Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Yang Tak Boleh Dilupakan Ketika Berpuasa

Terkadang berpuasa memang seringkali bikin kita lapar mata namun moment ini kita diajarkan untuk tetap belajar menahan hawa nafsu.


Lapar mata terjadi ketika saat sedang berpuasa namun setelah berbuka terkadang perut kenyang kenyang pun akan menjadi malas untuk beraktivitas fisik maupun memakan makanan lainnya yang sebelumnya ingin dimakan saat sedang berpuasa, namun saat berbuka perut sudah kenyang.

Terkadang kita lupa beberapa hal yang diperlukan oleh tubuh saat sedang berpuasa. Beberapa hal ini akan sangat bermanfaat bagi tubuh kamu ketika sedang berpuasa dan akan sangat terasa manfaatnya loh. Apa saja itu simak berikut ini.

1. Minum air 2 L

Salah satu hal yang agak sulit dilakukan namun harus dilakukan adalah meminum air tetap sehari 2 liter. Meskipun sedang berpuasa tubuh kita juga butuh cairan, sehingga dengan minum air yang cukup maka kebutuhan cairan dalam tubuh pun akan tercukupi.

Banyak tips yang yang disampaikan oleh pakar kesehatan bagaimana cara untuk minum 2 liter air per hari saat berpuasa. Jadi tidak ada alasan lagi kan untuk malas minum lagi, karena akan baik untuk kesehatan kita.

2. Buah buahan

Salah satu hal yang perlu kita konsumsi saat berpuasa adalah buah-buahan. Biasakan dengan menyediakan snack yang sehat di rumah yaitu dengan aneka buah-buahan. Mengkonsumsi buah buahan lokal atau buah yang ada disekitar kita juga amat baik bagi tubuh.

Misalkan saja pepaya, pisang, sawo, rambutan, jeruk dan masih banyak lainnya. Apalagi jika buah yang dipetik langsung dari pohonnya dan kita sendiri yang menanamnya. Pasti akan menambah nikmat syukur bukan saat berpuasa.

Buah-buahan sendiri akan membantu kita saat berpuasa karena memenuhi kebutuhan nutrisi lain dan juga kaya akan vitamin dan juga mineral yang baik bagi tubuh. Apalagi buah apel yang memang jika dikonsumsi saat sahur dan berbuka bisa mengurangi bau mulut saat berpuasa loh.

3. Olahraga

Salah satu hal yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah berolahraga. Tidak ada alasan ketika sedang berpuasa maka olahraga akan libur yaa.

Padahal berolahraga saat berpuasa juga bisa dilakukan tentunya dengan olahraga ringan dahuku jika tidak terbiasa dengan berolahraga rutin. Banyak tips dari pakar kesehatan untuk waktu yang tepat dilakukan untuk berolahraga saat berpuasa loh, karena memang manfaatnya yang baik bagi tubuh kita.

4. Makan secukupnya

Hal lain yang terkadang bila kita lakukan adalah dengan makan yang berlebihan atau kekenyangan. Padahal saat berbuka atau sahur pun makan kekenyangan itu tidaklah baik untuk tubuh.

Jadi sebaiknya bila makan maka makanlah secukupnya atau berilah jeda untuk memakan makanan yang lainnya misalkan dengan snack atau buah-buahan dan juga minum air.

Posting Komentar untuk " Hal Yang Tak Boleh Dilupakan Ketika Berpuasa "