Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Belajar Mengenalkan Anggota Tubuh Untuk Anak

Hai parents, semoga harimu bersama si kecil selalu menyenangkan ya. Kan ini saya akan membagikan tips yang mudah cara mengenalkan anggota tubuh anak dengan cara yang menyenangkan. Jadi yuk simak penjelasan berikut ini.

Mengajarkan anak mengenai hal-hal baru memang gampang-gampang susah yaa, tak terkecuali mengajarkan anggota tubuh kepada anak. Sebenarnya anak dibawah 1 tahun sudah bisa kok diajarkan ini, Ah masa sih? Iyaa bisaa kok parents..



Jadi mengajarkan anak emang perlu proses tapi ada trik jitu yang bisa anda lakukan bersama si kecil untuk belajar bersama, pertama adalah mengenalkan anggota tubuh, kedua adalah repeat / mengulangi dan yang ketiga adalah membiasakan dengan cara yang menyenangkan. Kok bisa sih, lalu caranya bagaimana agar bisa menyenangkan bagi anak?

Misalkan saja parent memiliki anak usia dibawah satu tahun, contoh mengajarinya begini yaa parents.. Ketika memandikan si kecil pasti mom pasti membasuh tubuhnya bukan? Nah ketika moms atau ayah memandikan si kecil sebutkan satu per satu anggota tubuh yang akan dibasuh, misalkan ayo keramas kepalanya dikasih air dulu yaa (sambil memegang rambut di kepala si kecil) lalu ayo kaki kanannya bunda bersihin yuk, sekarang ganti kaki kirinya sambil memegang kaki.

Untuk kebiasaan mandi ini pasti dua kali sehari bukan, jadi ini sudah termasuk kebiasaan tinggal bunda gunakan trik yang menyenangkan bagi anak, misalkan ditambahkan dengan bermain gelembung sabun, atau dengan bercanda menyentuh bagian tubuh si kecil sehingga si kecil bisa tertawa dan juga belajar hal yang menyenangkan.

Kegiatan lain misalkan memakai atau melepaskan baju, pasti anggota tubuh si kecil juga akan bergerak bukan, ini kesempatan loh moms untuk mengenalkan mana tangan dan kaki juga mengajarkan si kecil kebiasaan dalam melepas atau memakai pakaian jadi lama kelamaan pasti si kecil akan hafal jika bunda melepas diapers maka otomatis kaki si kecil akan diangkat dahulu sebelahnya.

Ada yang punya pengalaman sama tentang ini, mungkin parents baru menyadari bukan? Jadi ayo manfaatkan kegiatan sehari hari untuk mengenalkan anggota tubuh si kecil begitupula dengan membangun kebiasaan yang baik.

Sama halnya juga saat si kecil pup, hal ini bisa moms kenalkan loh pada si kecil, dengan cara menepuk halus bagian pantat si kecil dan mengulang kata puup, lambat laun ketika sudah terbiasa dan si kecil berusia dua tahun lebih ketika akan pup dia otomatis akan menepuk pantatnya meskipun belum bisa mengatakan pup. Jadi apa yang diajarkan parents akan jadi hal yang memudahlan parents sendiri bukan?

Kuncinya selalu sabar dan sama sama belajar ya moms dengan si kecil. Apapun yang si kecil terima adalah ilmu baru, ingat anak adalah peniru yang ulung, selain meniru anak sangat cepat dan mudah menangkap apapun di sekelilingnya karena otak anak saat masa golden age sangat berkembang pesat. Selamat mencoba ya moms.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat yaa, jika ada saran atau permintaan bahasan lain seputar parenting, perkembangan anak dan remaja serta lainnya silahkan tinggalkan komentar di kolom bawah ini yaa. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Tips Belajar Mengenalkan Anggota Tubuh Untuk Anak "