Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Pekerjaan Dan Kehidupan Berjalan Seimbang

Work life balance memang hal ideal yang sangat diidam idamkan oleh semua orang yang bekerja. Tanpa harus berat sebelah nih, karena pastinya akan menimbulkan konflik baik pada diri sendiri atau tempat kerja maupun keluarga dan pribadi jika salah satu yang menjadi dominasi.


Mungkin ada yang salah mengartikan yaa tentang Work Life Balance itu hanya pada tempat kerja dan juga keluarga. Tapi work life balance itu juga menyangkut tentang kehidupan sosial dan juga diri sendiri atau sebagai pribadi.

Semuanya memang idealnya harus berjalan seimbang yaa karena kita juga adalah makhluk sosial namun juga butuh uang dengan bekerja serta juga butuh untuk me- recharge energi yakni me time atau memberikan waktu untuk diri sendiri dari segala peran, baik peran sebagai anggota keluarga, maupun teman hingga masyarakat. 

Dengan banyaknya peran dan juga keinginan keseimbangan antara semua tanggung jawab itu maka yang harus sangat diperhatikan adalah pentingnya manajemen waktu, tanggungjawab dan juga problem solving pada masing-masing peran yang sedang kita jalani.

Memang tidak mudah dan jangan merasa sendirian yaa karena semua manusia akan mengalami hal itu. Sehingga kuncinya memang harus banyak-banyak bersyukur dan disyukuri apa yang telah kita punya.

Mungkin banyak orang yaa akan bingung karena sudah banyak menghabiskan waktu pada pekerjaan namun pada kehidupan sosial atau peran lainnya akan terasa kurang. Namun ada beberapa tips berikut ini yang bisa kamu lakukan agar semuanya berjalan sesuai versi kamu nih.

Yang pertama adalah coba atur skala prioritas dan juga waktu pekerjaan. Jangan sampai nih pekerjaan dibawa sampai ke rumah yaa, karena nantinya akan menimbulkan permasalahan lain. 

Yang kedua adalah pastikan kamu menyediakan waktu untuk dirimu sendiri. Dengan melakukan hal yang kamu senangi atau refreshing yang bisa membuat kamu semakin positif kembali. Tujuannya memang agar kamu sehat secara fisik dan psikologis yaah. 

Yang ketiga adalah pastikan peran-peranmu yang lainnya juga terpenuhi misalkan peran dalam sosial atau pertemanan karena kita sebagai makhluk sosial juga butuh itu yaa. 

Kemudian hal lain yang perlu diperhatikan adalah dengan bijak mengatur keuangan karena selain kita bekerja juga perlu adanya menabung atau saving baik itu untuk keperluan jangka pendek maupun jangka panjang baik untuk kita sendiri maupun keluarga.


Posting Komentar untuk " Cara Agar Pekerjaan Dan Kehidupan Berjalan Seimbang"