Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat minyak argan untuk kecantikan kulit, kuku dan rambut

Minyak argan adalah salah satu jenis minyak alami yang banyak dicari dan memiliki harga yang sangat mahal. Ini karena jumlah minyak argan yang terbatas dan langka. Dimana minyak argan ini banyak digunakan sebagai salah satu bahan kosmetik dan juga perawatan kecantikan tubuh yang lainnya.

minyak argan, argan oil, kecantikan,

Perlu teman-teman ketahui bahwa minyak argan berasal dari daerah afrika utara, tepatnya di maroko barat daya. Dimana minyak argan ini berasal dari pohon argan yang saat ini dilindungi oleh unesco dan terus dibantu itu dalam proses budidayanya, agar tanaman akan ini tidak punah dan terus dapat menghasilkan minyak.

Minyak argan ini berasal dari biji pohon argan. Dimana biji argan ini menyerupai almond yang nantinya diproses menjadi minyak. Meskipun saat ini pemrosesan minyak argan telah menggunakan teknologi modern, namun dulunya minyak argan ini diproses secara tradisional.

Perlu teman-teman ketahui bahwa secara tradisional minyak argan ini biasanya didapatkan dari biji pohon argan yang dimakan oleh kambing, kemudian biji argan yang keluar dari kotoran kambing karena tidak tercerna oleh kambing ini yang akan diproses menjadi minyak argan.


Berikut adalah beberapa manfaat minyak argan untuk kesehatan dan juga kecantikan. Dimana manfaat minyak argan ini membuatnya banyak dicari di seluruh dunia.

Minyak argan sebagai bahan kosmetik.

Salah satu yang membuat minyak argan kini menjadi jenis minyak yang paling banyak dicari di seluruh dunia. Karena minyak argan memiliki kandungan mineral serta vitamin, seperti misalnya kandungan tocopherol pada minyak argan yang sangat tinggi.

Dimana tokoferol ini termasuk antioksidan yang kuat yang baik untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Selain itu minyak argan juga memiliki kandungan fenol, squalene, fenolik, dan asam karoten dalam jumlah yang tinggi.

Hal yang menarik dari minyak argan ini yaitu mengandung asam lemak oleat sebesar 42,8% serta asam linoleat sebesar 36,8%. Dimana kandungan asam lemak ini dapat memberikan manfaat pada penyembuhan dan kelembaban pada kulit. 

Minyak argan juga mengandung squalen dimana kandungan ini dapat membantu memberikan perlindungan pada kolagen kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat serta lebih lembut. 

Sementara itu kandungan senyawa fenolik yang terdapat pada minyak argan ini dapat membantu kulit dalam melawan radikal bebas, yang dapat membuat kulit menjadi kering dan kusam.

Dari kandungan minyak argan ini membuatnya digunakan sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan kosmetik. Sehingga saat ini banyak sekali kosmetik yang beredar di pasaran yang menonjolkan bahwa kosmetik tersebut mengandung minyak argan. Dengan demikian kandungan minyak argan pada kosmetik tersebut dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Penggunaan minyak argan pada kulit

Terlepas teman-teman menggunakan minyak argan asli atau yang sudah dalam bentuk kosmetik. Teman-teman juga dapat menerapkan minyak argan ini pada kulit salah satunya juga pada kulit wajah. 

Teman-teman dapat mengoleskan minyak argan ini pada kulit wajah menjelang tidur setiap hari. Teman-teman bisa mengoleskan dan membiarkan minyak argan di wajah selama sekitar 15 hingga 20 menit sebelum akhirnya dibilas menggunakan air bersih.

Penggunaan minyak argan pada kuku.

Selain untuk perawatan kulit wajah teman-teman juga bisa menggunakan minyak argan untuk perawatan pada kuku. Caranya yaitu teman-teman bisa mencampurkan minyak argan dengan perasan air jeruk lemon. Kemudian teman-teman bisa mengoleskan campuran ini pada kuku dengan tujuan agar kuku teman-teman menjadi lebih kuat dan tidak rapuh. Selain itu kuku teman-teman juga akan terlihat lebih cerah dan lebih lembut.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal teman-teman bisa mengoleskan minyak ikan dan lemon pada kuku selama sekitar 30 menit. Setelah itu teman-teman dapat membilasnya menggunakan air bersih. Lakukan hal ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Penggunaan minyak argan pada rambut.

Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa minyak argan juga sangat baik untuk menjaga folikel rambut serta membuat rambut menjadi lebih indah. Teman-teman dapat menggunakan minyak argan ini dengan mengoleskan pada rambut secara merata dan juga memijat kulit kepala dengan minyak argan.

Setelah itu teman-teman bisa membungkus rambut dan kulit kepala dengan handuk selama sekitar 30 menit. Lalu teman-teman bisa membilasnya menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal teman-teman bisa melakukan hal ini setiap hari.

Demikian artikel tentang minyak argan yang bisa dipakaikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tentang minyak argan yang selainnya bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang minyak argan yang saya tulis ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "Manfaat minyak argan untuk kecantikan kulit, kuku dan rambut"