Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan air seseorang

Seseorang mungkin perlu memodifikasi asupan cairan total dari jumlah yang disarankan ini tergantung pada beberapa faktor, termasuk seberapa aktifitas, iklim, kondisi kesehatan, dan jika dalam kondisi hamil atau menyusui.

air, minum, cairan,

Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan air

Berikut adalah tiga faktor yang bisa mempengaruhi kebutuhan air seseorang. Tiap orang bahkan bisa memeliki kebutuhan air yang berbeda-beda, dan inilah penyebabnya.

1. Penyakit atau kondisi kesehatan.

Beberapa orang dan gejala penyakit, seperti demam, muntah dan diare, menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan. Untuk mengganti cairan yang hilang, minum lebih banyak air atau larutan rehidrasi oral. Bila kehilangan air tidak bisa diganti secara oral, air elektrolit mungkin diperlukan.

Peningkatan asupan air hampir selalu disarankan pada orang dengan batu saluran kemih. Di sisi lain, mungkin perlu membatasi jumlah air yang diminum jika memiliki kondisi tertentu yang mengganggu ekskresi air. Seperti gagal jantung dan beberapa jenis penyakit ginjal, hati, adrenal dan tiroid.

2. Lingkungan

Seseorang perlu minum air tambahan di cuaca panas atau lembab untuk membantu menurunkan suhu tubuh dan mengganti apa yang Teman-teman kehilangan melalui keringat.

3. Olahraga

Jika berolahraga atau terlibat dalam aktivitas apa pun yang membuat berkeringat, maka harus minum air lebih banyak untuk mengimbangi kehilangan cairan tersebut. 

Minumlah 2 gelas air dalam dua jam sebelum aktivitas tahan lama, misalnya maraton atau setengah maraton. Satu sampai 2 gelas air juga cukup untuk olahraga singkat. 

Selama olahraga disarankan untuk konsumsi air putih secara teratur, kemudian lanjutkan minum air putih ataupun cairan elektrolit setelah aktifitas olahraga selesai.

Demikian informasi tentang faktor yang mempengaruhi kebutuhan air yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika Ada informasi yang lebih lengkap, bisa disampaikan juga di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang faktor yang mempengaruhi kebutuhan air ini bisa memberikan manfaat bagi siapapun yang membaca artikel ini hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk " Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan air seseorang"