Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Anak Tidur Lelap Tanpa Terbangun Cepat

Hai parents, siapa nih di antaranya yang punya baby atau si kecil yang suka tiba tiba bangun waktu tidur, atau tidurnya hanya sebentar saja lalu terbangun nih. Apakah parents pernah mengevaluasi kenapa nih si kecil kok pola tidurnya begitu yaa?


Memang banyak faktor yang memungkinkan jika si kecil memiliki pola tidur seperti itu, terlebih lagi jika si kecil adalah balita yang seringnya tidur juga tidur beberapa kali. Tapi saya ada tips nih buat parents yang ingin si kecil tidur nyenyak, jadi coba tips dan trik berikut ini yaa, agar si kecil dan parents sama sama bisa tidur nyenyak :)

1. Pastikan anak tidur dalam keadaan masih kenyang

Parents, sebelum tidur pastikan dulu si kecil benar benar memang sudah makan yaa atau dalam kondisi masih kenyang, jadi ketika tidur jadi tidak lapar jadinya tidak mudah terbangun dan tidurnya lelap.

2. Siapkan susu di botol yang ready minum

Hal lain yang membuat si kecil bangun adalah ketika dia merasa lapar atau haus maka dia akan mencari susu yaa. Jadi pastikan bunda dan ayah sudah menyediakan susu di samping si kecil.

Biasanya si kecil ketika terbangun akan mengetahui letak dimana biasanya ayah dan bunda meletakkan susunya (ini biasanya di usia 7 bulan keatas yaa) karena si kecil sudah dibiasakan dan terbiasa. Jadi ketika si kecil sudah menemukan dan menggambar botolnya maka dia akan meminumnya dengan tidur kembali.

Tapi jangan lupa jika susu biasanya memiliki expired Ya kurang lebih selama 2 sampai 3 jam jadi harus hati-hati juga ya jangan sampai terminum oleh si kecil jika terlewat waktunya.

3. Empeng (kalau anak ada kebiasaan empeng)

Kalau si kecil yang memiliki kebiasaan ngempeng yaa moms, maka jangan lupa untuk meletakkan lempeng tersebut di samping kepala si kecil atau tempat yang mudah diraih oleh kecil karena akan memudahkan ketika si kecil terbangun dan mengambilnya.

4. Boneka atau bantal kesukaan

Biasanya anak usia 2 tahun ke atas akan tidur dengan nyenyak ketika bersama dengan boneka atau bantal kesayangannya. Jadi jangan lupa jika berpergian juga nih ayah bunda untuk membawa benda kesukaan si kecil, karena benda ini akan memudahkan untuk si kecil tidur dan tidak rewel tentunya. Eits, tapi jangan sampai hilang yaaa.

5. Ac atau kipas angin

Biasanya dikasih kecil tidur dan terbangun dia akan merasa udara ruangan kamarnya kurang stabil nih, bisa jadi kurang dingin. Sperti pengalaman saya nih moms, juga pernah saya coba mematikan kipas angin saat si kecil terlelap tidur namun beberapa saat kemudian bangun. Entah ajaib sekali kenapa dia tau yaa hehe.

Bisa jadi karena tubuh sikecil mudah merespon tekanan udara di sekitarnya (balita keringetan mulu yaa hehe) juga hal lainnya adalah karena sudah terbiasa.

6. Cek popok

Faktor lainnya membuat si kecil bangun adalah pokoknya sudah penuh nih moms. Jadi pastikan sekali lagi sebelum tidur moms cek popok, juga beberapa jam 3 jam sekali moms wajib cek popok si kecil yaa agar si kecil tidak risih dan terbangun ketika popoknya sudah penuh.

Sekian tips dari saya seputar anak agar tidur terlelap. Semoga informasi ini bisa membantu ayah dan bunda ya dengan si kecil juga. Bisa segera di coba nih moms nanti malam hehe. Terimakasih :)

Posting Komentar untuk " Tips Agar Anak Tidur Lelap Tanpa Terbangun Cepat"