Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide dan Cara Memasak Menu Berbuka Puasa Hari Ke Limabelas Beserta Budgetnya

Hai Bunda kali ini jangan khawatir lagi tentang masakan untuk keluarga untuk berbuka puasa yaa, karena bumin akan membantu kamu untuk memberikan opsi pilihan menu sekaligus juga cara memasaknya loh.

Nah untuk menu masakan berbuka hari ke limabelas yaitu tumis sayur kacang panjang dan daun turi atau sawi dengan tempe penyet sambal tomat. 


Saya sendiri memasak menu ini biasanya untuk sahur dan berbuka hanya saja untuk sahur bisa dipanaskan lagi dan juga menu tempe bisa diganti dengan tahu goreng tepung. 

Kalau aku sendiri semuanya menu untuk berbuka dan sahur menghabiskan biaya sekitar Rp10.000 saja, 5 ribu untuk sayur dan 2 ribu untuk bumbu kemudian 3 ribu untuk tempe. Karena saya membelinya di pasar tradisional sehingga lebih murah, namun mungkin akan berbeda daerah juga akan berbeda harganya namun menu ini akan cukup ekonomis ya dan juga lezat. 

Untuk porsinya sendiri saya bertiga dengan dua orang dewasa dan satu anak anak. Jadi langsung saja akan saya bagikan tips cara memasak berikut ini yaa.

Untuk bahan tumis oseng sayur kacang panjang dengan bunga Turi atau sawi (optional). Bahan yang perlu disiapkan yakni 12 siung bawang putih 8 siung bawang merah, setengah sendok garam, sedikit masako, 50ml-100ml air. Komposisinya saya memasak bunga turi seperempat kilo dan kacang panjang 10 biji. Dan ini untuk dua kali makan yaa..

Cara memasaknya adalah rebus dahulu kacang panjang yang sudah di potong sesuai selera dan juga bunga Turi atau sawi yang sudah dibersihkan hingga menjadi sebelah matang. Kemudian iris tipis bawang merah dan bawang putih kemudian tumis hingga harum.

Masukkan hasil didihan kacang panjang dan bunga Turi atau sawi ke dalam wajan kemudian berikan sedikit air lalu garam dan juga masako. Masak hingga menjadi matang kurang lebih 3 menit, jangan lupa koreksi rasa terlebih dahulu yaa. 

Kemudian untuk resep tempe penyet sambal tomat bahannya adalah tempe goreng kemudian tomat sejumput terasi garam gula dan juga cabe merah besar. Ulek semua bahan kemudiaan berikan minyak panas dikit pada uleg an terakhir kemudian penyet tempe yang masih panas.

Sekian rekomendasi menu sahur dan berbuka juga cara memasaknya. Semoga bisa bermanfaat buat kamu dan keluarga yaa, selamat mencoba.

Posting Komentar untuk " Ide dan Cara Memasak Menu Berbuka Puasa Hari Ke Limabelas Beserta Budgetnya"