Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Search Engine Optimization atau SEO Itu Apa?

Search engine optimization atau SEO adalah proses untuk meningkatkan posisi konten pada mesin pencari. Mesin pencari dalam hal ini tidak hanya google, tapi juga bisa mesin pencari bing, yahoo, youtube, bahkan mesin pencari di sosial media.

Dulu SEO berlaku untuk website dan hanya untuk mesin pencari seperti google, yahoo, bing. Nah saat ini website ini sudah terlalu mainstream karena di dalam suatu website ada konten seperti artikel, video, bahkan gambar.

search engine marketing, search engine optimization, seo,


Sehingga yang bisa di optimasikan di mesin yaitu artikel, video, dan juga gambar.

Selain itu, dulu mesin pencari yang paling umum hanya google, yahoo, bing, dan sejenisnya.

Sehingga fokus dari SEO yaitu mengoptimasikan website pada mesin pencari tersebut.

Nah, saat ini sosial media pun memiliki mesin pencari layaknya google. Fungsinya untuk mencari konten-konten yang ada di sosial media.

Contohnya saja situs berbagi video youtube, yang memiliki mesin pencari seperti google. Namun di youtube yang perlu di optimasi adalah video agar muncul di rangking atas mesin pencari youtube.

Jadi, dari gambaran tersebut bisa kita ketahui bahwa SEO ataus search engine optimization adalah proses optimasi agar suatu konten mendapatkan ranking tinggi di mesin pencari. Entah itu konten artikel, gambar, atau video. Serta mesin pencari baik google, yahoo, bing, youtube, facebook, instagram, dan sebagainya.

SEO fungsinya untuk apa?


Jika teman-teman membaca artikel yang banyak beredar di internet, mungkin banyak yang menulis SEO ini untuk bisnis, meningkatkan penjualan, dan sebagainya.

Namun, menurut saya SEO tidak dalam arti sempit seperti itu. Karena ranking tinggi, maka peluang konten dilihat orang semakin tinggi. Dan penjualan hanya salah satu dampak dari banyaknya orang yang melihat konten, itupun jika kontennya untuk berjualan.

Padahal konten itu bisa digunakan untuk berbagai macam tujuan, dan jualan hanya salah satunya saja.

Teknik dasar SEO


Secara umum, teknik SEO berkaitan erat dengan kata kunci alias keyword. Ini benar, namun optimasi kata kunci saja tidak cukup.

Jika ingin awet bertahan di rangkin tinggi dalam mesin pencari, selain kata kunci juga harus bisa menyajikan konten yang relevan dan bermanfaat bagi siapapun yang membaca atau melihat.

Hal ini karena para pengembang mesin pencari terus melakukan perbaikan, yaitu lebih mengarah ke human friendly (ramah manusia). Sehingga konten yang sesuai akan lebih awet di mesin pencari.

Dibandingkan hanya memfokuskan kata kunci, tapi tidak memperhatikan konten. Ini mungkin bisa ada di halaman atas mesin pencari, namun jika pembaca tidak puas maka mesin pencari bisa mendeteksi dengan seberapa lama orang melihat atau membaca konten tersebut. Sehingga akan dengan mudah diturunkan rankingnya dan diganti dengan konten yang sesuai.

Cara belajar SEO


Teman-teman jika berminat belajar SEO, banyak hal yang bisa dilakukan. Sangat banyak materi yang bisa dipelajari secara gratis di internet, baik berbentuk ebook, artikel, video, dan dokumen.

Selain itu banyak juga mentor yang menyediakan kursus SEO berbayar, jika Anda ingin mendapatkan bimbingan dari mereka dan memiliki anggaran untuk belajar SEO.

SEO Engineer


Peluang bagi Anda yang memiliki keahlian SEO, karena saat ini SEO bisa menjadi profesi yang banyak dibutuhkan perusahaan yang masuk dunia digital marketing.

Seorang SEO Engineer bertugas untuk mengoptimasikan konten-konten perusahaan agar bisa bersaing di mesin pencari. Yang jelas, tujuannya lebih banyak ke arah bisnis. Sehingga tugas umumnya yaitu meningkatkan pengunjung website, pembaca, viewer, dan sebagainya untuk meningkatkan penjualan.

Untuk lebih paham tentang SEO, kita tidak bisa hanya dengan membaca saja. Lebih baik langsung dipraktekan, karena hal ini akan mempermudah memahami SEO. Selain itu dibutuhkan konsistensi dan kesabaran, karena belajar SEO juga membutuhkan waktu hingga benar-benar mahir.

Post a Comment for "Pengertian Search Engine Optimization atau SEO Itu Apa? "