Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Makanan Rumahan Khas Orang Indonesia

Pada saat bulan Ramadan dengan berpuasa selama kurang lebih satu bulan selama setahun sekali memang suatu momen yang paling ditunggu oleh umat muslim.


Terlebih lagi jika berbuka dan sahur dengan makan bersama-sama dengan keluarga adalah hal yang ditunggu-tunggu, apalagi jika makanan rumahan yang dibuat oleh ibu kita. 

Nah biasanya apa saja sih makanan khas rumahan itu yang bisa bikin kangen setiap kali bulan Ramadan tiba, terlebih lagi jika sedang merantau. Yuk simak berikut ini, adakah makanan ini yang biasa dibuatkan oleh ibu saat sahur dan berbuka puasa di rumah?

1. Sambel

Sebagai orang Indonesia salah satu itu makanan yang wajib ada adalah sambel. Aneka sambal atau sambal yang dibuat sendiri maupun tuli adalah salah satu pelengkap makanan yang wajib ada. Katanya sih kalau nggak ada sambel kurang pas yaa rasanya.

Sambel pun banyak sekali jenisnya mulai dari sambal bawang, sambal bajak, sambal ijo, sama teri, sambel klotok, sambel tomat, dan masih banyak lainnya apalagi biasanya masing-masing daerah mempunyai ciri khas sambelnya yang lezat tentunya juga dikangenin.

2. Tahu Dan Tempe Goreng

Menu ini adalah menu andalan yang paling enak dan juga murah, yang seringkali tidak lupa juga disediakan oleh ibu kita di rumah yakni tahu dan tempe goreng.

Tahu dan tempe goreng merupakan makanan wajib yang ada di rumah, selain sangat mudah di dapatkan dan praktis dalam penyimpanan nya juga mudah jika diolah yaitu hanya dengan digoreng saja sudag enam atau juga bisa dalam olahan lainnya. 

Kamu juga setuju bukan jika makanan yang satu ini yaitu tahu dan tempe goreng adalah makanan yang yang wajib ada di rumah sekaligus dikangenin nih.

3. Kerupuk

Selain sambel kerupuk juga merupakan makanan yang wajib ada di rumah dan pelengkap saat makan. Katanya sih kalau nggak ada kerupuk kurang lengkap dan juga kurang mantap yaa.

Namanya juga sudah menjadi kebiasaan turun temurun jika makan atau memakan sesuatu tanpa kerupuk itu seperti ada yang kurang, sehingga apapun lauknya jika dimakan dengan kerupuk akan terasa nikmat sekali.

4. Lalapan

Sebagai orang Indonesia lalapan merupakan pelengkap lain yang sangat dinanti apabila dimakan dengan sambal. Kapan sendiri biasanya terdiri dari sayuran yang masih mentah, misalkan kubis mentimun kacang panjang daun kemangi dan juga timun kecil yang biasa untuk lalapan ya. 

5. Gorengan

Hidangan yang biasanya ada ketika selesai makan adalah gorengan. Kalau gorengan sih biasanya ada ote-ote atau Aci ada tahu goreng ada pisang goreng dan banyak lainnya yang intinya adalah makanan yang digoreng namun untuk snack atau pelengkap.

Nah kalau di daerahmu sendiri makanan gorengan ini sendiri apa nih jenisnya? Yuk komentar di dibawah ini.


Posting Komentar untuk " 5 Makanan Rumahan Khas Orang Indonesia"