Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengajarkan Anak Berbicara

Hai moms apakah moms lagi mencari tips bagaimana untuk menstimulasi bahasa dan berbicara pada anak. Juga merasa kok anak aku belum bisa ngomong dengan jelas yaa atau sedikit saja berbicara. Memang kita sebagai orang tua harus aware dengan kondisi anak dan mengevaluasi baik diri kita sendiri sebagai orang tua dan juga anak kita. Sehingga saya akan berikan beberapa tips dibawah ini yang bisa moms coba di rumah untuk menstimulasi bahasa dan kosakata berbicara pada anak.


Sebelumnya perlu dipahami bahwa perkembangan bahasa anak yang disesuaikan dengan usianya. Misalkan saja pada umur 1 tahun anak umumnya sudah bisa membuat satu kata yang jelas misalkan mama, papa, paa, maa atau mengoceh beberapa vokal misalkan Aaaa, gaa dst.. Tapi sedini mungkin moms bisa mengajari dan memperkenalkan kosakata pada anak sejak bayi loh.

Yang pertama menunjuk dengan jari telunjuk benda dan memberikan label pada benda tersebut. Misalkan saja pada saat bermain dengan anak ada semut, mom tunjuk dengan cari dan berkata semut itu pula dengan benda lain.

Kedua ajak si kecil untuk berkomunikasi dan juga bertanya hal-hal yang menyenangkan bagi si kecil. Misalkan setelah dari kebun binatang lalu moms bertanya pada si kecil tentang bermain, hewan apa saja tadi yang dilihat dan menyebutkan satu per satu, apa saja hewan yang disukai, bagaimana perasaannya saat ini dan sebagainya.

Ketiga yakni ajak si kecil bernyanyi bersama dan melengkapi atau melanjutkan nyanyian tersebut, misalkan  moms bernyanyi balonku adaaa..lalu si kecil menjawab lima.. Dan seterusnya. Atau dengan melanjutkan hitungan satu, dua ti...gaaa saat akan melakukan gerakan atau lainnya.

Keempat yaitu berikan jeda untuk si kecil merespon ketika kita memberikan pertanyaan kepada si kecil agar si kecil belajar berproses untuk memahami apa yang kita tanyakan dan menjawab pertanyaan kita. Dan jangan terburu buru untuk segera menyelesaikan kalimat si kecil yaa moms biarkan dan beri kesempatan si kecil untuk berbicara meskipun membutuhkan waktu.

Terakhir yang ini jangan berbicara terlalu cepat pada si kecil agar mudah dipahami. Kita bisa gunakan pilihan bahasa yang tepat agar mudah dipahami oleh sekecil dan juga bahasa yang berulang agar mudah diingat juga untuk anak. Serta sesuaikan pada tahapan pertumbuhan dan perkembangan bahasa anak agar lebih optimal.

Berikut tips yang bisa moms coba bersama si kecil ya semoga bisa bermanfaat. Jika tulisan ini membantu maka silakan tinggalkan pesan pada kolom komentar dibawah ini terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengajarkan Anak Berbicara"