Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Sebenarnya Fungsi Copywriting?

Copywriting adalah istilah umum yang sering digunkan dalam publikasi tulisan, namun mungkin tidak semua orang memahami hal ini. Bahkan sebagian juga menganggap bahwa copywriting mirip dengan copy paste tulisan.

Dari pada keliru dan bingung tentang apa itu copywriting, berikut saya coba jelaskan secara singkat apa itu copywriting menurut sudut pandang saya.

Copywriting, content marketing,

Copywriting secara umum memang berbentuk artikel atau tulisan, baik dipublikasikan di website, blog , social media, media cetak, dan sebagainya.

Namun yang membuat copywriting ini menjadi suatu hal yang sangat berharga adalah kemampuannya dalam mempengaruhi seseorang.

Jadi bisa disingkat bahwa copywriting adalah tulisan untuk mempengaruhi seseorang.

Memang copywriting bisa mempengaruhi apa saja? Jawabannya sangat banyak.

Prinsipnya copywriting akan mempengaruhi seseorang untuk melakukan tindakan tertentu.
Misalnya mempengaruhi untuk membeli suatu produk, mempengaruhi seseorang menjaga kebersihan, dan sebagainya tergantung apa tujuan si pembuat tulisan/copywriting tersebut.

Karena copywriting tidak hanya sekedar tulisan atau menulis, maka banyak hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan copywriting.

Karena tujuannya menggerakan seseorang untuk melakukan sesuatu, maka copywriting harus bersifat mempengaruhi atau persuasif.

Bedanya dengan tulisan biasa, copywriting lebih terkonsep menyesuaikan karakter pembaca yang ditarget.

Jika dibandingkan dengan tulisan mengalir yang hanya menyampaikan pendapat dan sebagainya. Copywriting ini cenderung tidak hanya menyampaikan informasi, tapi juga memberikan motivasi tertentu agar seseorang bertindak sesuai yang diinginkan oleh penulis.

Teknik copywriting ini sering digunakan dalam bisnis online. Dimana antara penjual bertemu secara langsung untuk menjelaskan atau mempromosikan produknya.

Sehingga harus ada cara yang tepat agar orang yang melihat atau membaca produknya bisa tertarik untuk membeli. Salah satunya adalah menggunakan copywriting untuk mempengaruhi calon pembeli.
Dalam bisnis digital, copywriting tidak hanya berfungsi mempengaruhi seseorang untuk membeli.

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan copywriting di internet, misalnya untuk pendaftaran online, download aplikasi, mempromosikan website, dan sebagainya.

Bahkan untuk kepentingan non-profit pun copywriting sering digunakan. Misalnya kampanye digital untuk mencuci tangan, menggosok gigi, manghentikan merokok, makan sayur, membuang sampah di tempat sampah, menjaga kelestarian alam, dan sebagainya.

Penutup


Jadi kesimpulannya bahwa copywriting tidak hanya sekedar menulis mengalir, tapi harus terkonsep dan menyesuaikan karakter pembaca yang ditarget. Tujuannya yaitu mempengaruhi para pembaca untuk melakukan tindakan tertentu.

Post a Comment for "Apa Sebenarnya Fungsi Copywriting?"