Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara mengatasi TV digital tidak ada sinyal, wajib dicoba

TV Digital tidak ada sinyal tentu sangat menganggu, karena tidak bisa menyaksikan acara TV dengan lancar bahkan saluran TV-nya hilang.

tv digital, sinyal, televisi, LED, LCD,

Bagi yang punya TV digital atau STB (Set Top Box) namun kesulitan untuk menemukan sinyal, maka Teman-teman perlu menyimak penjelasan yang akan Saya berikan kali ini.

Berdasarkan informasi yang Saya dapat bahwa pada November 2022, pemerintah bermaksud akan melakukan ASO atau Analog Switch Off. Tujuannya agar penggunaan TV digital lebih mudah dan terjangkau di seluruh Indonesia.

Dengan adanya kebijakan tersebut, tentu saja masyarakat harus memiliki perangkat tambahan agar bisa mengakses sinyal atau siaran sehari-hari. Jadi, jika sebelumnya ada yang hanya menggunakan antena UHF/VHF, sekarang harus menggunakan STB.

Solusi TV Digital Tidak Ada Sinyal

Lalu bagaimana jika TV digital tersebut tidak bisa menemukan sinyal? Tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa Teman-teman lakukan agar TV digital di rumah bisa Teman-teman gunakan seperti biasa.

1. Ubah Posisi Antena

Cara pertama dan yang paling umum ini perlu Teman-teman lakukan. Mungkin saat ini TV digital gambarnya tidak jelas atau bahkan tidak muncul gambar sama sekali. Yang perlu Teman-teman lakukan adalah dengan mengubah posisi antena. 

Kemungkinan ketika ketika Teman-teman memasang antena tersebut, posisinya kurang tepat. Bisa juga karena posisinya bergeser dengan sendirinya karena angin atau burung yang bertengger.

Maka dari itu, Teman-teman perlu mengecek posisi antena tersebut. Jika posisinya berubah, maka kembalikan ke posisi semula. Sekarang untuk membuat antena tidak mudah bergeser, Teman-teman bisa mengikatnya dengan tali. 

Jadi, langkah yang pertama ini perlu Teman-teman lakukan karena terkadang inilah yang menjadi masalah umum mengapa TV digital tidak menemukan sinyal.

2. Memeriksa Kabel Antena

Selain masalah di atas, ada juga masalah TV digital tidak ada sinyal disebabkan oleh kondisi kabel antena yang rusak atau putus. Permasalahan ini juga terkadang jarang disadari. Kabel antena yang rusak maupun putus biasanya disebabkan oleh gigitan tikus. 

Jadi, Teman-teman harus mengganti kabel antena karena jika Teman-teman biarkan maka sampai kapan pun TV digital tidak akan menemukan sinyal. Jadi segera ganti kabel antena. Pastikan memilih kabel antena yang sesuai.

3. Memeriksa Jack 

Cara mengatasi TV digital tidak ada sinyal juga bisa dengan memeriksa jack penghubung antena. Jack adalah komponen yang mengubungkan antena ke tuner. Dikarenakan jack memiliki peran yang sangat penting, sehingga ketika terjadi masalah maka berakibat TV digital tidak ada sinyal.

Sekarang Teman-teman perlu mengecek jack penghubung apakah kondisinya masih bagus atau malah berkarat. 

Jika berkarat, Teman-teman bisa membersihkan dengan tiner dan sikat gigi. Pastikan jack bersih dari karat sehingga mampu berfungsi dengan baik. 

4. Memeriksa Tuner

Jika ketiga cara di atas belum berhasil, cobalah sekarang memeriksa tuner TV. Sama halnya dengan jack penghubung, Teman-teman juga perlu mengecek tuner TV dan pastikan tidak ada yang berkarat.

 Teman-teman perlu menjaga kondisi tuner TV agar selalu bersih dan terbebas dari kotoran. Selain membersihkan, Saya menyarankan agar dilakukan penyolderan ulang di bagian kaki tuner.

Mungkin saja ada timah yang retak. Ukur tegangan tuner pada 5-12 Vdc yang masuk pada B+ tuner. Ada juga dengan tegangan lain yang lebih tinggi yang masuk ke VT tuner kurang lebih 100 sampai dengan 300 Vdc. Teman-teman harus memastikan semua tegangan tersebut sudah sesuai dan tidak lebih dari yang Saya sebutkan.

Demikian informasi yang bisa Saya bagikan dalam artikel ini. Jika cara di atas masih belum membantu, kemungkinan masalah ada di tuner yang harus diganti atau bisa juga kerusakan pada IC program.

Semoga artikel tentang mengatasi tv digital tidak ada sinyal ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "4 Cara mengatasi TV digital tidak ada sinyal, wajib dicoba"