Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Efektif Mengatasi Burnout Pada Pekerjaan

Kalau ngomongin soal pekerjaan memang nggak ada habisnya yaa. Pastinya di setiap pekerjaan pasti selalu ada hal positif negatif dan juga risiko pada tiap posisi yang sedang dilakukan. 


Termasuk salah satu yang sering timbul pada pekerja ketika sudah beberapa tahun menjalankan pekerjaannya adalah Burnout. Singkatnya Burnout ini adalah keadaan di mana pekerja mengalami kelelahan yang cukup berat secara fisik, emosional maupun psikologis karena pekerjaannya. 

Lantas apa akibatnya dan pada para pekerja dan tentunya juga tempatnya bekerja? Tentunya akan banyak dampak secara negatif bagi tempat pekerjaannya dan terlebih lagi semakin banyak dampak negatif yang akan dialami oleh pekerja. 

Lalu bagaimana cara mengatasi pekerja sebelum terserang Burnout ini, simak tips berikut ini yaa.

Pertama adalah kenali dirimu dan juga pekerjaanmu. Mengenali diri sendiri merupakan sangat penting bagi para pekerja.

Terutama bagaimana cara mengatasi bosan di saat menjalankan pekerjaannya atau bagaimana kemampuan problem solving ketika ada masalah baik di tempat kerja maupun pada keluarga atau lingkungan sosialnya dan juga Bagaimana cara mengolah dan menyalurkan emosi dengan tepat. 

Kemudian sebelum melamar sebuah pekerjaan maka lihatlah dulu job desk dan job spec nya kemudian kira-kira resiko apa saja yang akan terjadi ketika kamu bekerja pada posisi tersebut.

Kemudian pada apa tempat kerja yang ditawarkan, apakah ada jenjang karir atau tidak atau ada penempatan untuk wilayah tertentu dan banyak faktor lainnya yang perlu dipertimbangkan. 

Karena bekerja bukan melulu tentang ciuman kan tapi juga Bagaimana bisa memaksimalkan potensi kamu dan juga menggali potensi baru pada diri kamu yang tentunya akan berguna kedepannya.

Hal lain yang bisa diantisipasi adalah ketika kamu mendapatkan cuti atau hari libur pada pekerjaanmu maka usahakan benar-benar berlibur atau healing yaa. Tujuannya adalah untuk merecharge atau mengisi ulang kembali energi positifmu agar pada saat waktu kembali bekerja.

Dan untuk atasan atau tempat kerja bila ada hak cuti atau berlibur untuk karyawan maka ushaakan janganlah ditambahkan pekerjaan atau menghubungi karyawan atau pekerja pada saat sedang berlibur (hari libur) atau hak cutinya. 

Karena hal ini bila terjadi juga akan sangat mengganggu pekerja yaa pak buu. Kecuali hal yang sangat urgent sekali dan berdampak besar bagi tempat kerja.

Kemudian hal lain yang perlu diperhatikan adalah tahu di mana saat kelelahan itu muncul atau datang baik secara fisik emosi maupun psikologis. 

Bila tempat kerjamu menyediakan psikolog atau layanan konsultasi maka sebaiknya datanglah untuk berkonsultasi dahulu karena hal-hal kecil yang akan ditekan atau ditumpuk maka lama-lama juga akan meledak dan tidak baik untuk dirimu sendiri.

Nah itu beberapa tips agar kamu terhindar dari bournot dan menjadi pribadi yang lebih positif dan sejahtera di tempat kerja. Sehingga sama sama akan diuntungkan bukan. 

Semoga tips ini bisa membantu kamu yaa, apabila ada pertanyaan lain seputar ini atau yang lainnya bisa tinggalkan pesan pada kolom komentar dibawah ini. Terimakasih


Posting Komentar untuk " Cara Efektif Mengatasi Burnout Pada Pekerjaan"