Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengeluaran Belanja Bulan Puasa Malah Lebih Banyak?

Hai moms, kali ini aku akan berbagai pengalaman sekaligus tips mengenai pengaturan uang belanja pada bulan puasa nih. Ada nggak diantara moms yang pernah ngerasa kok jatah uang belanja lebih cepet habis sih? Atau kok nggak cukup yaa uang belanja ku bulan ini, padahal kan puasa?

Nah, kalau moms pernah merasa seperti itu sama dong dengan saya, sayapun pernah merasa seperti itu. Mikirnya sebelumnya wah bulan puasa ini pasti bakalan lebih hemat karena makanpun dua kali dan lauknya juga sederhana sudah luar biasa. 


Eits belum tentu nih moms hehe, ternyata ada beberapa hal yang perlu kita evaluasi nih moms pada daftar belanjaan kita. Harusnya bulan puasa bisa bikin kita semakin sederhana dan bersyukur daripada bulan bulan sebelumnya nih, jadi pasti ada yang salah dengan perilaku konsumtif kita sendiri. 

Jadi mari kita evaluasi dari puasa tahun lalu yaaa, kenapa nih kok bisa sampai lebih bengkak atau uang belanja habis lebih awal? Yaps mari kita evaluasi mulai dari segi menu makanan nih moms. 

Jangan jangan kita dibuat kalap sama menu makanan nih, apapun yang diliat semua ingin dimakan, betul tidak? Jadi tiap harinya dengan menu yang berbeda beda dan yang di ingin bukan yang sehat jangan-jangan hihihi. Atau waktu ngabuburit kita tengok makanan kanan kiri lalu bungkus, hayoo siapa nih yang seperti ini?

Kedua, tentang kudapapan atau snack. Sebenarnya pada saat bulan puasa akan mengajarkan kita pada kesederhanaan dan juga kebermaknaan dalam mensyukuri nikmat yang Tuhan berikan bukan, termasuk menahan hawa nafsu. Dan salah satunya tentang snack atau kudapan sebagai selingan saat setelah berbuka dan tarawih.

Salah satu kebiasaan pada saat bulan puasa juga bisa menambah pengeluaran loh moms, Apalagi itu setiap hari atau sering. Jumlahnya tidak banyak misalkan sehari Rp5.000 atau Rp10.000 yang dianggarkan untuk membeli snack ini.  

Kemudian coba kalikan selama kurang lebih 30 hari berapa nih yang harus dikeluarkan, sepertinya untuk solusinya yaitu kalau ingin snack agar bisa menghemat yaitu dengan membuatnya sendiri nih moms.

Ketiga adalah minum minuman yang manis-manis. Memang sih minuman manis nanti ingin begitu menggoda disaat untuk berbuka puasa. Salah satu pengrluaran yang tanpa kita sadari juga ikut membengkak adalah tentang gula. 

Kebutuhan gula di saat bulan puasa mungkin agak lebih banyak yah, karena untuk membuat sirup atau aneka es campur dan lain lain, selain opsi membeli sirup botolan nih moms. 

Nah kalau dari pengalaman bumin sendiri kebutuhan terbesar adalah dari ketiga faktor di atas nih untuk selainnya adalah berapa printilan lain. Kalau keputusanmu sendiri yang paling besar pada saat bulan puasa apa nih? 

Yuk kita evaluasi dan lebih menyederhanakan menu juga snack dalam berbuka dan juga lebih mensyukuri apa yang kita dapatkan. Semoga dari tulisan ini bisa bermanfaat yaaa. Terimakasih :)


Posting Komentar untuk "Pengeluaran Belanja Bulan Puasa Malah Lebih Banyak?"