Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Digital Marketing Bagi Perusahaan B2B dan B2C

Manfaat digital marketing bagi perusahaan mampu memberikan dampak yang signifikan. Selain itu digital marketing juga mampu menghemat biaya pemasaran. Bagaimana digital marketing mampu bekerja untuk perusahaan? Simak penjelasan singkatnya berikut ini.

digital advertising, digital marketing, internet marketing, online marketing, search engine marketing, social media marketing,

Perlu diketahui bahwa digital marketing merupakan metode yang dapat digunakan untuk bisnis apapun serta industri apapun. Tanpa melepaskan konsep marketing pada umumnya, digital marketing juga melibatkan aktifitas membangun personas pembeli Anda dengan tujuan identifikasi kebutuhan audiens,  serta menciptakan konten digital yang berharga.

Meski demikian, bukan berarti semua bisnis harus / wajib menerapkan metode digital marketing, atau juga menggunakan cara yang sama dalam digital marketing.

Perusahaan Bisnis ke Bisnis (B2B)


Jika jenis perusahaan bisnis ke bisnis (B2B), pada umumnya membangun website untuk mendapatkan lead generation online (customer potensial). Target akhir dari hal ini adalah calon klien akan menghubungi sales untuk membicarakan minat mereka terhadap produk / jasa perusahaan.

Jadi peran digital marketing dalam hal ini yaitu untuk menarik customer yang berkualitas untuk dilanjutkan ke tenaga penjualan melalui media website dan saluran digital lainnya.

Untuk jenis bisnis ke bisnis (B2B), LinkedIn bisa menjadi saluran alternatif. Disana banyak perusahaan yang bisa menjadi calon customer potensial. Sehingga diluar website, saluran LinkedIn memerlukan perawatan khusus. Karena disana calon customer potensial Anda banyak menghabiskan waktu mereka.

Perusahaan Bisnis ke Customer (B2C)


Jika jenis perusahaan business to customer (B2C), kebanyakan menggunakan taktik meningkatkan pengunjung ke website mereka. Jika orang yang mengunjungi website berminat membeli produk atau layanan tertentu, mereka tinggal membeli dengan sistem yang telah disediakan. Tanpa harus membicarakan terlebih dahulu dengan tenaga penjualan perusahaan.

Biasanya perusahaan B2C ini menggunakan sistem semacam eCommerce, yang memudahkan pembelinya untuk berbelanja produk atau layanan yang disediakan. Mulai dari pemilihan produk, sistem pembayaran, hingga pengiriman.

Selain website yang bersifat ecommerce, saluran social media juga banyak digunakan. Misalnya Instagram, Facebook, dan Pinterest yang banyak digunakan untuk berjualan produk langsung ke customer. Bahkan saluran social media ini menyediakan perangkat gratis untuk membantu memudahkan berjualan.

Manfaat Menggunakan Digital Marketing


Digital marketing berbeda dengan pemasaran konvensional (offline). Pada digital marketing memberikan para pelaku bisnis untuk melihat hasil yang akurat pada waktu yang aktual. 

Dibandingkan dengan surat kabar, Anda mungkin akan sulit memperkirakan berapa orang yang benar-benar melihat atau membaca iklan Anda. Selain itu belum ada cara yang pasti untuk mengetahui bahwa iklan Anda di surat kabar membantu meningkatkan penjualan atau tidak. 

Disamping itu, digital marketing juga mampu memberikan tolak ukur ROI (Return On Investment) / atau balik modal dari usaha pemasaran yang Anda lakukan.

7 comments for "Manfaat Digital Marketing Bagi Perusahaan B2B dan B2C"

  1. Your website is terribly informative and your articles are wonderful.

    ReplyDelete
  2. Our Search marketing services keep to the latest internet search engine algorithm formula alterations, time-examined sector specifications and Search engine marketing Computer code of Integrity useful site. We all do the hefty picking up. You get top-rated ratings as well as a regular flow of top quality, focused sales opportunities.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. The client feels that the impressions webdesign studios appreciates that the agency has always been incredibly responsive. They feel their team is both passionate and creative.

    ReplyDelete