Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengolah Tempe Yang Enak

Hai Moms kali ini aku akan berbagi salah satu masakan yang sering aku buat dengan budget yang sangat murah meriah tapi hasilnya enak banget dan semua keluarga suka.

Selain bergizi lauk ini pun sangat mudah dibuat dan tentunya untuk bahan bakunya sangat mudah didapatkan apalagi kalau bukan tempe dan tahu bahan utamanya hehe.


Tapi kali ini aku akan membuat olahan tempe dan kacang panjang. Nah masakan ini bisa untuk dua kali makan untuk dua orang dewasa dengan budget 5rb rupiah saja. Budget ini tergantung harga di setiap daerah yaa. Yuk gimana cara buatnya simak berikut ini.

Pertama-tama siapkan bahan utamanya adalah tempe kalau aku sih belinya satu buah tempe kotak memanjang itu kira-kira Rp2.000 yaa di daerahku dan satu ikat kacang panjang itu isinya 4 kacang panjang seharga Rp2.000 juga.

Seribunya apa nih? ini sih sedikit-sedikit aja yaa bahan-bahan yang sudah ada di dapur seperti kecap manis, saus tiram dan sedikit lada. Juga siapkan 3 bawang merah dan 3 bawang putih.

Cara membuatnya adalah iris kotak-kotak kecil tempe dan rendam di sedikit air garam usahakan jangan terlalu asin ya kemudian goreng tempe setengah matang dan turuliskan. Kemudian iris memanjang kira-kira 2 sampai 3 cm yaa. 

Selanjutnya iris tipis bawang merah dan cincang halus bawang putih lalu tumis dengan sedikit minyak dengan api sedang. Kemudian masukkan kacang panjang dan lanjut tumis lagi hingga harum dan langkah selanjutnya adalah masukkan tempe setengah matang tadi.

Kan yang terakhir adalah masukkan bumbu pelengkapnya yakni kira-kira 3 sendok sampai 4 sendok kecap manis sesuai selera kemudian 1 sendok saus tiram dan sedikit merica bubuk atau lada. Campur dan katakan hingga merata kemudian koreksi rasa apakah masih ada yang kurang.

Nah mudah banget bukan membuat lauk dari bahan tempe ini, bisa juga kok dimakan oleh si kecil karena memang bahannya nggak ada campuran yang aneh-aneh kan juga tentunya sehat. Selamat mencoba..


Posting Komentar untuk " Cara Mengolah Tempe Yang Enak"