbondioksida yang banyak.

Tanaman java moss ini memiliki warna hijau yang terang. Dimana tanaman ini menyerupai rumput laut namun warnanya hijau, sedangkan rumput laut warnanya cenderung kekuningan. 

Hampir sama dengan lilaeopsis brasiliensis tanaman javamas juga bisa tumbuh menyamping. Sehingga dapat menyebar ke seluruh permukaan dasar aquascape.

Windelov.

Windelov  juga termasuk salah satu jenis tanaman aquascape yang banyak digunakan untuk memperindah tampilan aquascape. Hal yang menarik dari tanaman windelov ini yaitu memiliki bentuk serta cabang yang unik. Bentuk windelov yang menarik ini akan menjadikannya sebagai salah satu tanaman aquascape yang paling banyak dicari seluruh dunia.

Tanaman windelov ini mampu tumbuh hingga mencapai sekitar 20 cm, dan memiliki lebar yang sama juga.

Tanaman windelov ini cocok digunakan baik itu untuk pemula hingga level profesional dalam dunia aquascape. Karena windelov termasuk salah satu jenis tanaman aquascape yang mudah dalam perawatannya. 

Tak hanya itu tanaman windelov juga memiliki kekuatan yang cukup tinggi, sehingga dapat bertahan dalam berbagai kondisi apapun. Selain itu tanaman windelov juga dapat ditempelkan di batuan aquascape, serta batang dan akar yang diletakkan pada aquascape.

Hygrophila polysperma.

Salah satu jenis tanaman aquascape yang banyak digemari oleh seseorang yang hobi aquascape yaitu hydrophila polysperma. Dimana tanaman ini termasuk tanaman yang tidak terlalu memerlukan cahaya matahari yang tinggi dan karbon dioksida dalam jumlah banyak.

Bagi seorang pemula dalam aquascape pun bisa merawat tanaman hygrophila polysperma ini. Karena tanaman ini tidak memerlukan perawatan yang rumit. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai tanaman dasar dari aquascape, agar terlihat lebih hijau. Tak hanya itu, tanaman hygrophila polysperma ini juga dapat dijadikan sebagai tanaman yang mengapung di permukaan air aquascape.

Dwarf baby tears.

Dwarf baby tears termasuk salah satu jenis tanaman aquascape yang bisa teman-teman gunakan untuk membuat aquascape menjadi lebih indah dan menarik. Tanaman ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2000-an. Dimana tanaman ini ini semakin menyebar dan banyak dicari oleh penggemar aquascape di seluruh dunia. 

Tanaman ini memiliki daun yang padat dengan ukuran yang kecil. Sehingga tidak terlalu memakan ruang dalam aquascape, sekalipun jenis aquascape yang minimalis. 

Tak hanya itu tanaman ini juga tidak tumbuh tinggi, sehingga tidak terlalu memakan ruangan dalam aquascape juga.

Bagi teman-teman yang baru belajar tentang aquascape, bisa juga menggunakan tanaman ini karena tanaman ini tidak memerlukan perawatan yang rumit. Selain itu tanaman ini juga tidak memerlukan paparan sinar matahari dalam intensitas yang tinggi. 

Namun untuk menjadikan tanaman ini sebagai dasar dari aquascape, teman-teman harus memperhatikan kadar karbondioksida, nutrisi, serta cahaya untuk menghasilkan dasar aquascape yang menarik dan hijau. 

Demikian informasi tentang tanaman aquascape yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tentang tanaman aquascape yang lebih lengkap bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang aquascape yang saya tulis ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "5 Jenis tanaman aquascape yang mudah perawatannya"