Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Red Flag Perkembangan dan Pertumbuhan Anak Pada Satu Tahun Pertama

Perkembangan dan pertumbuhan pada anak memang harus sangat diperhatikan ya apalagi ketika satu tahun pertama hingga usia lima tahun atau pada masa balita. 

Mengapa harus diperhatikan sedemikian rupa? Karena 1000 hari kehidupan pertama anak atau pada masa emas anak (golden age) merupakan suatu pondasi bagi awal kehidupannya kelak. 


Sehingga apapun yang dilalui anak sebagai pondasi harus dibangun agar kuat dan dipantau agar jika ada masalah maka akan bisa di deteksi dan diatasi sedini mungkin. 

Hal lainnya yang membuat perkembangan dan pertumbuhan anak pada tahun pertamanya begitu penting adalah adanya beberapa kemampuan yang seharusnya sudah bisa dilakukan.

Misalkan saja kemampuan motorik halus dan motorik kasar kemampuan verbal, sensori dan lain sebagainya. Karena perkembangan dan pertumbuhan pada 1 tahun pertama bayi begitu cepat loh. Misalkan saja pada kemampuan bayi yakni berguling, kemudian merangkak, kemudian duduk, kemampuan berdiri  senduri lalu berjalan.

Keselarasan perkembangan anak yakni pertumbuhan dari segi berat badan lingkar kepala hingga tinggi badan yang terus naik dan bertambah. Hal ini begitu penting dan jangan disepelekan ya parents, karena hal ini sangat berkaitan satu dengan yang lainnya.

Nah jika ada salah satu yang terlewati atau belum bisa dilakukan pada usia tahun pertamanya maka perlu dilakukan screening pertumbuhan dan perkembangan pada ahlinya. Misalkan dengan ke klinik tumbuh kembang atau rumah sakit, kemudian berkonsultasi dengan dokter spesialis anak atau dengan psikolog anak. 

Sehingga penting sekali untuk memeriksakan si kecil pada tenaga kesehatan meskipun itu terlihat perkembangan dan pertumbuhannya baik-baik saja. Kemudian datang ke Posyandu rutin merupakan hal yang wajib dilakukan, karena dengan begitu kita tahu perkembangan si kecil dari grafik pertumbuhan dan perkembangannya dari buku KIA anak dari bulan ke bulan.

Jika pada satu tahun pertamanya si kecil kurang berkembang atau adalah stagnan pada kemampuan secara berbahasa misalkan belum bisa mengoceh atau melakukan kegiatan sesuai perkembangan usianya (misalkan satu tahun pertama seharusnya anak sudah mampu mengambil dan memegang benda secara mandiri), kemudian sudah bisa merangkak dan duduk sendiri, menoleh jika dipanggil namanya dan lain sebagainya.

Maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan tenaga ahli. Sebagai orangtuanya pun kita wajib untuk aware dengan hal terkecilpun yang dilakukan oleh si kecil. Juga membantu si kecil dalam menstimulasi kemampuan kemampuan dalam dirinya agar optimal. 

Karena tidak ada orang tua yang sempurna, semua sama sama belajar baik anak kepada orangtuanya juga sebaliknya. Orangtua bagi anak merupakan yang paling sempurna sehingga jangan lelah untuk saling belajar dan berkembang ya parents. 

Sekian informasi yang bisa saya berikan semoga bisa bermanfaat buat kamu yaa. Apabila ada pertanyaan lain bisa tinggalkan pesan pada kolom komentar dibawah ini terima kasih :)


Posting Komentar untuk " Red Flag Perkembangan dan Pertumbuhan Anak Pada Satu Tahun Pertama"