Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kerja Konten Digital Dalam Internet Marketing

Konten digital berperan penting untuk mencapai kesuksesan pemasaran di internet. Konten menjadi perantara antara antara pengguna internet dan tujuan dari pemasaran di internet. Untuk lebih jelasnya, berikut saya berikan gambaran tentang konten dalam digital atau internet markeitng.

digital marketing, konten digital, konten marketing, internet marketing,

Jenis konten digital


Sebelum membahas lebih jauh tentang konten marketing, ada baiknya jika mengetahui jenis atau contoh konten di internet yang sering disebut konten digital.

Konten digital secara umum ada 3 macam, yaitu konten teks (artikel), konten gambar, dan konten video.

Ketiga konten inilah yang mendominasi di internet, yang menjadi ujung tombak siapapun yang melakukan pemasaran di internet.

Tujuan pemasaran di internet


Setelah memahami jenis konten digital, maka berikutnya harus dipahami dahulu untuk apa orang melakukan pemasaran di internet.

Sebetulnya pemasaran di internet tidak hanya mereka yang ingin mendapatkan keuntungan finansial (uang). Di internet pemasaran apapun bisa dilakukan, termasuk untuk tujuan sosial (non-profit), melakukan personal branding agar seseorang bisa terkenal, atau bahkan mempengaruhi pemikiran orang lain.

Jadi sekali lagi saya tekankan, orang melakukan pemasaran di internet tidak hanya mereka yang ingin profit (kepentingan ekonomi) saja.

Fungsi konten marketing


Apapaun tujuan seseorang melakukan pemasaran di internet, konten menjadi kunci penting dalam keberhasilan mereka.

Dalam melakukan pemasaran di internet memang caranya ada banyak. Namun saya coba untuk menyederhanakan menjadi 3 kelompok besar.

  • 1. Seseorang memiliki tujuan (ingin mempengaruhi orang lain agar melakukan sesuatu)
  • 2. Cara atau media yang digunakan untuk menyampaikan sesuatu
  • 3. Target pasar atau seseorang yang ingin dipengaruhi 

Pertama, pemasaran di internet secara umum dilakukan untuk mempengaruhi orang lain. Entah itu diminta membeli produk, melakukan kebaikan, donasi, dan sebagainya.

Nah, bagaimana tujuan mempengaruhi orang lain ini bisa tercapai? Yang jelas, ide atau tujuan itu harus disampaikan kepada orang lain.

Untuk menyampaikan gagasan atau maksud tertentu di internet seseorang akan kesulitan untuk berbicara secara langsung.

Untuk itu seseorang harus menyampaikan gagasan mereka melalui media perantara yaitu menuliskan ide mereka, menyampaikan dalam bentuk gambar, bahkan menyampaikan gagasan mereka di depan kamera yang nantinya akan menjadi video.

Mempromosikan di internet


Jika gagasan atau maksud yang ingin disampaikan sudah berbentuk teks artikel, gambar atau video. Maka hal tersebut tidak akan berguna jika tidak dilihat oleh orang lain.

Maka ketiga jenis konten digital tersebut harus diunggah (upload) ke internet, sehingga bisa diakses (dibaca dan dilihat) oleh banyak orang. Dengan harapakan mereka yang melihat bisa terpengaruh entah itu membeli produk, donasi, menghemat listrik, dan sebagainya.

Kesimpulan 


Dari penjelasan diatas, maka bisa disederhanakan lagi tenteng pengertian konten marketing. Bahwa konten marketing adalah media yang digunakan di internet untuk menyampaikan gagasan agar seseorang melakukan tindakan tertentu.

Post a Comment for "Cara Kerja Konten Digital Dalam Internet Marketing"