Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Yang Paling Ditunggu Saat Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan memang yang paling ditunggu bagi semua umat muslim, apalagi saat bulan puasa selama kurang lebih satu bulan lamanya.

Apa lagi bulan Ramadhan memang hanya ada satu bulan dalam 12 bulan. Dan pastinya ada yang paling ditunggu-tunggu bukan saat menjelang bulan puasa tiba atau pada saat bulan lebaran itu yang paling dikangenin. 


Apa aja itu, yuk baca selengkapnya di bawah ini barangkali ini termasuk hal yang kamu sangat merindukan di bulan Ramadan ini. 

1. Sahur dan Berbuka

Salah satu kewajiban bulan Ramadan adalah menjalankan puasa nah salah satunya adalah sahur dan berbuka bersama keluarga atau orang terdekat berkumpul dan bersama-sama.

Apalagi yang anak rantau nih atau kerja diluar kota yang jarang pulang Nah pasti amat sangat menantikan sahur dan berbuka dengan keluarga di rumah bukan. 

Apalagi suasana bulan Ramadhan itu jika malam hari seperti ada hawa hawa yang berbeda yaa kan.

2.  Ngabuburit

Hal lain yang ditunggu-tunggu bagi anak muda atau anak-anak kecil yaitu suasana ngabuburit. Bubur adalah istilah di mana menghabiskan waktu sore hari.

Bisa dengan berjalan-jalan, bersepeda atau sekedar mencari makanan atau lebih pada tadzabur alam atau hal-hal lainnya yang bermanfaat. Sambil menunggu datangnya Adzan Maghrib tiba dan berbuka puasa. 

3. Tadarus 

Ketika bulan Ramadhan tiba selalu ada suara orang tadarus Al Quran di musholla dan masjid selalu terdengar. Dari mulai selesai subuh hingga setelah adzan isya' atau salat tarawih. 

Suara tadarus ini seringkali menghiasi bulan puasa dan jarang ada di bulan lainnya selain bulan ramadhan, apalagi untuk sebulan penuh bukan. Suasana disekitar musholla dan masjid pun terasa lebih hidup dengan riuh anak anak yang sedang bermain sampai orang tua yang sedang mengobrol mengantri giliran untuk tadarus. 

4. Memburu Takjil

Hal lainnya yang hanya ada pada bulan Romadhon adalah adanya Banyak pedagang yang membludak di jalan untuk menjual beraneka macam takjil. 

Takjil sendiri bisa berupa makanan ringan hingga makanan berat yang biasa dikonsumsi sebelum menu utama berbuka puasa misalkan saja pola atau bubur sumsum hingga aneka gorengan dan bermacam-macam tiap-tiap daerahnya. 

5. Semakin Banyak Ibadah

Di bulan ramadhan adalah kesempatan kita dimana semakin memperbaiki diri dari segi apapun. Kesempatan berbuat kebaikan di bulan suci, menambah keimanan dengan sering pergi ke masjid dan mendengarkan ceramah, hingga banyak hal yang lainnya yang bisa membuat kita semakin dekat dengan yang Maha Kuasa.

6.  Mudik

Yang terakhir adalah tradisi mudik yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia atau juga tinggal jauh dari kampung halaman.

 Biasanya bulan Ramadan ini diakhiri dengan tradisi mudik yang biasa dilakukan untuk menjalin tali silaturahmi dengan sanak saudara dan juga keluarga lainnya. 

Juga biasanya para pemudik juga menyiapkan jauh-jauh hari apa saja yang akan dibawa dan juga apa saja yang disiapkan dalam proses perjalanan mudik. Dari memesan tiket atau memilih transportasi hingga oleh oleh yang akan dibawa.


Posting Komentar untuk " Hal Yang Paling Ditunggu Saat Bulan Ramadhan"