Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara membeli rumah dengan gaji umr

Memiliki rumah adalah keinginan bagi setiap orang apalagi yang sudah berkeluarga. Sehingga rumah menjadi tempat tinggal untuk keluarga yang nyaman. Namun semakin hari harga rumah juga semakin tinggi, sehingga banyak orang yang pesimis tidak bisa membeli rumah. Ini karena mereka memiliki gaji pas-pasan, yang dianggap tidak cukup untuk digunakan membeli rumah.

beli rumah, tips membeli rumah, properti

Hal ini mungkin menjadi permasalahan banyak orang, karena mayoritas orang indonesia juga memiliki gaji yang standar umr atau umk di daerahnya. Sehingga gaji yang sesuai dengan upah minimum ini cukup digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sehingga sulit untuk digunakan dalam membeli rumah.

Bagi teman-teman yang memiliki gaji pas-pasan, namun ingin memiliki rumah sendiri berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk membeli rumah meskipun dengan gaji yang pas-pasan.

Sesuaikan dengan kebutuhan.

Hal pertama yang perlu teman-teman perhatikan yaitu teman-teman harus mengetahui perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Biasanya kita memiliki keinginan yang tinggi namun tidak sesuai dengan kebutuhan. Sehingga dalam membeli rumah dengan gaji pas-pasan ini, diharapkan teman-teman realistis sesuai dengan yang teman-teman butuhkan. Yaitu rumah untuk ditinggali dan nyaman untuk digunakan bersama keluarga.

Jika berbicara keinginan tentu teman-teman ingin memiliki rumah yang mewah dengan berbagai peralatan rumah yang lengkap. Namun hal ini tentu akan mengeluarkan banyak biaya yang tidak sesuai dengan gaji yang dimiliki untuk membeli rumah seperti ini. 

Jika sesuai kebutuhan, maka teman-teman cukup memiliki rumah yang dapat ditinggali dan digunakan bersama keluarga. Sehingga untuk sementara tidak perlu memikirkan kemewahan terlebih dahulu saat memiliki gaji yang pas-pasan.

Dengan pola pikir seperti ini diharapkan teman-teman bisa memiliki rumah yang layak nyaman untuk ditinggali bersama keluarga.

Rumah minimalis.

Ada banyak pilihan rumah yang bisa teman-teman beli. Namun biasanya rumah dengan konsep minimalis memiliki harga yang cukup terjangkau untuk karyawan yang memiliki gaji rata-rata.

Biasanya rumah minimalis ini memiliki bentuk yang bagus namun ukurannya kecil. Hal ini akan mempengaruhi harga rumah minimalis itu sendiri yang lebih murah. Harga ini lebih murah jika dibandingkan dengan rumah yang besar. 

Karena biaya untuk mendirikan rumah minimalis ini tentu lebih sedikit jika dibandingkan dengan biaya untuk membangun rumah yang besar

Lokasi rumah.

Selain itu lokasi rumah juga bisa menentukan harga rumah. Biasanya rumah dengan lokasi di di tengah kota akan semakin mahal, jika dibandingkan dengan rumah yang lokasinya di pinggiran kota. 

Hal ini bisa menjadi pilihan teman-teman dalam menentukan dalam pembelian rumah sesuai dengan gaji yang teman-teman miliki.

Jika ingin memiliki rumah dengan harga terjangkau sesuai dengan gaji yang pas-pasan, usahakan untuk membeli rumah di daerah pinggiran kota. 

Misalnya teman-teman pekerja di daerah perkotaan dengan rumah di daerah pinggiran. Hal ini tidak masalah ketika lokasi kerja agak jauh dari lokasi rumah. Namun yang penting adalah memiliki rumah yang nyaman untuk ditinggali bersama keluarga, meskipun lokasinya di daerah pinggir kota.

Atur keuangan bulanan

Dengan pendapatan atau gaji yang pas-pasan teman-teman harus benar-benar mengatur keuangan bulanan, sehingga teman-teman dapat menabung untuk membeli rumah.

Ada suatu istilah jika gaji hanya sekedar lewat saja, mungkin ini kurang dalam pengaturan keuangan. 

Sehingga usahakan untuk mencatat semua pengeluaran, kemudian meneliti mana pengeluaran yang tidak terlalu penting. Sehingga pengeluaran yang tidak terlalu penting ini bisa dikurangi atau dihentikan.

KPR (kredit rumah)

Dengan gaji atau penghasilan yang pas-pasan tentu akan kesulitan untuk membeli rumah tunai. Oleh karena itu disarankan untuk melakukan pembelian rumah dengan sistem kredit atau kpr.

Dengan sistem kredit ini tentu tidak akan memberatkan bagi teman-teman ketika membeli rumah. Karena teman-teman dapat menyisihkan sebagian gaji untuk membayar cicilan bulanan dalam pembelian rumah. 

Biasanya kredit rumah ini besarannya bisa teman-teman negosiasikan dengan pihak developer rumah atau pihak bank bank yang menangani kredit rumah tersebut.

Hal ini tentu lebih meringankan bagi teman-teman. Karena teman-teman masih bisa menggunakan sebagian gaji bulanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Meskipun teman-teman menyisihkan uang untuk membayar cicilan rumah.

Demikian informasi tentang cara membeli rumah meskipun dengan gaji yang pas-pasan yang bisa dibagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tentang membeli rumah yang lainnya bisa dibagikan melalui kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang membeli rumah yang saya tulis ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "5 Cara membeli rumah dengan gaji umr"