Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu digital marketing?

Digital marketing adalah aktifitas pemasaran yang menggunakan perangkat digital, terutama internet. Perangkat internet yang paling banyak digunakan dalam aktifitas digital marketing diantaranya adalah mesin pencari, media sosial, email, aplikasi, game online, dan juga sebuah website untuk menjangkau pelanggan yang ada serta calon pelanggan.

digital marketing, digital advertising, search engine marketing, social media marketing, internet marketing, online marketing,

Dengan kata lain, digital marketing adalah segala aktifitas pemasaran yang dilakukan secara online.
Tahukah Anda berapa pengguna internet di Indonesia saat ini?

Hasil survey APJII pada tahun 2016 menunjukan bahwa 132,7 Juta orang Indonesia menggunakan intenet. Dan total penduduk Indonesia yaitu 256,2 Juta, sehingga Itu artinya lebih dari 50% penduduk Indonesia telah menggunakan internet. Meskipun 65% pengguna internet di tanah air berada di pulau Jawa, namun setiap tahun pengguna internet selalu meningkat baik di Jawa atau luar Jawa.

Perlu diketahui bahwa pemasaran selalu berhubungan dengan audiens (target pasar) Anda yang tepat dan juga waktu yang tepat pula. Dan audiens (target pasar) Anda saat ini menghabiskan waktu mereka di internet (online).

Dalam menjalankan digital marketing akan dipengaruhi beberapa taktik dan juga saluran digital untuk menghubungkan dengan pelanggan, dimana mereka meluangkan banyak waktu untuk online. Misalnya penggunaan website, yang akan menjadi saluran untuk branding bisnis secara online, email marketing, brosur online, katalog online, dan sebagainya.

Contoh digital marketing dalam bisnis


Untuk melakukan digital marketing, harus dipahami dahulu sasaran dari kampanye digital yang akan dilakukan. Hal ini akan mempengaruhi pada cara yang akan dilakukan, misalnya penggunaan saluran yang berbayar atau gratis, pemilihan saluran yang tepat, dan sebagainya.

Misalnya untuk memasarkan produk untuk menurunkan berat badan, suatu perusahaan harus membangun sebuah blog dengan tema diet atau cara menurunkan berat badan. Targetnya adalah mendapatkan pengunjung yang memiliki kebutuhan menurunkan berat badan, kemudian mengarahkan untuk membeli produk mereka.

Yang sedang naik daun saat ini yaitu jasa perjalanan tours and travel. Untuk memasarkan layanan tours and travel, suatu perusahaan dibidang tersebut membuat ebook panduan tentang lokasi-lokasi yang menarik untuk dikunjungi. Kemudian ebook ini disebarkan secara gratis melalui kampenye digital social media, melalui email, dan sebagainya. Targetnya yaitu target audiens mereka bisa tertarik untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata, dan menggunakan jasa tours and travel mereka.

Berikut ini contoh singkat tentang beberapa taktik pemasaran digital yang paling umum digunakan. Diantaranya adalah Search Engine Optimization (SEO), Content Marketing, Blog Post, Ebook, Brosur / katalog Online, Sosial Media Marketing, Iklan PPC (Pay Per Click), Iklan berbayar facebook, Iklan berbayar twitter, Affiliate Marketing, dan display banner.

Post a Comment for "Apa itu digital marketing? "