Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Si Kecil Sudah Dapat Angpao? Yuk Lakukan Hal Ini Dahulu

Hai parents kalau si kecil sudah dapat angpao pastinya yang ikut senang adalah mama papanya bukan. Mungkin kita sebagai orang tua berpikirnya adalah si kecil belum tahu apa-apa nih tentang uang karena masih balita. 


Eits padahal belum tentu loh, si kecil sudah bisa kok dikenalkan apa itu uang dan juga pentingnya menabung sejak dini. Jadi ada beberapa hal berikut ini yang bisa Mama Papa ajarkan untuk si kecil saat mendapatkan angpao atau THR dari saudara-saudara pada Lebaran yaa. 

Beberapa penjelasan berikut ini bisa mama papa coba lakukan bersama si kecil saat si kecil sudah diberikan angpao atau THR. Ohya kita sebagai orangtua juga harus mendampingi anak dalam menghitung jumlah uang yang diterimanya, untuk selebihnya diskusikan dengan anak berikut ini yaa.

1. Jika anak sudah mengerti uang maka diskusikan

Mungkin beberapa orang tua ada yang memilih untuk membelikan mainan atau barang yang ingin anak beli dengan uang yang dimilikinya, sebagian juga ada yang memilih untuk mengajarkan menabung. Dan sebagian lagi dipegang oleh mama papa karena anak masih kecil sehingga dianggap belum mengerti fungsi uang.

Padahal jika anak sudah mengerti apa itu uang dan memiliki keinginan maka arahkan dan tanamkan ke hal yang positif  misalkan dengan menabung. Dan jika anak menginginkan barang yang ingin dibeli maka diskusikanlah terlebih dahulu dan berikan opsi jika dibelikan maka uang akan habis dan berikanlah pengertian jika mainan yang dimiliki dirumah masih bagus dan banyak.

2. Contohkan Dengan Menabung

Memberikan pengertian bahwa menabung bisa diajarkan sejak dini adalah dengan mengajarkan dan memberikan contoh langsung di depan anak. Misalkan saja memasukkan uang ke dalam kaleng tabungan dan dilihat oleh anak berikan pengertian bahwa ini adalah menabung.

Selain itu ketika anak sudah memasuki usia kanak-kanak maka kenalkanlah dengan tabungan pribadi mereka bisa jadi dengan tabungan pada kaleng atau mengajaknya menabung di bank.

Karena dengan mengajak anak menabung di bank anak akan memiliki wawasan lebih luas lagi dan juga pengalaman yang membuatnya ingin terus menabung karena anak akan berpikir bahwa menabung adalah hal yang menyenangkan.

3. Jadikan Menabung Sebagai Habit

Menjadikan menabung menjadi kebiasaan atau Habit tidaklah mudah karena memang harus ada contoh nyata dari kita sebagai orang tua. Contoh awal dari krbiasaan menabung yang bisa kita lakukan adalah dengan tidak boros uang atau berbelanja berlebihan serta menanamkan kesederhanaan dan kecukupan pada anak.

Misalkan saja dengan membeli barang yang kita butuhkan. Misalkan jika sudah memiliki sepatu maka tidak perlu sepatu lain untuk dibeli, jadi anak akan mengerti bahwa kita akan menggunakan barang yang hanya kita butuhkan saja untuk dipakai. Kecuali jika sudah rusak atau ukuran yang tidak pas maka boleh membeli sepatu lainnya. 

Posting Komentar untuk " Si Kecil Sudah Dapat Angpao? Yuk Lakukan Hal Ini Dahulu"