Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pretend Play, Apa Pentingnya Bagi Anak?

Hai kali ini aku akan berbagi mengenai pretend play lantas apakah itu? Ada di usia berapakah dan bagaimana cara kita sebagai orangtua atau pengasuh anak memaksimalkan potensi anak pada fase pretend play ini. Yuk simak berikut ini.


Pretend play bahasa lainnya itu role play atau bermain peran dan biasanya terjadi pada usia 1 tahun keatas. Kalau ciri-cirinya biasanya anak mulai meniru apapun yang kita lakukan meskipun belum bisa bicara atau belum bisa mengungkapkan ekspresi tapi meniru apa yang kita lakukan.

Misalkan saja Ibu sedang menyapu si kecil mengamati dan kemudian si kecil ikut menyapu dengan menggunakan sapu tentunya, lalu pura pura memasak makanan, kemudian contoh lain si kecil menggunakan handphone karena sebelumnya mengerti dan mengamati ayah sering menggunakan handphone untuk menghubungi teman atau untuk bertelepon jadi si kecil pura-pura untuk menelpon, dan masih banyak contoh lainnya.

Sebenarnya pada masa ini anak mulai mengamati apa yang kita lakukan selain pondasi untuk kemampuan berbahasanya. Ada hal lain yang bisa dibangun dari pretend play ini bagaimana anak meniru dan mengamati kita berekspresi lalu kemampuan memecahkan masalah, menghadapi masalah, hingga membentuk watak loh.

Ternyata sedalam ini ya yang didapatkan anak, sehingga kita sebagai orang tua harus tepi berhati-hati lagi.  Ya memang betul kalau ada pepatah bilang buah jatuh tak jauh dari pohonnya ya hehehe. Karena apapun yang kita respon dan berikan pada anak itu mereka akan menangkapnya dan menyerap nya karena otak anak Sampai usia 2 tahun mereka akan menerima iformasi apapun yang diteruma ibaratnya seperti spons tanpa menyaringnya terlebih dahulu.

Hal lain yang penting dari pretend play ini adalah lingkungan yang mendukung anak juga adanya nutrisi yang baik untuk anak. Selain itu stimulasi yang optimal diperlukan agar tumbuh kembang anak baik sensorik motorik maupun kemampuan yang lainnya tumbuh dengan maksimal.

Jadi intinya kita sebagai pengasuh atau orang tua harus lebih aware terhadap anak dan apa yang dibutuhkan anak sehingga bisa memaksimalkan potensinya. Karena pada masa golden age atau masa keemasan anak ini adalah awal pondasi di 5 tahun pertama kehidupan yang sangat penting sekali dan tidak akan terulang kembali.

Posting Komentar untuk " Pretend Play, Apa Pentingnya Bagi Anak?"