Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara budidaya ikan hias air tawar di aquarium dan kolam

Memelihara ikan hias air tawar memang bukan pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Namun juga tidak terlalu sulit, jika teman-teman memiliki kemauan yang tinggi untuk memelihara ikan hias air tawar. Salah satu kegagalan dalam memelihara ikan hias air tawar yaitu orang yang memelihara ikan hias ini malas dalam melakukan perawatan ikan hias mereka.

ikan hias air tawar, budidaya ikan hias, ikan hias air tawar,

Dampak dari kemalasan seseorang yang memelihara ikan hias air tawar yaitu ikan hias dipelihara bisa kehilangan nyawa. Karena kondisinya yang sakit kurang makanan hingga habitatnya kotor. 

Selain rasa malas yang membuat kekekalan memelihara ikan hias air tawar yaitu tidak mengetahui cara yang tepat untuk memelihara ikan hias. Sehingga ikan hiasan dipelihara bisa sakit dan juga mengalami berbagai masalah yang selainnya, termasuk juga ikan hias yang dipelihara akan kehilangan nyawa.

Berikut telah diulas beberapa tips memelihara ikan hias air tawar yang bisa teman-teman terapkan di rumah. Tips yang telah diulas di bawah ini merupakan cara umum yang biasa digunakan oleh orang-orang yang memiliki hobi memelihara ikan hias air tawar.

Ukuran aquarium atau kolam.

Untuk memelihara ikan hias air tawar teman-teman bisa menggunakan dua pilihan yaitu aquarium atau kolam ikan. Namun ketika teman-teman menentukan ukuran kolam dan juga aquarium, teman-teman pastikan untuk menyesuaikan dengan ukuran ikan hias yang akan teman-teman pelihara. Karena jika teman-teman tidak menyesuaikan dengan ukuran hias makan nanti tampilan aquarium aduh kolam akan kurang menarik.

Selain kurang menarik, jika misalnya ukuran aquarium lebih kecil daripada ukuran ikan. Hal ini akan mengganggu kenaikan sehingga ikan tidak dapat melangsungkan hidup dengan baik. Karena geraknya dibatasi dan akan membuat iklan hias yang teman-teman pelihara menjadi stress.

Jenis ikan hias air tawar.

Selain ukuran kolam atau aquarium teman-teman juga harus memahami terbagi jenis ikan hias yang teman-teman rawat. Hal ini berfungsi agar teman-teman memahami karakter masing-masing ikan hias yang teman-teman rawat.  Sehingga teman-teman dapat memberikan treatment khusus bagi masing-masing ikan hias.

Perlu teman-teman ketahui bahwa untuk memelihara ikan hias air tawar ini masing-masing ikan memiliki ciri khas tersendiri. Sehingga antara ikan satu dengan ikan yang selayaknya tidak bisa disamakan dalam proses perawatannya.

Kesehatan ikan.

Salah satu hal yang jarang diperhatikan oleh seseorang yang memelihara ikan hias air tawar yaitu kesehatan ikan yang mereka pelihara.

Ketika teman-teman melihat salah satu iklan yang teman-teman pelihara in dalam kondisi sakit, usahakan untuk memisahkan ikan tersebut dari ikan yang selainnya. Karena sakit pada ikan ini bisa jadi menular ke ikan yang selainnya.

Teman-teman bisa melakukan karantina ikan yang sakit ini yang dipisahkan dengan wadah khusus agar tidak tercampur dengan ikan yang selainnya. 

Kemudian ada beberapa treatment agar ikannya sakit cepat sembuh diantaranya dengan memberikan vitamin atau zat khusus yang dapat dicampurkan ke air. Sehingga ikan akan cepat pulih ketika ikan sudah sembuh.

Teman-teman bisa memasukkan kembali ikan yang habis sakit tersebut ke kolam atau aquarium agar dapat berinteraksi dengan ikan yang lainnya

Pengaturan air.

Penggunaan dan juga pengaturan air juga perlu diperhatikan ketika teman-teman memelihara ikan hias air tawar. Yang pertama harus teman-teman lakukan yaitu memastikan bahwa harus air yang ada pada aquarium atau ikan tidak terlalu keras. Karena ketika harus air internal terus maka akan mengganggu ikan yang ada di kolam atau aquarium.

Selain itu teman-teman harus menggunakan air bersih. Karena kebersihan air ini akan mempengaruhi kesehatan ikan yang teman-teman pelihara. 

Untuk menjaga kebersihan air ini teman-teman bisa menggunakan filter air untuk menyaring kotoran yang ada di dalam aquarium atau kolam untuk memelihara ikan hias air tawar.

Makanan ikan hias.

Salah satu hal yang perlu teman-teman perhatikan yaitu makanan hias ikan air tawar yang teman-teman pelihara.  Dengan memberikan makanan ikan hias yang tepat dan yang terbaik dapat membantu meningkatkan nutrisi ikan hias yang teman-teman pelihara.

Ketika nutrisi ikan hias teman-teman ini terpenuhi dengan baik, maka ikan hias tersebut dapat tumbuh dan juga berkembang dengan baik juga. Sehingga ikan hias yang teman-teman pelihara dapat bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Kebersihan aquarium.

Kebersihan aquarium yang dimaksud disini bukan hanya kebersihan air, namun juga kebersihan secara keseluruhan. Teman-teman dapat mengganti air secara berkala misalnya dua minggu sekali atau satu bulan sekali. Bahkan ketika kondisinya kotor teman-teman bisa mengganti air ini.

Meskipun teman-teman telah menggunakan filter air, namun penggunaan air dalam jangka waktu yang lama ini dapat mempengaruhi kebersihan aquarium. Meskipun penampakannya bersih, biasanya juga akan memunculkan bau amis. Dimana hal ini selain mengganggu kesehatan ikan, dan juga dapat membuat kondisi rumah tidak nyaman dengan adanya bau dari aquarium teman-teman.

Tak hanya mengganti air, teman-teman juga bisa membersihkan bagian kaca aquarium agar terbebas dari berbagai jenis kotoran termasuk lumut dan juga alga.

Demikian informasi tentang cara merawat ikan hias air tawar yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi cara merawat ikan hias air tawar yang lebih efektif bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Buka artikel tentang cara merawat ikan hias yang saya tulis bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "6 Cara budidaya ikan hias air tawar di aquarium dan kolam"