Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Jenis tumbuhan paku yang digunakan sebagai tanaman hias

Tumbuhan paku adalah salah satu jenis tumbuhan yang banyak dijumpai disekitar kita. Namun tidak semua orang mengenal tumbuhan paku ini, padahal tumbuhan paku memiliki berbagai manfaat yang penting bagi kehidupan manusia.

tanaman paku, tumbuhan paku, tanaman hias

Perlu teman-teman ketahui bahwa tumbuhan paku hidup dengan bersimbiosis dengan tumbuhan yang selainnya. Biasanya tumbuhan paku ini hidup di daerah dataran tinggi atau pegunungan, yang memiliki suhu dan udara yang lembab. Sehingga tak heran jika tumbuhan paku ini banyak dijumpai di indonesia, karena di indonesia sendiri memiliki daerah pegunungan atau dataran tinggi yang cukup banyak.

Tumbuhan paku ini termasuk tumbuhan yang tidak memiliki bunga atau biji. Sehingga tumbuhan ini tidak berkembang biak seperti tumbuhan yang selain dengan menggunakan biji. Namun tumbuhan paku ini berkembang biak menggunakan spora.

Meski demikian tumbuhan paku juga memiliki bagian seperti tumbuhan yang lainnya, diantaranya memiliki jaringan pengangkut floem dan xilem. Kemudian tumbuhan paku juga yang beragam mulai dari yang kecil hingga yang besar bisa mencapai sekitar 6 meter. Tak hanya itu tumbuhan paku juga memiliki akar, batang, serta daun yang mendukung kehidupan tumbuhan ini.

Sebenarnya tumbuhan paku memiliki banyak varietas atau jenis. Berikut telah diulas beberapa jenis tumbuhan paku yang bisa teman-teman pelajari. 

Sebelum lebih lanjut membahas tentang jenis-jenis tumbuhan paku perlu teman-teman ketahui bahwa tumbuhan paku ini biasanya hidup di alam liar. Namun saat ini banyak orang yang menggunakan tumbuhan paku ini sebagai salah satu tanaman hias yang dapat mempercantik dan membuat rumah lebih nyaman.

Tak hanya itu tumbuhan paku juga bisa dikonsumsi sebagai sayuran. Di mana dengan mengkonsumsi jenis tumbuhan paku ini dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Paku tanduk rusa.

Salah satu jenis tumbuhan paku yaitu tumbuhan paku tanduk rusa. Dimana tumbuhan paku jenis ini biasa dijadikan sebagai hiasan rumah dengan di gantung di teras atau halaman rumah .

Tumbuhan paku tanduk rusa ini memiliki warna hijau dan coklat. Dengan dua warna ini membuat tumbuhan paku tanduk rusa menjadi salah satu tumbuhan paku yang digemari oleh banyak orang di indonesia. 

Biasanya warna pada daun paku tanduk rusa ini yang berwarna hijau akan tumbuh ke arah bawah. Sedangkan tumbuhan paku tanduk rusa yang berwarna coklat akan tumbuh ke arah atas.

Paku sarang burung.

Jenis tumbuhan paku yang selainya yang banyak digemari oleh orang indonesia yaitu tumbuhan paku sarang burung. Dimana tumbuhan paku sarang burung ini memiliki bentuk yang unik yaitu runcing dibagian ujungnya. Tak hanya itu bagian tepi dari tumbuhan paku sarang burung ini juga berbentuk ombak yang tidak teratur.

Tanya sebagai tanaman hias, paku sarang burung ini biasanya juga bisa digunakan sebagai herbal untuk mengatasi luka memar, juga melancarkan buang air kecil atau juga buang air besar.

Semanggi air.

Perut teman-teman ketahui bahwa semanggi air juga termasuk salah satu jenis tumbuhan paku. Biasanya semanggi air ini digunakan sebagai herbal untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti amandel, infeksi saluran kencing, sesak nafas, hingga mengatasi batuk. 

Semanggi air ini memiliki rasa yang manis dan ada sensasi pedas ketika dimakan. Teman-teman bisa menggunakan semanggi air ini dengan merebusnya dan diberikan bumbu untuk meningkatkan cita rasanya.

Semanggi air ini saat ini semakin langka dan sulit dicari sehingga membuat harganya semakin meningkat.

Paku padang.

Salah satu jenis tumbuhan paku yaitu paku padang. Dimana paku padang ini juga dikenal sebagai salah satu tumbuhan paku yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Tumbuhan paku padang ini biasanya digunakan sebagai herbal untuk mengatasi beberapa penyakit diantaranya untuk melawan kanker perut. 

Biasanya tumbuhan paku pada ini bisa digunakan sebagai sayuran yang dapat dikonsumsi. Paku padang dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari untuk mendapatkan nutrisinya yang yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Paku suplir.

