Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Anak Cepat Hafal Al Qur'an

Hai parents, sebagai umat muslim dan jugaorangtua yang memiliki anak, siapa sih yang nggak pengen kalau anaknya bisa hafal Al Qur'an? Pasti pengen banget bukan, juga mungkin dari kita sebagai orangtua beberapa cara sudah di ikhtiarkan agar si kecil lancar membaca dan menghafal Al Qur'an.


Disini bumin sendiri akan membagikan tips dan juga pengalaman dari teman bumin yang memiliki anak usia 6 tahun tapi sudah hafal Juz 30 dan juga mau hafal Juz 1. 

Juga anak keduanya yang baru empat tahun sudah lancar beberapa surat pendek dan anak ketiga yang baru berusia dua tahun sudah lancar membaca surat al ikhlas dan surat pendek lainnya.

Langsung saja nih parents, kalau dari segi pengalaman temen bumin sendiri yang bercerita sih memang adanya faktor dibiasakan sejak dini mungkin untuk mendengarkan ayat-ayat suci Al Quran, namun ada tips dan trik agar si kecil terbiasa lagi dan lebih hafal.

Yakni ketika si kecil berusia kurang dari 1 tahun dibiasakan untuk mendengarkan surat-surat pendek. Kemudian pada 1 tahun lebih ketika si kecil sudah agak lancar berbicara maka beberapa ayat pendek yang akan dipilih untuk di hafalkan wajib didengarkan berulang ulang. 

Sekitar satu sampai tiga bulan (tergantung si kecil sudah hafal atau belum) kemudian dibaca berulang dengan ayah atau ibu sampai hafal kemudian ganti surat pendek lainnya. Dan satu bulan ada setoran beberapa surat pendek yang sudah di hafalkan. 

Ohya mendengarkan surat pendek pun biasa dilakukan ketika beraktivitas dirumah, di sekolah, di mobil hingha sebelum tidur. Juga orangtua yang membiasakan membaca surat pendek yang dihafal di depan anak. 

Adanya kerjasama ini antara ayah dan ibu juga orang rumah (bisa kakek, nenek, maupun pengasuh) amatlah penting bagi anak. Juga dirumah tidak dibiasakan adanya televisi atau handphone bagi anak, jadi kalau mendengarkan Al Qur'an lewat speaker flashdisk hehehe.

Juga sebagai ibu selama mengandung sangat rutin membaca Al Qur'an dan mendengarkan Al Qur'an dimanapun berada. Kerjasama dan komitment antara ayah dan ibu juga anak yang dilakukan dengan konsisten (tanpa memaksa anak) pasti akan membawa kebaikan bagi semuanya. 

Nah sekian tips dari teman bumin nih parents, mungkin bisa parents coba dirumah bersama si kecil yaa. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan juga membawa kebaikan. Apabila ada pertanyaan lainnya bisa tinggalkan pesan dibawah ini yaa. Terimakasih :)


Posting Komentar untuk " Cara Anak Cepat Hafal Al Qur'an"