Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Anak Mau Menggosok Gigi Rutin

Mungkin salah satu hal yang sulit diajarkan kepada anak adalah untuk menggosok gigi. Apalagi gosok gigi pada anak memang dianjurkan saat si kecil sudah mulai tumbuh gigi nih, apalagi kalau giginya sudah mulao lengkap yaa kira-kira pada usia satu setengah hingga 2 tahun.


Mengajarkan pada anak usia di bawah 2 tahun untuk menggosok gigi memang susah-susah gampang nih. Tapi jangan khawatir dulu nih parents, bumin ada beberapa tips jitu untuk si kecil agar mau untuk menggosok gigi. Simak beberapa tipsnya berikut ini yaa.

1. Pastikan sikat gigi berbentuk  lucu

Nah salah satu hal yang menarik bagi si kecil adalah bentuk dari sikat gigi atau gambar dari sikat gigi yang lucu atau gambar yang memang disukai oleh si kecil. 

Pastikan juga si kecil turut untuk memilih mana sikat gigi yang akan ia pakai karena bisa jadi ini adalah awal untuk si kecil mau semangat menyikat gigi nih.

2. Rasa pasta gigi jeruk atau rasa yang disukai anak

Selain bentuk dari sikat gigi yang lucu ada juga nih faktor lain yakni rasa pasta gigi sendiri. Biasanya rasa dari pasta gigi anak-anak itu bervariasi. 

Tapi pastikan sudah mengandung fluorid yaa, karena untuk mencegah gigi berlubang dan pastikan juga penggunaan pasta gigi si kecil hanya sebutir jagung.

Kalau dari pengalaman bumin sendiri, si kecil lebih suka rasa pasta gigi jeruk nih parents. Jangan lupa tawarkan rasa pasta gigi kepada si kecil atau kenali kesukaan si kecil tentang rasa-rasa buah agar saat menggosok gigi sikecil akan merasa nyaman.

3. Berikan contoh menggosok gigi

Hal lain yang harus diperhatikan adalah memberikan contoh cara menggosok gigi pada si kecil. Lakukan sikat gigi di depan si kecil dan berikan edukasi sederhana tentang kesehatan gigi.

Awalnya mungkin si kecil tidak akan tertarik yaa tapi lama kelamaan si kecil juga akan menirunya kok. Jadi tetap sabar dan konsisten yaah parents

4. Jangan paksa tapi kenalkan pelan pelan

Salah satu hal kesalahan yang dilakukan oleh orang tua adalah tiba-tiba memerintah dan memberikan gosok gigi pada anak. Padahal sejak usia sebelum 1 tahun atau sejak gigi muncul anak sudah bisa dikenalkan dan diajari cara menyikat gigi loh.

Salah satunya adalah dengan memberikan sikat gigi yang elastis untuk si kecil dan biarkan si kecil untuk bereksplorasi dengan sikat giginya namun harus tetap diawasi yah parents. 

Tujuannya adalah mengenalkan si kecil untuk menyikat giginya dan cara menggunakan sikat gigi itu sendiri.

Kemudian jika gigi si kecil sudah lengkap maka gantilah sikat gigi dengan bentuk yang lebih sempurna dan juga menggunakan pasta gigi yang disukai anak.

Nah sekian tips dan trik agar si kecil mau untuk sikat gigi dengan mudah dan menyenangkan. Memang tidak mudah ya harus selalu diberikan edukasi dan juga konsisten dari parents sendiri agar membangun kebiasaan yang baik pada anak salah satunya menyikat gigi. Jadi sudah tidak galau lagi kan parents, selamat mencobanya bersama si kecil dirumah yah..


Posting Komentar untuk " Cara Agar Anak Mau Menggosok Gigi Rutin"