Salah satu jenis tumbuhan paku yang bisa digunakan sebagai tanaman hias di rumah yaitu paku suplir. Dimana paku suplir ini ini bisa teman-teman tanam di pekarangan rumah. Selain itu teman-teman juga bisa menanam paku suplir ini menggunakan pot yang diletakkan di sudut rumah untuk memperindah rumah teman-teman.

Jenis paku suplir ini memiliki warna daun yang cukup menarik. Warna daun paku suplir ini yaitu hijau cerah yang akan membuat teman-teman merasa nyaman saat melihatnya.

Untuk perawatan tumbuhan paku suplir ini teman-teman cukup dengan menyiram menggunakan air secara rutin dan menjauhkan tanaman ini dari sinar matahari langsung.

Bambu air.

Salah satu jenis tumbuhan paku yang jarang diketahui yaitu bambu air. Biasanya bambu air ini memiliki habitat di daerah rawa atau sungai. Bambu air ini memiliki ukuran sekitar 100 cm, bukan seperti bambu pada umumnya yang biasanya memiliki ukuran sangat panjang.

Karena bambu air ini habitatnya di air, maka teman-teman bisa menggunakan bambu air ini sebagai hiasan di kolam. Bahkan banyak yang mempercayai bahwa bambu air ini bisa membawa keberuntungan bagi seseorang yang merawatnya.

Paku ekor kuda.

Jenis tumbuhan paku berikutnya yang bisa teman-teman pelajari yaitu paku ekor kuda. Dimana paku ekor kuda ini memiliki bentuk daun seperti karang, yang dilengkapi selaput yang tersusun rapi.

Daun paku ekor kuda ini ini biasanya berbentuk sisik dan juga melingkar. Jika teman-teman perhatikan lebih dekat, tumbuhan paku ekor kuda ini akan tampak seperti cemara yang tegak berkuku dan juga berongga. 

Karena bentuknya yang cukup menarik ini, biasanya tanaman paku ekor kuda bisa digunakan sebagai tanaman hias di rumah untuk mempercantik rumah. Sehingga rumah akan menjadi lebih nyaman untuk ditinggali.

Paku sejati.

Salah satu jenis tumbuhan paku yang lainnya yaitu paku sejati. Kenapa tanaman ini sih disebut sebagai paku sejati? Karena tanaman paku sejati ini memiliki ki daun yang cukup besar, kemudian memiliki tangkai daun yang dilengkapi dengan sporangium, serta tulang dengan jumlah yang banyak. Karena bentuknya mirip seperti tumbuhan pada umumnya, maka tumbuhan paku ini dikatakan sebagai tumbuhan paku sejati.

Seperti tumbuhan paku pada umumnya, tumbuhan paku sejati juga bisa ditemui di daerah yang memiliki udara lembab dengan intensitas hujan yang cukup tinggi. Selain itu juga habitatnya ditempat yang jarang terpapar sinar matahari secara langsung. Biasanya tumbuhan paku sejati ini berada di daerah dataran tinggi atau pegunungan.

Paku kawat

Salah satu jenis tumbuhan paku lainnya yang bisa teman-teman pelajari yaitu jenis tanaman paku kawat. Nama paku kawat ini bukan berarti bahwa tumbuhan paku ini bisa dijadikan sebagai bahan bangunan.

Disebut sebagai paku kawat karena bentuknya memang menyerupai kawat, serta tidak memiliki tangkai seperti tanaman paku yang lainnya. Selain itu akar tumbuhan paku kawat ini memiliki cabang dan bertulang satu. 

Bahkan banyak orang yang menyebut bahwa tumbuhan paku kawat ini menyerupai lidah yang tersusun. Dimana pada bagian pangkalnya terdapat sporangium yang berbentuk kerucut.

Biasanya tumbuhan paku kawat ini digunakan sebagai tanaman hias di rumah, yaitu ditanam di daerah pekarangan. 

Bahkan banyak juga yang mengatakan bahwa paku kawat ini sebagai tanaman paku rambut. Dengan menjadikan tanaman paku kawat ini sebagai salah satu tanaman hias di rumah, maka dapat membuat rumah menjadi lebih nyaman dan terlihat lebih asri.

Psilophyta.

Psilophyta termasuk salah satu jenis tumbuhan paku yang memang bentuknya menyerupai paku. Di bagian ujung dari psilophyta ini memiliki sporangium. 

Tumbuhan psilophyta ini biasanya melakukan simbiosis mutualisme dengan jamur untuk mendapatkan makanan. Selain itu tumbuhan psilophyta ini juga tidak memiliki klorofil sehingga warnanya tidak hijau.

Tumbuhan psilophyta termasuk salah satu jenis tumbuhan paku yang memiliki dua varietas umum seperti rhynia major dan psilotum. Biasanya tumbuhan psilophyta ini juga digunakan sebagai salah satu tanaman hias untuk memperindah rumah.

Demikian informasi tentang tumbuhan paku yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tentang tumbuhan paku yang lebih lengkap bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang tumbuhan paku yang saya tulis ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "10 Jenis tumbuhan paku yang digunakan sebagai tanaman hias"