Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Ini Mampu Membuat Hidup Lebih Sehat Dan Bahagia

Hidup sehat memang selalu diidam-idamkan semua orang namun tidak semua orang menyadarinya namun ingin tetap sehat. Kesehatan adalah asset yang paling mahal dan juga tanggung jawab dari diri sendiri bukan orang lain. Berikut ini adalah tips dan trik sederhana yang bisa kamu lakukan tiap harinya agar membuat hidupmu sehat.


1. Minum minimal 2 liter air putih Setiap hari, tubuh kita terdiri dari cairan pada umumnya dan membutuhkan air. Cara agar bisa minum air putih minimal 2 liter sehari bila kamu adalah orang yang bekerja yakni dengan setiap bangun tidur setelah makan sebelum berangkat bekerja selalu sediakan botol minum 2 liter yang harus habis selama kamu bekerja.

Apalagi jika pekerjaanmu membutuhkan mobilitas yang tinggi seperti di luar ruangan atau banyak aktivitas duduk maka Perbanyaklah minum air putih.

Juga setelah pulang bekerja dan sebelum tidur sempatkanlah untuk minum air putih dan buatlah hal ini menjadi kebiasaan ya.

Oh ya juga hindari atau minimalisir minuman-minuman yang manis-manis atau cepat saji karena biasanya akan mengandung banyak gula dan juga kurang baik untuk kesehatan.

2. Mengkonsumsi buah sebelum makan

Selain mengkonsumsi makanan yang bergizi juga ideal untuk tubuh seperti banyak mengkonsumsi sayur hijau dan juga ikan laut perlu juga mengkonsumsi dan membiasakan memakan buah sebelum makan minimal 30 menit sebelum makan.

Karena dengan mengkonsumsi buah 30menit sebelum makan dan memberikan jeda maka akan diproses oleh sistem pencernaan kita lebih maksimal dan manfaat yang ada di buah akan diproses oleh tubuh dan berguna. 

Juga usahakan untuk tidak makan terlalu kenyang, memakan makanan yang terlalu pedas, karena tidak baik untuk kesehatan dan juga tubuh kita.

3. Berolahraga

Sumpah Pemuda untuk berolahraga setiap bangun tidur ya dan buatlah ini menjadi kebiasaan. Olahraga bisa kamu lakukan di rumah loh dengan gerakan sederhana. Manfaatkan waktu 15 menit sampai 30 menit saja karena hal ini juga akan bermanfaat untuk tubuhmu sendiri.

4. Tidur cukup

Tidur yang cukup juga berpengaruh terhadap kesehatan, baik kesehatan fisik maupun secara psikologis. Karena jika kurang tidur maka akan berpengaruh terhadap aktivitas kamu seharian loh, juga dengan tidur kamu mengistirahatkan tubuhmu sejenak dari lelahnya aktivitas.

5. Mandi minimal 2 kali sehari

Hayoo siapa yang nggak suka mandi? Padahal dengan mandi minimal dua kali sehari bisa membuat diri sendiri menjadi bersih dan jauh dari kuman, debu, kotoran yang bisa menyebabkan penyakit.

Ada juga loh kebiasaan orang yang belum bisa tidur kalau nggak mandi dulu, siapa nih apa kamu juga termasuk?

6. Menghindari stres

Menghindari pemicu stress gak bisa membuat hidup kamu lebih sehat. Misalkan saja Berangkat lebih pagi agar menghindari kemacetan kemacetan juga bisa membuat kamu stres bukan.

Juga aktivitas lainnya yang bisa menyulut emosi kamu. Karena tiap masing masing orang memiliki pemicu stress yang berbeda beda tentunya.

7. Menghindari atau mengurangi cicilan

Sudah terbukti bukan jika banyak cicilan maka akan membuatmu stres juga hal ini juga akan berpengaruh pada kesehatan fisik maupun psikologis.

Bagaimana tidak karena jika banyak  icilan maka kamu mau tidak mau harus bekerja lebih keras lagi atau pilihan lainnya adalah dengan lebih banyak menghemat pada segi apapun.

Pada aspek emosi dan juga psikologis hal ini akan membuatmu memiliki kecemasan sendiri saat deadline untuk membayar sudah dekat namun tidak cukup dan banyak hal lainnya yang menjadi pemicu stress ini.

Jadi kurangi ya konsumtif mu dalam berbelanja tentunya terhadap barang-barang yang tidak perlu atau dengan memilih gaya hidup sederhana.

Semoga artikel ini bisa membantu ya, apabila kamu ada opini lain tentang artikel ini silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar terima kasih :)

Posting Komentar untuk " 7 Cara Ini Mampu Membuat Hidup Lebih Sehat Dan Bahagia"