Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat minyak kelapa yang terbuat dari kopra diantaranya adalah dapat membantu memperkuat tulang, meningkatkan sistem pencernaan, meningkatkan sistem imun, dapat membantu kesehatan kulit, serta dapat menurunkan berat badan yang berlebihan. 

minyak kelapa, coconut oil,

Selain itu minyak kelapa juga memiliki sifat yang dapat bertahan pada suhu yang sangat tinggi dan tidak pecah. Sehingga minyak kelapa ini dapat digunakan untuk menggoreng berbagai jenis makanan, tanpa harus memberikan efek samping yang berbahaya seperti kebanyakan minyak goreng pada umumnya.

Berikut telah diulas beberapa manfaat minyak kelapa. Ulasan ini bisa teman-teman jadikan sebagai referensi untuk menjaga kesehatan. Ulasan manfaat minyak kelapa dibawah ini dikutip dari berbagai sumber yang telah dikumpulkan menjadi sebuah artikel di bawah ini.

Meningkatkan sistem imun.

Minyak kelapa mengandung monolaurin. Dimana kandungan monolaurin pada minyak kelapa ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Jadi monolaurin pada minyak kelapa ini dapat melawan berbagai jenis virus, bakteri, dan jamur yang menyebabkan penyakit.

Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, monolaurin pada minyak kelapa ini juga dapat membantu meningkatkan energi tubuh, dan juga memenuhi kebutuhan nutrisi seseorang. 

Perlu teman-teman ketahui bahwa monolaurin adalah senyawa yang berasal dari produksi alami asam laurat. Di mana asam laurat merupakan komponen alami dari minyak kelapa termasuk dalam kelompok trigliserida rantai menengah.

Menurunkan nafsu makan.

Banyak orang yang mengatakan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan berat badan seseorang. Hal ini memang benar, karena didalam minyak kelapa mengandung asam laurat sekitar 50%. Dimana asam laurat ini merupakan salah satu jenis trigliserida rantai menengah.  

Kehadiran asam laurat pada minyak kelapa ini dapat membantu seseorang untuk menekan nafsu makan. Selain itu rasa laurat pada minyak kelapa juga dapat meningkatkan fungsi tiroid pada tubuh.

Dengan demikian minyak kelapa dapat membantu seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Karena dengan kandungan asam laurat pada minyak kelapa ini seseorang akan merasa kenyang lebih lama, sehingga mereka tidak akan sering makan. Tak hanya dapat menekan nafsu makan seseorang minyak kelapa juga dapat membantu tubuh untuk menyerap nutrisi yang sehat.

Dengan meningkatnya fungsi tiroid serta peningkatan metabolisme tubuh dapat membantu seseorang dalam membakar kalori serta lemak pada tubuh. Dengan mengkonsumsi minyak kelapa ini maka dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan, dan juga menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Dengan hadirnya trigliserida rantai menengah pada minyak kelapa dapat membantu sistem pencernaan. Asam laurat lebih cepat tercerna dibandingkan dengan trigliserida rantai panjang. Trigliserida rantai panjang ini dapat memicu terjadinya penyimpanan lemak yang pada akhirnya dapat meningkatkan berat badan seseorang. 

Kesehatan rambut dan kulit.

Perlu teman-teman ketahui bahwa minyak kelapa merupakan salah satu sumber antioksidan yang tinggi. Dimana antioksidan ini dapat membantu melawan radikal bebas. Salah satu organ tubuh yang dapat merasakan manfaat dari antioksidan pada minyak kelapa ini yaitu itu rambut dan juga kulit.

Dengan tingginya antioksidan pada minyak kelapa ini ini dapat mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit serta rambut. Penuaan dini pada kulit dan juga rambut ini biasanya disebabkan oleh paparan radikal bebas. Sehingga dengan asupan antioksidan yang tinggi, ini dapat melawan radikal bebas sehingga dapat terhindar dari penuaan dini pada kulit dan rambut.

Minyak kelapa telah banyak direkomendasikan untuk perawatan kulit dan rambut. Hal ini karena minyak kelapa mengandung vitamin e dengan jumlah yang cukup tinggi. Dimana vitamin e tersebut dapat membantu menjadikan jaringan kulit dan juga folikel rambut agar lebih kuat.

Selain itu pada minyak kelapa juga memiliki sifat anti bacterial, anti jamur, dan anti virus. Sehingga minyak kelapa dapat membantu iu melawan berbagai infeksi seperti noda dan jerawat pada kulit.

Melawan radikal bebas.

Radikal bebas tidak hanya dapat menyerang pada bagian luar tubuh seperti kulit serta rambut. Radikal bebas juga dapat berperan dalam merusak dinding arteri pada tubuh seseorang. Ketika dinding arteri ini rusak maka dapat mengumpulkan plak dan kolesterol pada pembuluh darah. Ketika hal ini tidak segera diatasi maka kolesterol dan juga plak yang menumpuk pada pembuluh darah. Ini dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah yang nantinya bisa berujung pada penyakit jantung dan juga stroke.

Perlu teman-teman ketahui bahwa minyak kelapa mengandung asam sehat. Dimana asam sehat pada minyak kelapa ini dapat membantu memulihkan dinding arteri yang rusak karena radikal bebas yang berbahaya. Selain itu minyak kelapa juga dapat membantu kondisi kardiovaskular secara umum, sehingga tubuh dapat meningkatkan kesehatan agar tetap prima.

Kesehatan tulang dan gigi.

Jumlah kalsium yang tinggi dapat membantu menguatkan serta mengokohkan tulang dan gigi seseorang. Di sini minyak kelapa dapat berperan untuk membantu meningkatkan penyerapan kalsium dan magnesium dari makanan yang teman-teman makan. Sehingga secara tidak langsung minyak kelapa ini dapat membantu teman-teman agar terhindar dari gigi berlubang dan juga menghindari terjadinya osteoartritis.

Demikian informasi tentang manfaat minyak kelapa yang bisa dibagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tentang minyak kelapa yang lebih lengkap bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang minyak kelapa ini dapat memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan"