Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Sambel Cabe Hijau

Kalau berbicara tentang persambalan memang nggak ada habis-habisnya ya tentunya enak banget. Kalau sambel sendiri sih atau sambal yaa menurutku itu banyak jenisnya dan juga ciri khasnya masing-masing tiap daerah.


Banyak sih jenisnya di antara lain ada sambal tomat, sambal bawang sambal klotok, sambal trasi samapai sampai sambal wader pun ada yaa. 

Tak terkecuali dengan sambel lombok ijo atau sambal cabe hijau yang akan aku bagikan tipsnya disini bagaimana cara untuk mengolahnya.

Nah sebagai pencinta sambal sendiri, aku sih memang paling suka ya bikin sendiri untuk sambel terasi sambel bawang dan termasuk sambal cabe hijau ini. Sampai aku pun menanam cabe rawit untuk berjaga jaga antisipasi disaat musim cabe mahal tapi pengem makan cabe hihihi.

Oke langsung aja nih aku akan bagikan gimana caranya untuk membuat sambal cabe ijo ini ya. Simak baik baik dan persiapkan bahannya berikut ini.

Pasti yang pertama adalah cabe hijau keriting atau kecil ya bukan cabe hijau besar. Nah cabe hijau kecil ini biasanya aku pakai itu seperempat kilo, kemudian siapkan bawang putih sekitar 10 siung potong sesuai selera ya karena aku suka bawang putihnya agak banyak sih. Kemudian siapkan garam dan minyak.

Cara membuatnya mudah banget ada dua cara versi aku yaaa. Pertama yaitu tumbuh atau uleg kasar cabe ijo kecil dan 3 siung bawang putih, kemudian tambahkan bawang putih yang sudah di cincang lembut. Kemudian siram dengab minyak goreng panas sisa goreng ayam (rasanya lebih mantab).

Cara kedua yaitu panaskan minyak (agak banyak mungkin 8-10 sendok) kemudian masukkan cincangan kecil bawang putih lalu masukkan cabe hijau kecil yang sudah ditumbuk kasar. Tambahkan garam dan lada sesuau selera. Masak hingga minyak sedikit menyusut. 

Cara pertama dan kedua bisa kamu coba yaa karena sama sama enak nya kok, cuma yang paling awet bisa bikin sambel bertahan beberapa hari adalah cara yang kedua dengan dimasak terlebih dahulu.

Terakhir sambal ini bisa kamu geprek ke ayam goreng atau dimakan dengan tahu dan tempe goreng hangat saja nikmatnya sudah luar biasa sekali loh. Yummy..

Sekian resep sambel atau sambal cabe ijo ini dari aku yaa. Selamat mencobanya dirumah. Apabila ada pertanyaan seputar ini atau lainnya bisa tinggalkan komentar di bawah ini. Terimakasih


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Sambel Cabe Hijau"