Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jitu Menghemat Belanja Bulanan Anak

Hi moms apakah kamu tiap akhir bulan sedang menghitung keperluan dan kebutuhan si kecil dengan kebutuhan lainnya untuk berbelanja pada awal bulan? Apakah selalu minus atau cukup ataukah lebih nih uang belanjanya? Yuk intip tips berikut agar uang belanja bulanan selalu cukup bahkan lebih.


Kebutuhan masing-masing rumah tangga memang berbeda-beda ya moms, dan kita tidak memungkiri itu. Antara rumah tangga yang belum memiliki momongan dengan rumah tangga yang memiliki anak satu bahkan dengan rumah tangga yang memiliki 3 orang anak misalnya pasti kebutuhannya berbeda-beda.

Belum lagi antara rumah tangga satu dan lainnya Jika dilihat dari segi ekonomi. Pasti tentunya akan sangat berbeda lagi, misalkan saja hanya ayah yang bekerja atau ibu yang bekerja atau dua-duanya bekerja jelas akan berbeda ya. Juga diikuti dengan kebutuhan masing-masing rumah tangga dan keluarga pasti akan sangat berbeda-beda.

Namun ada satu hal yang sama khususnya jika sudah memiliki momongan baik satu, dua atau tiga anak pasti para orang tua tentunya moms juga sudah membagi kebutuhan masing masing bukan?

Nah saya juga memiliki hal yang sama dengan moms loh, yakni membagi kebutuhan salah satunya dalam berbelanja bulanan kebutuhan anak.

Jadi sebetulnya kebutuhan anak khususnya bayi itu sudah terprediksi dan bisa kita prediksi di setiap bulannya. Misalkan saja kebutuhan susu, kebutuhan diapers, sampai kebutuhan makanan ya termasuk juga snack si kecil.

Tips dari saya agar lebih hemat adalah dengan membelanjakan kebutuhan si kecil di awal bulan langsung secara keseluruhan jadi hal ini akan lebih memudahkan moms karena sudah membuat list kebutuhan si kecil, selain itu bisa lebih menghemat transportasi juga tidak perlu lagi khawatir apabila kebutuhan si kecil ada yang kurang.

Jikalaupun itu kurang misalkan susu atau diapers itu tidak sampai banyak ya moms mungkin hanya kurang dua atau tiga karena sebelumnya sudah ada evaluasi kebutuhan si kecil di akhir bulan.

Tips kedua dari saya adalah selain mengevaluasi pada akhir bulannya cara ini lebih efektif apabila kita berbelanja alakadarnya maksudnya adalah tidak terprediksi atau tidak ada evaluasi sebelumnya kebutuhan anak.

Karena saya pernah mengalami jika tidak ada planning saya bisa bolak-balik memenuhi kebutuhan si kecil, karena juga khawatir kebutuhan lainnya belum terpenuhi. Tapi malah hal ini membuat saya lebih boros dan juga tidak bisa saving sisa uang belanja lebih banyak.

Beda lagi jika saya membuat list apa saja yang harus saya beli tiap awal bulan secara keseluruhan langsung untuk kebutuhan si kecil. Juga selalu mengevaluasinya lagi di tiap akhir bulan apa yang harus saya kurangi dan juga saya tambahkan.

Ini membuat lebih efektif dan saya bisa lebih banyak sisa uang belanja, tentunya juga selalu evaluasi dan juga membuat list kebutuhan rumah tangga lainnya ya moms.

Oh ya saya juga mencari kebutuhan si kecil yang paling murah, misalkan saja membeli diapers di agen langsung daripada ditoko karena selisih harga yang lumayan. Berbelanja sekaligus akan lebih menghemat bensin dan uang jajan yaa.

Jadi memang tips ini bisa moms coba, juga jika ada cara lain yang lebih efektif moms bisa membaginya ya.. Semoga tulisan ini bisa membantu dan bermanfaat. Terimakasih :)

Posting Komentar untuk " Cara Jitu Menghemat Belanja Bulanan Anak"