Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Olahan Tahu Tanggal Tua

Hai moms kali ini aku akan berbagi tentang salah satu resep yang biasanya aku buat nih. Sebenarnya sih menu ini menurutku nggak hanya cocok di tanggal tua aja yaa, karena tahu dan tempe pun itu juga protein nabati yang menyehatkan. 


Mungkin sudah banyak olahan resep yang bertemakan tahu tempe yang moms tahu yaa. Tapi kali ini saya akan membagikan resep yang menurut saya sangat simple dan cepat dengan bahan seadanya yang ada di dapur tapi juga bisa bikin olahan tahu ini enak loh.

Sebelumnya aku akan membagikan apa saja bahan-bahannya yang perlu moms siapkan terlebih dahulu yaa. Ohya menu olahan tahu ini kira-kira bisa untuk 3 porsi orangn yaah.

Pertama-tama siapkan 3 ukuran tahu sedang atau kira-kira berukuran 4x6 cm yaa atau ukuran tahu seharga 2rb-3rb (tergantung harga di wilayah masing masing), kemudian siapkan tepung serbaguna (kalau saya sih pakai apa aja ya yang penting pas ada di dapur hehehe). 


Bahan-bahan lain adalah bawang putih 5-6 siung, bawang merah 4-5 siang, sedikit saos, kecap dan saus tiram. Juga sedikit garam dan merica bubuk secukupnya. 

Cara membuatnya yang pertama adalah hancurkan tahu dengan garpu namun tidak sampai berteksture lembut sekali yaa, kemudian tambahkan sedikit garam dan tepung terigu  kira kira 5-6 sendok sampai tahu berteksture agak padat. 

Yang kedua adalah siapkan bahan-bahannya seperti cincang bawang putih, kemudian iris tipis bawang merah. Kemudian bumbu-bumbu lain yang bisa dipersiapkan lainnya.

Cara menggorengnya adalah buatlah bentuk bulat pada tahu kemudian goreng di api yang sedang sampai berubah warna kecoklatan kemudian tiriskan.

Lalu gantilah wajan dengan teflon atau wajan baru dengan minyak yang sedikit kemudian masukkan bawang putih kemudian 1 hingga 2 sendok saus tiram kemudian 3 sendok saus dan 1 sendok kecap manis. 

Terakhir aduk rata dan koreksi rasa, dan tambahkan sedikit saja air aduk kembali kemudian masukkan bola-bola tahu yang sudah digoreng tadi hingga semua bumbu tercampur merata. 

Untuk opsionalnya bisa ditambahkan dengan irisan daun bawang atau ditambahkan dengan isian lain seperti sosis atau bakso goreng itu opsionalnya saja yaa jika ada bahan bahan itu dirumah. 

Oke itulah masak tahu dengan cara yang simpel tapi hasilnya sangat enak yaah, selamat mencobanya di rumah yaa..


Posting Komentar untuk " Cara Membuat Olahan Tahu Tanggal Tua"