Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Bisa Disentuh Sebagian

Cara mengatasi touchscreen tidak bisa disentuh berikut bisa membantu teman-teman yang memiliki layar smartphone bermasalah. Perlu diketahui bahwa perangkat elektronik sudah pasti akan mengalami kerusakan suatu saat nanti. 

smartphone, android, iphone, layar sentuh, touchscreen,

Termasuk juga smatphone yang Teman-teman gunakan saat ini suatu saat pasti akan mengalami masalah. Dikarenakan bagian terbesar smartphone adalah layar, maka bagian inilah yang akan sering mengalami eror. 

Kerusakan yang berhubungan dengan layar bisa bermacam-macam. Beberapa contoh di antaranya yaitu blur, shadow, retak, layar tidak sensitif, dan lain-lain.

Ada juga yang bahkan touchscreen tidak bisa disentuh sama sekali. Lalu bagaimana cara mengatasinya berikut ini Saya akan membagikan solusinya.

1. Bersihkan Layar 

Cara pertama dan yang paling sederhana adalah Teman-teman bersihkan layar hp terlebih dahulu. Kemungkinan touchsceen tidak bisa disentuh karena terdapat debu atau kotoran di layar. 

Teman-teman bisa membersihkannya menggunakan kain tipis maupun tisu yang sudah Teman-teman beri sedikit air. Kemudian Teman-teman gosokkan ke layar hp secara perlahan dan pastikan semua kotoran atau debunya sudah Teman-teman bersihkan.

Setelah itu, Teman-teman bersihkan kembali menggunakan kain atau tisu kering. Jika masalah ini belum berhasil, coba lepas pelindung layar. Kemudian Teman-teman bersihkan kembali seperti cara sebelumnya. Lakukan dengan hati-hati agar Teman-teman tidak merusak layar.

2. Cek Kondisi HP

Jika cara sebelumnya masih belum berhasil, coba Teman-teman periksa kondisi smartphone. Teman-teman bisa mengamati apakah ada goresan atau bahkan retak di layar hp. 

Kemungkinan touchsceen tidak bisa disentuh karena ada bagian layar yang retak. Teman-teman juga bisa menggunakan aplikasi Multitouch untuk mengecek apakah layar smartphone berfungsi dengan baik atau tidak.

3. Periksa Penggunaan RAM 

Cara yang ketiga untuk mengatasi touchsceen yang tidak berfungsi adalah dengan mengecek penggunaan RAM. Kemungkinan memori internal pada hp sudah penuh. 

Kondisi ini memang membuat hp tidak bisa berfungsi dengan baik, termasuk layar sentuhnya. Di sini Teman-teman perlu mengosongi kapasitas memorinya. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi pembersih seperti CCleaner atau Clean Master. 

Selain itu, Teman-teman juga bisa memakai cara manual untuk menghentikan aplikasi. Silakan masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Pilih Aplikasi yang ingin Teman-teman hentikan > Paksa Berhenti.

 Dengan melakukan cara ini maka RAM akan otomatis berhenti dan tidak akan memproses aplikasi tersebut. Jadi, sekarng kapasitas RAM tidak penuh.

4. Kalibrasi Layar Sentuh

Pada hp layar sentuh tentunya sudah ada pengaturan kalibrasi. Jika layar sentuh di hp bermasalah, cobalah untuk melakukan pengaturan kalibrasi. Teman-teman bisa membuka Menu Kalibrasi kemudian layar hp akan tiba-tiba blank putih. 

Teman-teman tidak perlu khawatir karena beberapa saat kemudian muncul notifikasi “Klik salah satu layar untuk melakukan kalibrasi”.

Yang harus Teman-teman lakukan adalah mengklik tepat di titik kalibrasi. Di situ Teman-teman perlu mengikuti instruksi yang diberikan sampai dengan selesai. Ketika proses kalibrasi sudah selesai, layar akan berfungsi normal seperti sebelumnya.

5. Reset HP

Cara selanjutnya jika keempat cara di atas belum memberikan hasil adalah dengan mereset HP. Cara ini berarti Teman-teman harus mengembalikan pengaturan hp ke setelan pabrik. 

Jadi, semua konfigurasinya akan dikembalikan sebagaimana ketika Teman-teman membeli hp tersebut pertama kali. Cara melakukan reset hp sangat mudah.

Teman-teman tinggal masuk ke Pengaturan > Manajemen Umum > Reset > Reset Data Pabrik. Namun cara ini akan menghilangkan semua data-datamu. Maka dari itu, Saya menyarankan agar Teman-teman melakukan backup data terlebih dahulu. 

Demikian informasi yang bisa Saya berikan. Jika kelima cara di atas masih belum berhasil, coba bawa hp ke tempat servis hp. Pastikan Teman-teman membawanya ke tempat terpercaya agar hasilnya tidak mengecewakan. 

Semoga artikel tentang cara mengatasi touchscreen HP tidak bisa disentuh ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Bisa Disentuh Sebagian"