Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara merawat tanaman rambat di rumah

Tanaman rambat adalah salah satu jenis tanaman yang biasa digunakan untuk membuat rumah agar menjadi lebih indah, menarik, dan nyaman untuk ditempati. Banyak orang yang menggunakan tanaman rambat ini untuk diletakkan di dinding, di teras rumah, hingga pagar. Ini bertujuan agar rumah terlihat lebih hijau, asri, dan lebih segar.

tanaman rambat, merawat tanaman, tanaman hias,

Banyak orang yang menganggap bahwa tanaman rambat ini sulit untuk dirawat. Sehingga mereka memutuskan untuk tidak menggunakan tanaman rambat untuk dijadikan sebagai tanaman hias di rumah. Padahal tidak demikian karena perawatan tanaman rambat ini juga termasuk sangat mudah, sehingga bisa dilakukan oleh siapapun termasuk seorang pemula.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menanam dan merawat tanaman rambat diantaranya telah diulas berikut ini.

Memahami jenis tanaman rambat.

Hal pertama yang perlu teman-teman perhatikan ketika menanam dan merawat tanaman rambat, yaitu teman-teman harus memahami ciri khas atau karakter dari tanaman rambat yang teman-teman tanam. 

Dimana masing-masing jenis tanaman rambat ini memiliki cara perawatan tersendiri, namun tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Misalnya beberapa tanaman rambat yang bisa ditanam di area yang tidak terpapar sinar matahari. Kemudian ada juga beberapa tanaman yang harus mendapatkan paparan sinar matahari agar bisa tumbuh dengan baik.

Dengan memahami ciri khas dari jenis tanaman rambat yang teman-teman tanam,  akan memudahkan teman-teman ketika merawatnya. Hal ini termasuk nantinya dalam menyiram, peletakan tanaman, dan lain sebagainya.

Tempat untuk menanam.

Seperti yang telah dijelaskan di poin pertama bahwa macam-macam tanaman rambat memiliki ciri khas atau karakter yang berbeda. Misalnya tanaman rambat yang harus mendapatkan paparan sinar matahari terus-menerus, maka usahakan untuk tidak ditanam di teras rumah yang yang teduh atau tidak terkena sinar matahari.

Selain itu teman-teman juga harus memahami estetika peletakan tanaman rambat ini. Misalnya ditanam di spot tertentu di rumah seperti di pagar, tembok, teras, dan lain sebagainya.

Teman-teman bisa menata tanaman rambat ini di rumah agar tampak lebih indah, asri, dan menyegarkan sesuai dengan keinginan teman-teman.

Paparan sinar matahari.

Walaupun sebagian besar tanaman rambat dapat hidup tanpa mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup banyak. Namun teman-teman juga harus perhatikan bahwa ini adalah tanaman yang membutuhkan proses fotosintesis. Sehingga tanaman tanaman tersebut perlu mendapatkan sinar matahari juga agar dapat tumbuh dengan baik.

Jadi meskipun tidak mendapatkan sinar matahari dengan intensitas yang cukup besar. Usahakan tanaman rambat tersebut tetap mendapatkan sinar matahari. Sehingga tidak diletakkan di area yang gelap atau sama sekali tidak terpapar sinar matahari.

Pemangkasan tanaman.

Biasanya pertumbuhan tanaman rambat ini sangat cepat. Sehingga jika teman-teman tidak melakukan pemangkasan pada tanaman rambat ini, maka tanaman rambat akan tumbuh liar ke area-area yang tidak teman-teman kehendaki. Oleh karena itu disarankan untuk memangkas tanaman merambat secara berkala, agar pertumbuhannya bisa diatur sesuai dengan keinginan dan estetika rumah.

Bahkan beberapa jenis tanaman rambat juga akan tumbuh secara tidak beraturan, ketika teman-teman tidak melakukan pemangkasan. Sehingga jika hal ini dibiarkan maka akan merusak tatanan dan juga keindahan rumah. 

Hal ini tentunya akan bertentangan dengan tujuan awal teman-teman menanam tanaman rambat yang awalnya teman-teman ingin menjadikan rumah menjadi lebih indah, asri, dan nyaman. Namun ketika tanaman rambat yang ditanam tersebut berantakan, maka suasana rumah akan terlihat tidak terawat kurang nyaman untuk ditempati.

Demikian informasi tentang cara merawat tanaman rambat yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi yang lebih lengkap mengenai cara merawat tanaman rambat bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang cara merawat tanaman rambat yang saya tulis ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "4 Cara merawat tanaman rambat di rumah"