Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda Ketika Anak Kecanduan Hp dan Gadget

Hai moms kali ini aku akan berbagi pengalaman dan juga tentunya beberapa tips yang tentunya cukup efektif jika si kecil kecanduan gadget khususnya handphone.

Tentunya jika anak kecanduan handphone pasti akan berimbas terhadap kita sendiri. Ucapkan saja ketika kita memegang handphone untuk urusan kerja atau lainnya dan ada si kecil di sekitar kita maka kemungkinan yang terjadi adalah sekecil akan merebut HP kita. Nah hayoo adakah pengalaman yang sama tentang ini moms?


Pertama saya akan bercerita tentang pengalaman saya ketika si kecil yang barh berusia satu setengah tahun sudah mengenal gadget, awalnya hanya untuk melihat foto atau video yang merekam aktivitasnya.

Namun kemudian karena kerena sudah dengan handphone ini dan sering melihat kakek-neneknya bermain handphone untuk melihat Youtube juga media sosial akhirnya si kecil suka ikut nimbrung nih.

Walhasil lama-kelamaan dalam hitungan kurang lebih 1 bulan akhirnya dia bisa meminta untuk Perlihatkan beberapa video seperti binatang atau juga lagu anak-anak dengan hewan kesayangannya. 

Dan yang terjadi adalah si kecil mulai addict nih moms, misalkan saja Jika ada HP di atas meja atau dicharge dia akan langsung meminta HP itu untuk dibuka. Jika tidak maka dia akan menangis sejadi-jadinya. 

Kemudian hal lain adalah ketika ada orang lain bahkan bukan keluarga inti ketika melihat handphone dia akan meminta handphone itu untuk dibuka juga. Sampai pada akhirnya ketika dia merasa bosan dan akhirnya rewel lalu meminta handphone itu terus menerus dan melihatnya sampai beberapa jam. Dan masih banyak ciri ciri kecanduan Hp lainnya tiap anak yaa dan tenrunya akan berbeda beda.

Sehingga sebagai parents pun kita mengevaluasi lagi karena memang ini kesalahan kita sebagai orang tua. Awalnya yang hanya ingin mengenalkan saja fungsi handphone hingga berakhir dengan hal yang negatif bagi si kecil. Nah beberapa cara ini efektif loh moms agar si kecil tidak lagi kecanduan handphone, jadi simak yaa..

Pertama adalah simpan HP di tempat yang aman dan tidak ketahuan oleh si kecil. Termasuk jika ada kabel handphone maka charger lah di tempat lainnya yang tidak terlihat oleh si kecil.

Kedua merupakan kerjasama antar anggota keluarga adalah hal utama. Yakni tidak ada yang memegang handphone di depan anak. Jika bersama si kecil maka simpanlah HP jauh-jauh dan fokus pada anak.

Mungkin si kecil akan mencoba mencari-cari handphone di sekitarnya dan rewel, namun hal ini akan berangsur-angsur menurun dan tidak lama akhirnya si kecil akan lupa. Hal ini akan sangat efektif sekali dan lakukan berulang-ulang. 

Ketiga alihkan kegiatan si kecil dengan bermain di luar ruangan atau dengan permainan lain yang tentunya menyenangkan bagi si kecil. Jadi tidak ada waktu luang untuk si kecil mencari HP dan lama kelamaan akan lupa. 

Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya lagi parents. Apabila ada pertanyaan seputar ini atau pengalaman yang sama bisa bagikan komentar di kolom bawah ya terima kasih.


Posting Komentar untuk " Tanda Ketika Anak Kecanduan Hp dan Gadget "