Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Yang Mengandung Sumber Protein hewani dan Turunannya

Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Kandungan yang terdapat dalam makanan memenuhi kebutuhan nutrisi yang ada di dalam tubuh dan itu sangat penting sekali baik dalam metabolisme tubuh pembentukan sel-sel baru hingga diolah menjadi sebuah energi.


Makanan yang sehat mengandung nutrisi yang tepat dan dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya adalah makanan yang berasal dari sekitar kita yaitu pada protein hewani. Apa sih itu sumber protein hewani dan apa saja bentuknya?

Protein hewani merupakan protein yang terdapat dari olahan hewan ternak di sekitar kita. Makanan dari daging sapi daging ayam dan turunannya seperti telur dan daging kambing, daging bebek, angsa juga daging dari ikan juga kerang-kerangan hingga olahan susu dan hasil olahan lahirnya.

Dari segi protein hewani sendiri banyak ya sekarang sangat populer dengan daging organik yang memang terkenal Bih mahal dibandingkan dengan daging biasa misalkan daging sapi organik dan daging ayam organik.

Bedanya adalah misalkan pada sapi organik para peternak biasanya tidak memanfaatkan suntik hormon pada sapi, supaya sapi nya menjadi meningkatnafsu makannya dan gemuk, juga bisa meningkatkan dalam produksi susu tidak dilakukan.

Juga kandungan dalam daging unggas atau ayam organik itu lebih rendah daripada ayam Biasanya karena dalam hal pemeliharaan ayam organik tidak di suntik hormon juga dipelihara secara bebas jadi banyak bergerak dan tidak dikurung di dalam kandang.

Begitu pula dengan an-nasr laut seperti ikan dan kerang kerangan yang dikenal dengan sumber protein yang baik juga enak karena lebih mudah dan cepat dimasak dan diolah. Memilih ikan yang segar akan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita dan rasanya juga enak loh.

Ada juga jenis ikan organik loh, yang berasal dari laut yang dalam atau dari peternak ikan yang memiliki peternakan ikan organik yang dirawat sangat bersih dan berhati-hati tanpa bahan kimia yang diberikan.

Dalam ikan juga ada asam lemak esensial omega-3 yang memiliki banyak manfaat seperti menjaga sistem pembuluh darah menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu biasanya ikan laut bisa diolah menjadi MPASI atau makanan pendamping ASI.

Kemudian adanya produk susu dari sapi dan hasil olahannya yang berasal dari sapi yang organik yaa. Jadi tidak diberikan suntik hormon on dan sapi biasanya hidup pada alam dan memakan rumputan. Susu organik mengandung lemak 2% jadi menjadi susu yang rendah lemak. Susu juga melalui beberapa proses seperti pasteurisasi, homogenisasi, sterilisasi.

Sumber protein hewani lainnya adalah telur yang memang baik untuk pertumbuhan anak, apalagi telur organik yang berasal dari ayam yang bebas dari kimia atau suntik hormon dan dan memakan makanan yang berasal dari alam. Biasanya telur organik yang dijual memiliki lebel pada kemasannya bertuliskan organik atau tidak.

Biasanya pada kuning telur organik kandungan kolesterolnya tidak setinggi dibandingkan dengan telur lainnya. Sehingga hal ini juga selaras dengan harga telur organik.

Sekian informasi yang bisa saya berikan, semoga bisa bermanfaat untuk kamu yaa. Jangan lupa untuk memberi nutrisi pada tubuh kita dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Jika ada pertanyaan seputar ini tinggalkan komentar dibawah ini terimakasih.

Posting Komentar untuk " Makanan Yang Mengandung Sumber Protein hewani dan Turunannya "