Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengolah Jamur Barat (Clitocybe Nebularis)

Kalau ngomongin olahan tentang jamur memang banyak jenisnya ya dan apalagi bila jamur itu bisa dikonsumsi wah rasanya pasti sangat enak sekali. Salah satunya adalah jenis clitocybe nebularis kalo orang jawa bilang sih jamur barat.

Yaps benar sekali karena jamur barat ini hanya tunggu setahun sekali ya itu biasanya akhir tahun atau waktu saat angin kencang dan menjelang musim hujan datang. Tumbuhnya pun banyak yaa, tapi pada tempat-tempat tertentu yang tentunya lembab dan jamur ini tidak ada tumbuh di tanah yang ada zat kimianya atau kotoran hewan misalkan tanah kotoran sapi (karena dipastikan bukan jamur yang bisa dimakan ya).

Cirinya ketika mencari jamur ini adalah ketika kamu melihat satu jamur tumbuh maka biasanya di dekat jamur tersebut akan muncul banyak jamur lainnya. Kalau saya sih biasanya banyak menjumpai jamur ini di bawah pohon mangga, pohon jeruk bali, pohon kelengkeng dan pohon jati di pekarangan belakang rumah saya.

Tapi jamur ini juga banyak ditemukan dan tumbuh di hutan atau dibawah pohon bambu yang intinya sih tempat lembab. Ohya, hati-hati ketika memasak jamur ini karena juga karena ada jamur yang mirip seperti jamur barat ini yang tidak bisa dikonsumsi alias beracun.

Jamur barat ini tidak bisa dibudidayakan yaa, tapi jika kamu ingin biasanya orang-orang yang mencari jamur ini akan menjualnya lagi dengan dibungkus daun pisang atau daun jati yang biasanya per bungkus itu akan dihargai Rp10.000 kalau di daerah saya. Karena jarinya pun gampang-gampang susah karena tumbuhnya tidak sembarangan tempat.

Rasanya pun sangat enak dan kenyal apa bisa dimasak yang pasti yang paling bikin enak adalah kaldu dari jamur ini keluar dengan sendirinya tanpa dibumbui dengan penyedap rasa jadi misalkan kalau diolah hanya dengan direbus dan diberikan garam secukupnya itu saja sudah enak.

Tapi kali ini saya akan membagikan resep anti bosan memasak jamur barat ini yang bisa kamu lakukan di rumah nah siapkan bahan-bahan berikut ini ya.

Jamur barat 1/4 (dibersihkan dan sudah di potong sesuai selera)

Bawang merah 4 siung (diiris halus)

Bawang putih 2 siang (diiris halus)

Daun bawang dipotong kecil

Garam secukupnya

Cabe kecil sesuai selera

Caranya mudah sekali yaitu masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah dipotong halus ke dalam sedikit minyak yang sudah dipanaskan hingga tercium bau wangi lalu masukkan cabe sesuai selera ya jika ingin pedas maka Banyakin aja dan jika ingin lebih menikmati rasa jamur barat cabe 2 siung pun sudah terasa.

Kemudian masukkan air kira-kira 200 ml dan tunggu hingga air mendidih dan masukkan potongan Campur Barat yang sudah dibersihkan terakhir masukkan garam secukupnya dan evaluasi cicipi rasanya.

Sekian informasi mengenai jamur barat kali ini semoga bisa membantu kamu yaa. Kalau kamu punya pengalaman mencari jamur barat ini atau ada resep lainnya cara mengolah jamur barat bisa bagikan di kolom komentar dibawah ini terima kasih :)

Posting Komentar untuk " Cara Mengolah Jamur Barat (Clitocybe Nebularis) "