Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Makanan ikan hias air tawar yang bagus dan alami

Makanan ikan hias air tawar merupakan salah satu hal penting yang perlu teman-teman perhatikan ketika memelihara ikan hias air tawar di dalam aquarium atau aquascape. Dengan memberikan makanan terbaik untuk ikan hias air tawar yang teman-teman miliki, hal ini dapat mendukung atau memenuhi berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ikan tetap sehat dan tumbuh dengan baik. Jadi memang makanan ikan hias air tawar ini harus benar-benar diperhatikan, tidak hanya memperhatikan dari segi habitat atau tempat hidupnya saja.

ikan hias, makanan ikan hias, makanan ikan, pakan ikan, ikan hias air tawar,

Perlu teman-teman ketahui bahwa secara umum ikan hias air tawar dapat diberikan dua jenis makanan yaitu makanan alami dan juga makanan buatan.

Untuk makanan ikan hias air tawar yang alami ini adalah makanan yang berasal dari alam dan juga habitat alami dari ikan hias air tawar yang teman-teman pelihara. Dengan menggunakan makanan alami ini teman-teman tidak perlu repot dalam penyediaannya. Ini karena semua bahan-bahan yang digunakan adalah bahan alami yang mudah didapat dari lingkungan sekitar kita. 

Selain itu dengan menggunakan makanan alami ikan hias air tawar yang teman-teman pelihara dapat terpenuhi cara kebutuhan nutrisinya.  Ini karena makanan alami ikan hias air tawar tanpa memiliki kandungan kimia atau zat yang lainnya. Sehingga makanan alami untuk ikan hias air tawar ini jauh lebih baik, jika dibandingkan dengan makanan ikan kemasan ikan yang dijual di pasaran.

Makanan ikan hias air tawar buatan sendiri biasanya dibuat dari berbagai jenis bahan alami. Namun dalam proses pengolahannya dilakukan oleh pabrik atau industri rumahan. Dalam pembuatan pakan ikan hias air tawar ini biasanya telah dicampurkan dengan bahan-bahan yang lainnya.bahan tersebut seperti pengawet atau zat yang lainnya, yang dapat membuat makanan ikan hias ini bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Berikut telah diulas beberapa jenis makanan ikan hias air tawar yang bisa teman-teman jadikan sebagai alternatif makanan ikan hias yang teman-teman pelihara.

Jentik nyamuk.

Salah satu jenis makanan alami ikan hias air tawar yang bisa teman-teman gunakan yaitu jentik nyamuk. Jentik nyamuk merupakan makanan favorit bagi ikan hias air tawar. Dimana jentik nyamuk ini ketika dikonsumsi oleh ikan hias dapat membantu ikan hias meningkatkan reproduksinya. Hal ini karena cantik nyamuk memiliki kandungan protein yang tinggi yang bagus untuk pertumbuhan dan juga reproduksi ikan hias air tawar.

Biasanya jentik nyamuk ini ini tidak perlu kita cari, karena nyamuk akan bertelur di dalam air. Kemudian saat telur nyamuk ini menetas akan menjadi jentik-jentik dalam air, maka akan menjadi makanan bagi ikan hias air tawar yang teman-teman miliki. Dengan demikian nyamuk akan terputus rantai berkembangbiakannya, karena saat menjadi jentik sudah dimakan oleh ikan hias air tawar.

Cacing sutra.

Selain jentik nyamuk, ikan hias juga biasa diberikan cacing sutra sebagai makanan. Dimana penggunaan cacing sutra ini bisa membantu teman-teman dalam merawat ikan hias. Sehingga ikan hias air tawar yang teman-teman miliki dapat tumbuh dan juga berkembang dengan baik. 

Perlu teman-teman ketahui bahwa cacing sutra ini dapat memberikan berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ikan hias air tawar agar tetap sehat. Karena di dalam cacing sutra terdapat berbagai kandungan nutrisi organik yang baik untuk dikonsumsi ikan hias air tawar.

Kutu air.

Ketika teman-teman mendengar istilah kutu air, mungkin teman-teman akan memiliki persepsi negatif karena biasanya kutu air ini menjadi parasit pada kulit manusia. Namun di sisi lain teman-teman  dapat berterima kasih kepada kutu air, karena kutu air bisa menjadi salah satu alternatif makanan untuk ikan hias yang teman-teman pelihara.

Kutu air ketika dikonsumsi oleh ikan tidak hanya memberikan berbagai kebutuhan gizi yang dibutuhkan ikan untuk berkembang dan tumbuh dengan baik. Namun juga dapat memberikan pewarnaan kepada ikan, yaitu dikenakan memiliki warna yang lebih cerah, bahkan ikan dapat mengubah warna alami yang dimiliki. Biasanya kutu air ini diberikan kepada iklan hias kartika ikan hias udah mulai dewasa.

Udang kecil.

Udang kecil juga bisa teman-teman gunakan sebagai salah satu bakal alternatif kan hias yang teman-teman miliki. Karena utang kecil ini mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan juga perkembangan ikan hias air tawar.

Biasanya udah kecil ini diberikan ketika ikan hias air tawar yang teman-teman pelihara masih dalam ukuran kecil. Sehingga dengan memberikan nutrisi yang cukup melalui udang kecil ini, ikan hias teman-teman pelihara tidak mudah sakit dan cepat tumbuh menjadi lebih besar.

Jenis sayur.

Ternyata ikan hias juga dapat mengkonsumsi berbagai jenis sayur diantaranya adalah ikan louhan. Dimana ikan louhan ini biasanya diberikan makan wortel. Dengan mengkonsumsi wortel atau sayuran ini ikan louhan dapat memperindah bentuk kepalanya.

Jadi beberapa jenis ikan hias air tawar merupakan omnivora yang dapat memakan makanan hewani dan juga nabati seperti sayuran.

Demikian informasi tentang makanan ikan hias air tawar yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tentang makanan ikan hias air tawar yang selayaknya bisa juga disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang makanan ikan hias air tawar yang saya tulis ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "5 Makanan ikan hias air tawar yang bagus dan alami"