Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lakukan Ini - Cara Berhemat Dan Menabung Paling Efektif Yang Tak Terduga

Mungkin tanpa disadari beberapa hal ini bisa membuat kamu bisa berhemat lebih efektif. Kebiasaan sederhana ini bisa sangat efektif bila dilakukan dan dibiasakan. Lalu apa saja sih yang bisa membuat hemat dan dialihkan menjadi dana darurat atau tabungan yuk simak berikut ini.


1. Memasak sendiri dan membawa bekal

Salah satu hal ini akan sangat berpengaruh sekali terhadap pengeluaran baik bulanan mingguan maupun harian karena memang suatu kebutuhan pokok. Memasak sendiri dengan berbelanja di pasar tradisional akan membuat lebih sangat hemat apabila kita membelinya di luar.

Tapi bolehlah ya sesekali untuk makan di luar tapi ingat jika ingin lebih berhemat dan juga lebih sehat maka sebaiknya memasak sendiri akan lebih membantumu dalam hal keuangan dan juga kesehatan.

Bila dibandingkan memasak sendiri untuk satu hari dalam satu keluarga bisa membutuhkan budget sekitar Rp20.000 sampai Rp30.000 saja.

Namun jika memberi makanan di luar untuk satu keluarga yang notabene isinya adalah 2 sampai 3 orang atau lebij maka bisa jadi satu porsinya akan dihargai 10 sampai Rp15.000 itupun tergantung laut dan juga lokasi tempat anda tinggal bukan.

Nah sekarang bayangkan jika itu dikalikan per minggu atau per bulan Wah ternyata banyak juga kan.

2. Mencuci mobil atau motor sendiri

Memiliki kendaraan merupakan suatu prioritas juga dan merawat kendaraan juga teu penting salah satunya adalah mencuci kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor yang harus dicuci dua kali sebulan atau jika kotor sewaktu waktu perlu dicuci agar terlihat lebih apik bukan.

Nah Tahukah kamu jika mencuci kendaraan pribadi di luar dan beralih untuk mencuci kendaraan pribadi sendiri akan jauh lebih hemat. Meskipun tidak sebanyak dengan memasak sendiri tapi mencuci kendaraan pribadi bisa menghemat sampai Rp50.000 satu bulan untuk sepeda motor dan akan menjadi Rp100.000 jika mencuci mobil dan akan lebih lebih lagi jika mencuci mobil dan motor.

Jadi alternatifnya adalah luangkan waktu sejenak di hari libur atau di pagi hari untuk mencuci kendaraan sendiri karena tidak lebih kok dari 30 menit itung-itung sambil olahraga kan ya hehehe.

3. Laundry

Salah satu kebutuhan yang lain dan wajib adalah mencuci baju. Memang sih kalau lagi sibuk-sibuknya aktivitas apalagi bekerja,  mencuci baju itu disempet sempetin dan daripada ribet jiga capek, biasanya sih memilih membawanya ke tempat laundry yang hitungannya per kilo belum lagi hitungan satuan jika itu adalah bed cover, sprei, selimut dan lainnya.

Salah satu cara berhemat lainnya adalah dengan menyempatkan untuk mencuci sendiri. Caranya biar tidak capek adalah dengan mencuci setiap hari. Yakin deh awal-awal memang akan capek dan tidak terbiasa tapi lama-kelamaan akan ringan dan menjadi terbiasa dan akan lebih sangat hemat yaa, coba buktikan.

4. Kurangi Jajan

Satu hal yang paling susah adalah memiliki kebiasaan jajan meskipun itu sedikit tapi lama-lama akan menjadi bukit sama dengan prinsip menabung juga membeli.

Kadang memang ada yang membutuhkan jajan ini sebagai alternatif untuk majalah perut atau kebiasaan saat bekerja atau melakukan aktivitas agar lebih produktif ya atau fokus.

Namun bisa diperhatikan lagi jika tiap hari ngemil snack atau membeli barang-barang yang tidak diperlukan selain kebutuhan pokok maka akan berpengaruh juga terhadap pengeluaran kamu. Jadi mau tidak mau maka gantilah dengan makanan yang sehat atau Makanlah dengan kenyang tidak berlebihan tentunya jadi akan tidak mudah lapar.

Posting Komentar untuk " Lakukan Ini - Cara Berhemat Dan Menabung Paling Efektif Yang Tak Terduga"