Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa jumlah minum air putih yang disarankan dalam sehari?

Tidak mudah menetapkan berapa liter minum air putih yang harus diminum setiap hari. Sama seperti orang yang unik, begitu pula kebutuhan air. Berapa banyak air yang dibutuhkan tergantung pada banyak faktor, termasuk status kesehatan, seberapa aktif dan di mana tempat tinggalnya. 

minum air putih, air, kebutuhan cairan,

Manfaat air untuk kesehatan

Air sangat penting bagi kesehatan. Berat air didalam tubuh rata-rata mencapai 60 persen dari berat tubuh manusia. Setiap sistem di tubuh bergantung pada air. Kurangnya air dapat menyebabkan dehidrasi.

Dehidrasi adalah suatu kondisi yang terjadi bila tidak memiliki cukup air dalam tubuh untuk melakukan fungsi normal. Bahkan dehidrasi ringan bisa menyedot energi dan membuat lelah. Dehidrasi bisa  menimbulkan beberapa dampak kesehatan tertentu bagi seseorang yang berusia  muda serta tua. 

Setiap hari tubuh kehilangan air melalui keringat, buang air kecil, kencing dan buang air besar. Agar tubuh berfungsi dengan baik, maka perlu mengganti air ini dengan mengkonsumsi minuman dan makanan yang mengandung air.

Setidaknya ada tiga pendekatan yang memperkirakan kebutuhan air secara total untuk orang dewasa sehat dan berada dalam iklim sedang.

1. Pendekatan penggantian.

Air keluar melalui urin rata-rata untuk orang dewasa adalah 1,5 liter sehari. Tubuh kehilangan sekitar satu liter air setiap hari melalui pernapasan, berkeringat dan buang air besar. 

Untuk makanan biasanya menyumbang 20 persen dari asupan cairan tubuh, jadi jika mengkonsumsi 2 liter air atau minuman lainnya dalam sehari (sekitar 8 gelas), bersama dengan makanan normal maka dapat mengganti cairan yang hilang.

2. Delapan 8 gelas air putih sehari

Pendekatan lain untuk asupan air adalah minum delapan gelas air 8 sehari (sekitar 1,9 liter). Aturannya juga bisa dinyatakan, minumlah 8 gelas cairan setiap hari, karena dianggap bisa memenuhi total kebutuhan air harian. 

Meskipun pendekatan ini tidak didukung oleh bukti ilmiah, banyak orang menggunakan peraturan dasar ini sebagai pedoman untuk berapa banyak air minum.

3. Rekomendasi makanan

Institute of Medicine merekomendasikan agar pria mengkonsumsi sekitar 13 gelas air setiap hari dan wanita mengkonsumsi 2,2 liter (sekitar 9 gelas) dari total minuman sehari. Panduan ini didasarkan pada survei makanan yang menilai asupan cairan rata-rata orang.

Dari hal tersebut bisa dipilih salah satu pendekatan asupan cairan ini untuk mengukur berapa banyak air yang akan diminum. 

Asupan cairan total saat ini mungkin baik-baik saja jika meminum air secukupnya untuk memuaskan dahaga, menghasilkan jumlah urine yang tidak berwarna atau sedikit kuning normal, dan merasa nyaman.

Posting Komentar untuk "Berapa jumlah minum air putih yang disarankan dalam sehari?"