Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Stimulasi Motorik Anak Dengan Water Beads? Emang Bisa Apa?

Salah satu mainan anak yang memiliki banyak manfaat yakni water beads. Mainan ini memang sangat mudah didapatkan di toko mainan terutama. Sedikit saran saja ketika anak bermain dengan water beads ini sebagai orang tua atau pendamping selalu dampingi dan awasi anak ketika bermain. 


Karena pengalaman saya kemarin untuk anak dibawah 1 tahun terutama fase oral (fase lagi suka memasukan segala benda ke dalam mulut) permainan ini kurang cocok diberikan karena pasti akan di makan. 

Jadi lebih baik untuk usia 1 tahun ke atas ya itu pun harus tetap diawasi. Karena water beads ini memang bentuknya menggemaskan dan berwarna warni, terksturenya pun basah kenyal jadi auto menggoda si kecil untuk anteng bermain yaa hihi.

Eits ternyata water beads ini bukan hanya sekedar mainan biasa loh. Melalui water beads ini ternyata banyak yang bisa anak dapatkan, terutama dalam stimulasi sensori motorik anak. Lantas apa saja sih hal lain selain bermain sambil belajar dari water bead ini yang bisa didapatkan, simak berikut ini yuk. 

1. Motorik halus

Kemampuan si kecil terutama dalam motorik halus sangat perlu dikembangkan karena merupakan pondasi bagi si kecil ke depannya. Salah satu untuk menstimulasi motorik halus si kecil bisa dengan menggunakan water beads ini.

Dengan cara bagaimana? Yakni sekecil bisa dikenalkan dengan tekstur yang kenyal di dalam wadah yang berisikan banyak water beads. Kemudian si kecil bisa merabanya, memegangnya, hingga kemudian memindahkan water beads dari satu wadah ke wadah yang lain. 

2. Mengelompokkan dan mengenal Warna

Hal lainnya bisa dipelajari adalah bisa mengenalkan warna. Jika membeli media water beads ini sebaiknya beli untuk beberapa warna karena selain bermain si kecil juga bisa sambil belajar. 

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mencampur warna water beads ke dalam satu wadah. Kemudian siapkan beberapa wadah lain yang lebih kecil lalu Contohkan pada si kecil untuk men sorting atau mengelompokkan warna sesuai wadah (sebaiknya warna wadah sesuai dengan warna water beads).

4. Berhitung menyenangkan

Sejak kecil sedikit juga bisa kok diajarkan tentang mengenal angka dan juga berhitung meskipun kemampuannya terbatas namun setidaknya belajar mengenal bisa dilakukan. 

Tidak perlu banyak banyak ya moms, untuk usia kurang dari dua tahun bisa kok moms ajarkan dengan media water beads ini menghitung angka satu sampai lima atau membuat bentuk angka satu sampai tiga. Tentunya dengan warna yang sama yaa moms agar si kecil tidak bingung dan bisa fokus.

5. Mengelompokkan ukuran

Bermain sambil belajar mensorting atau mengelompokkan ukuran dari water beads ini. Syaratnya memang harus membeli water beads yang berbeda ukuran atau berbeda karakter.

Sejak dini terutama usia 2 tahun keatas bisa mulai digunakan untuk mengelompokkan ukuran tentunya dengan contoh yang sederhana yakni kecil dan besar.


Posting Komentar untuk " Stimulasi Motorik Anak Dengan Water Beads? Emang Bisa Apa?"