Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Dan Produktif Menulis Artikel di Blog

Hai kamu, apa kabar, semoga sehat selalu yah. Siapa nih yang di sini yang mau coba untuk mencoba menjadi jurnalis maupun content writer baik dalam hal untuk tugas kuliah atau untuk bekerja pada instansi tertentu atau ada yang ingin untuk mencoba menjadi blogger? Yuk sini samaan sama saya hehe.

Menulis merupakan soft skill yang harus diasah. Adapun yang sudah expert pastinya tanpa disadari Ia pun sudah mulau megasah  kemampuannya sejak dini (dasar atau tanpa disadari) dan memiliki kemampuan yang baik dan bagus dalam menulis saat dewasa. Pasti beda dong tentunya dengan kita-kita ini yang baru belajar atau masih kategori newbie.

Eits tapi jangan khawatir ya teman-teman, menulis itu bisa diasah kok dan bisa banget untuk dikembangkan karena itu suatu keterampilan. Percaya deh misalkan kita sama-sama newbie, kemampuan menulis akan berbeda pada orang yang baru pertama kali menulis dengan orang yang sering menulis (dengan atau tanpa paksaan yaa hehe).

Yang perlu diigaris bawahi adalah kemampuan tiap orang pasti berbeda beda, oh ya tentu ini hehe. Apalagi jika profesi kita adalah seorang editor penulis maupun jurnalis dan profesi yang selaras dengan ini. Yang pastinya ada tuntutan kan yaa, beda lagi dong.

Tapi apapun yang dilakukan baik kita menulis karena ada tuntutan pekerjaan maupun tidak (hobby atau freelance) ambil hikmahnya saja yah. Jangan lupa menulis juga meningkatkan softskill kita loh, apalagi jika jauh dari jurusan selama kuliah hihihi.

Ohya tips bagi para newbie nih agar produktif menulis. Bisa kamu coba hal berikut ini yah..

Pertama, biasakan rutin menulis tiap hari. Percaya deh lama-kelamaan pasti kemampuanmu akan terasa sendiri, menulis juga membuat ketagihan loh lama-lama apalagi jika itu menghasilkan misalkan saja kamu mau website atau blog atau konten youtube yang notabene sudah berisikan adsense wah pasti semangatmu akan membara yaa.

Kedua, jika ada ide langsung tulis. Yang kedua ini jarang sekali dilakukan padahal Ide ini kita tidak ditulis akan hilang percaya nggak? Coba aja hihii. Tapi memang dengan awalnya sebuah ide dan ada judul bisa membuatmu setengah mempermudah dalam hal menulis loh, coba aja dulu.

Ketiga, buat buku sendiri. Hal ini bisa kamu coba yaitu dengan membuat buku antologi atau mengikuti beberapa penerbit yang ingin mengumpulkan beberapa penulis untuk diterbitkan hasil karyanya melalui buku. Hal ini sudah banyak kok, coba aja lihat di media sosial penerbit yang sering mengadakan event ini. Percaya atau enggak percaya hal ini akan membuat semangatmu dalam menulis lebih semangat lagi karena tulisanmu pasti akan diedit oleh editor yang expert di bidangnya lalu diterbitkan loh.

Nah beberapa cara diatas semoga bisa membantumu dalam memulai menulis juga mulai prosuktif dalam menulis yaa. Semoga tulisan ini juga bisa bermanfaat. Jika ada pertanyaan seputar ini tinggalkan pesan di kolom komentar ya. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Memulai Dan Produktif Menulis Artikel di Blog"